Pinter EkbisCitra Unik Nanas Pada Hidangan Prancis

Citra Unik Nanas Pada Hidangan Prancis


socioloop.co

Prancis dikenal sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner yang sangat kaya dan bervariasi. Selain hidangan klasik seperti escargot, croissant, dan coq au vin, Prancis juga memiliki sejumlah hidangan yang menggunakan buah nanas sebagai bahan utama.

Meskipun mungkin buah nanas bukanlah buah yang pertama kali terpikir ketika berbicara tentang masakan Prancis, tetapi hidangan-hidangan ini menawarkan kombinasi yang unik antara cita rasa manis dan sentuhan kuliner khas Prancis.

1. Canard à l’Ananas (bebek dengan saus buah nanas)

Canard à l’Ananas adalah hidangan yang menggabungkan daging bebek dengan saus nanas yang manis dan asam.

Daging bebek yang gurih dipanggang hingga sempurna dan kemudian disajikan dengan saus nanas yang kaya rasa.

Saus nanas ini biasanya terbuat dari jus nanas segar, gula, madu, dan rempah-rempah Prancis seperti bawang putih, rosemary, dan thyme. Hidangan ini menciptakan harmoni antara daging yang lezat dengan rasa nanas yang segar.

2. Tarte à l’Ananas (tart nanas)

Tarte à l’Ananas adalah versi Prancis dari tart nanas yang memukau. Kulit pastry yang renyah dipadukan dengan lapisan nanas yang manis dan segar.

Biasanya, lapisan nanas ini diolah dengan cara caramelized sehingga menghasilkan rasa manis dan asam yang khas. Tarte à l’Ananas seringkali disajikan dengan sedikit krim segar untuk memberikan kontrast yang sempurna dengan manisnya nanas.

3. Salade d’Ananas (salad buah nanas)

Prancis juga memiliki varian salad buah nanas yang menyegarkan. Salade d’Ananas terbuat dari potongan-potongan nanas segar yang dicampur dengan potongan buah-buahan lain seperti stroberi, kiwi, dan anggur.

Hidangan ini seringkali diberi sirup madu atau sedikit cointreau untuk meningkatkan rasa manisnya. Salad buah nanas ini adalah hidangan penutup yang ringan dan sempurna untuk menutup makan malam Prancis yang kaya.

4. Poulet à l’Ananas (ayam dengan saus buah nanas)

Poulet à l’Ananas adalah hidangan ayam dengan saus buah nanas yang lezat. Ayam yang dimasak dengan sempurna disiram dengan saus nanas yang terbuat dari jus nanas segar, bawang bombay, lada hitam, dan cognac.

Saus ini memberikan kombinasi unik antara rasa manis nanas dan rasa gurih ayam. Hidangan ini seringkali disajikan dengan nasi putih atau kentang tumbuk.

5. Crêpes à l’Ananas (crêpes dengan buah nanas)

Crêpes à l’Ananas adalah hidangan penutup yang menggabungkan crêpes tipis dengan potongan nanas yang telah dimasak dengan gula dan mentega hingga lembut.

Crêpes yang lembut dan rasa manis nanas yang mengalir dalam setiap gigitan menciptakan pengalaman penutup yang tak terlupakan.

Meskipun buah nanas bukanlah bahan utama yang sering terkait dengan masakan Prancis, hidangan-hidangan ini membuktikan bahwa Prancis memiliki kemampuan untuk menghadirkan buah nanas ke dalam hidangan dengan gaya dan cita rasa yang unik.

Dari bebek panggang hingga tart dan crêpes, Prancis telah menciptakan hidangan-hidangan yang menggabungkan kekayaan kuliner mereka dengan kelezatan buah nanas.

Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda dalam dunia kuliner Prancis, pastikan untuk mencicipi hidangan-hidangan dengan buah nanas ini. Mereka akan memberikan pengalaman kuliner yang manis dan segar dari negara kuliner terkenal di dunia ini. (A49)

Exclusive content

Latest article

More article

Andika Mampu Kalahkan Ahmad Luthfi?

BUMN dan Nestapa Erick Thohir?