HomeCelotehSandiaga Sibuk ‘Urus’ Toilet?

Sandiaga Sibuk ‘Urus’ Toilet?

“Marble floors, gold toilets and chandeliers” – Birdman, penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Pandemi Covid-19 telah membayangi dan menyerang negara tercinta kita, Indonesia, sejak bulan Maret 2020 silam. Sejumlah upaya dan strategi pun akhirnya diterapkan untuk menghalau bahaya serangan virus satu ini.

Lha, gimana nggak? Virus yang belum ditemukan obatnya ini dinilai membahayakan bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang rentan.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akhirnya diterapkan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk melindungi kesehatan masyarakat. Guna menerapkannya, Presiden juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Sampai-sampai tuh, Pak Jokowi pernah mendelegasikan tugas pada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan guna menurunkan kasus penularan Covid-19 pada tahun 2020 lalu. Widih, Pak Luhut ini emang serba bisa ya? Hehe.

Nggak hanya penanganan Covid-19, kemaritiman, dan investasi, Pak Luhut juga mengurusi persoalan pariwisata dong. Baru-baru ini, Pak Menko Marves memiliki keprihatinan tersendiri pada sektor pariwisata Indonesia, khususnya toilet. Waduh, kenapa ya toiletnya?

Kata Pak Luhut sih, toilet di tempat-tempat wisata – khususnya Borobudur, Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, dan Danau Toba – perlu diperbaiki lho. Pasalnya, sebagai destinasi wisata kelas dunia, toiletnya juga harus bagus biar para turisnya nggak kapok setelah ke Indonesia. Hehe.

- Advertisement -

Baca Juga: Sandi Menteri Baru Paling Gemilang

Satgas Toilet ala Sandiaga Uno

Mendengar permintaan Lord Luhut – ceilah – ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno langsung gerak cepat (gercep) menyiapkan sejumlah strategi tuh. Ya iya dong, kan ini perintah Lord – sebutan dari warganet untuk Menko Marves Luhut.

Salah satu langkah awal yang dilakukan Pak Sandi adalah dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Toilet Nasional. Satgas satu ini diharapkan dapat memugar toilet-toilet di tempat wisata seperti yang ada di Pantai Kuta, Bali.

Baca juga :  Raffi Ahmad Capres PKS?

Hmm, ya bagus sih kalau toiletnya diperbaiki dan dipugar. Mungkin, Pak Sandi ini terinspirasi dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di mana banyak toilet yang dinilai bau dan kotor. Alhasil, pemerintahan Xi Jinping mengadakan Revolusi Toilet guna memperindah kamar-kamar kecil di sana.

Pemugaran toilet dan sanitasi yang baik memang penting sihTapi nih, itu semua kembali ke orang-orang yang berkunjung ke sana juga lho. Di Bali, misalnya, banyak lho bermunculan turis asing yang dianggap tidak bisa mengikuti norma dan nilai yang ada. Bahkan, tak jarang mereka justru ugal-ugalan.

Ya, terlepas dari itu semua, Pak Sandi kayak-nya perlu waspada dan mengantisipasi juga nih dengan situasi Covid-19. Kan, percuma kalau toiletnya kelas dunia tapi nggak ada yang datang karena pandemi yang belum usai. Hehe. (A43)

Baca Juga: Menguak ‘Tancap Gas’ Sandiaga Uno

spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?