- Advertisement -
Pinter EkbisIstaka Karya Akan Jual Aset Demi Lunasi Hutang

Istaka Karya Akan Jual Aset Demi Lunasi Hutang


PinterPolitik.com

PT Istaka Karya (Persero) yang bangkrut dan sudah secara resmi dibubarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Maret 2023 lalu berencana akan menjual aset-aset mereka demi melunasi hutang ke debitur.

Eks perusahaan plat merah ini sudah diputus pailit sejak Juli 2022 lalu. Berdasarkan hasil rapat pengadilan pada 4 Agustus 2023, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) dan kreditur separatis sepakat membagi sebagian hasil penjualan kepada para kreditur konkuren dengan mengedepankan asas keadilan dan kemanusiaan sesuai UU Kepailitan.

“PPA sebagai penerima mandat Surat Kuasa Khusus Menteri BUMN (Erick Thohir) pada September 2020 mendukung upaya penyelesaian kewajiban Istaka Karya yang ditawarkan oleh kurator pada rapat kreditur 4 Agustus 2023 dengan mengedepankan asas keadilan dan kemanusiaan dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Rizwan Rizal Abidin, Direktur Investasi 1 dan Restrukturisasi PPA (23/8/2023).

Kasus kebangkrutan BUMN Istaka Karya menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya manajemen keuangan yang baik, diversifikasi yang cerdas, serta adaptasi terhadap perubahan eksternal.

Sebelumnya, berbagai upaya telah ditempuh, seperti penyelesaian sengketa gaji dan pesangon karyawan hingga perampungan sederet proyek, Istaka Karya tetap tak mampu bertahan akibat besarnya utang masa lalu.

Semua pihak terkait, baik pemerintah maupun BUMN itu sendiri, harus belajar dari kegagalan ini untuk mencegah terulangnya situasi serupa di masa depan. (S83)

Baca juga :  Buah yang Masuk ke Dalam Guinness Book of Records

Exclusive content

Kenalan dengan Capsule Fashion, Yuk!

Tahu Gejrot Khas Cirebon

- Advertisement -

Latest article

Tahu Gejrot Khas Cirebon

Kenalan dengan Capsule Fashion, Yuk!

More article

- Advertisement -