Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Setelah Anies, Risma “Ganggu” Khofifah?

Setelah Anies, Risma “Ganggu” Khofifah?


A43 - Saturday, January 9, 2021 21:00
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) ketika melakukan blusukan di Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada awal Januari 2021. (Foto: Fuad Maja FM)

0 min read

“Oh, I’m sorry. Did my back hurt your knife?” – Rachel Green, Friends (1994-2004)


PinterPolitik.com

Akhir-akhir ini, publik dan media lagi ramai-ramainya membahas sebuah nama nih, yakni Tri Rismaharini (Risma). Mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) tengah jadi pusat perhatian, terutama di jagat maya.

Ya, gimana ya? Bisa dibilang, Bu Risma ini sangat aktif ya, bund, sejak berkantor di Jakarta. Di hari-hari pertamanya, misalnya, Bu Mensos ini langsung blusukan ke bantaran Sungai Ciliwung.

Nggak cuma di bantaran sungai, Bu Risma ini juga aktif blusukan di pinggir jalan-jalan Jakarta. Bahkan, di jalan besar seperti Sudirman-Thamrin, Bu Mensos ini bisa menemukan sejumlah pemulung dan tunawisma yang langsung ditawarinya tempat tinggal.

Wah, barang kali, enak ya bertemu dengan Bu Risma. Bisa-bisa, langsung dikasih tempat tinggal secara gratis. Kan, banyak yang bilang kalau generasi milenial pasti kesulitan untuk membeli rumah. Hehe.

Ya, terlepas dari itu, ramainya sorotan pada Bu Risma ini makin meningkat ketika sejumlah warganet mencurigai kegiatan blusukan beliau. Ada yang menduga bahwa berbagai blusukan tersebut adalah setting-an. Wah, benar nggak ya?

Alhasil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ikut gigit jari lho dengan berbagai blusukan­-nya Bu Mensos. Sampai-sampai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta untuk mencari tahu soal identitas tunawisma yang ditemui Bu Risma.

Baca Juga: Mensos Risma ‘Bondo Nekat’?

Risma Tri Rismaharini Anies Baswedan

Tuh, kasihan Pak Anies nanti, Bu Risma. Kan, Pak Gubernur juga habis sakit. Dengan blusukan Bu Mensos, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut dinilai jadi terancam dan “terganggu” lho karier politiknya nanti.

Tapi nih, setelah sering blusukan di Jakarta, Bu Risma akhirnya kemarin sempat blusukan di provinsi asalnya lho, yakni Jawa Timur (Jatim). Mantan Wali Kota Surabaya tersebut mengunjungi sebuah wilayah eks-lokalisasi yang berlokasi di Mojokerto.

Wah wah, setelah mengganggu Pak Anies, Bu Risma kayak-nya bakal mengganggu gubernur lainnya nih kalau pindah blusukan gini. Apa mungkin ini bakal jadi gilirannya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sekarang? Hehe.

Hmm, kalau benar begitu, Bu Risma ini mungkin seperti Rachel Green dalam seri Friends (1994-2004) ya? Pasalnya, si Rachel ini dikisahkan muncul menjadi orang yang annoying bagi teman-temannya ketika tinggal di tempat Monica Geller. Hayo, biasanya ada tuh teman yang annoying dalam satu circle. Hehe.

Lagipula, Bu Risma dan Bu Khofifah dulu sering berbeda pendapat dan beradu argumen lho. Soal bantuan mobil tes PCR dari pemerintah pusat dulu, misalnya, Bu Risma sampai nangis-nangis gara-gara Pemprov Jatim mengalihkan bantuan tersebut ke wilayah lain.

Hmm, apa mungkin ya ini berhubungan dengan penolakan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terhadap kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang diterapkan pemerintah pusat dan dilanjutkan oleh Pemprov Jatim. Kan, siapa tahu? Hehe. (A43)

Baca Juga: Blusukan Risma, Siasat Jadi Bumerang?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait