HomeCelotehSaatnya Satpam "Upgrade Skin"?

Saatnya Satpam “Upgrade Skin”?

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah warna seragam satuan pengaman (satpam) dari warna coklat tua menjadi warna krem. Mengapa perubahan seragam ini menjadi penting?


PinterPolitik.com

Satpam Frenzy (2022) merupakan sebuah gim video yang dirilis oleh Polri Games dan dikembangkan oleh Satpam Inc. Gim ini merupakan sebuah gim yang ber-genre petualangan (adventure) dan dress-up.

Dari sisi petualangan, pemain bisa memainkan karakter Satpam untuk menyelesaikan misi-misi pengamanan. Dalam gim ini, Satpam diminta untuk mengamankan masyarakat dari berbagai ancaman.

Dalam setiap level, ancaman yang dihadapi oleh pemain juga bervariasi. Pada level pertama, misalnya, karakter Satpam harus bersikap ramah kepada warga yang berkunjung. Stage yang diambil di level ini adalah bank di mana masyarakat biasa menabung.

Di sejumlah level kemudian, pemain akan mendapati sejumlah tantangan (challenges) yang lebih sulit – seperti menghadapi warga yang enggan scan aplikasi PeduliMelindungi dan mengukur temperatur tubuh, ancaman pencurian, penculikan, hingga terorisme. Tantangan tersulit ada di level terakhir – di mana karakter Satpam harus membantu petugas Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPTPK) untuk melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Baca Juga: Satpam Makin Mirip Polisi?

Satpam Upgrade Skin

Terdapat sebuah fitur lain yang membuat gim ini unik. Pemain juga bisa memodifikasi karakter Satpam-nya dengan sejumlah aksesoris dan skin – layakmya gim-gim yang ber-genre dressup.

- Advertisement -

Pemain bisa memilih juga sejumlah paket skin – seperti paket skin putih-biru, skin biru-biru, skin coklat tua, hingga skin yang terbaru berwarna krem. Setiap paket skin ini tentu mampu memberikan attributes dan skills tersendiri kepada si karakter – meskipun sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Baca juga :  Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Untuk memperoleh skins baru tersebut, pemain juga harus membelinya dari market yang tersedia dalam gim. Bukan tidak mungkin, permainan yang harus membayar agar dapat memperoleh skins ini akan menghabiskan uang.

Namun, tidak jarang, terdapat juga “bisnis” jual-beli skins dalam gim ini. Biasanya, para “pemain” akan menjualnya di forum-forum tertentu. (A43)

Baca Juga: Gonta-ganti Baju Satpam


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

Zulhas Gak Nyambung?

Baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) langsung sidak ke pasar dan tiba-tiba berikan hadiah umrah kepada pedagang. Kenapa Zulhas melakukan...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

More Stories

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?

Mahathir Bisa Buat Jokowi Terganggu?

Eks-PM Malaysia Mahathir Mohamad sebut Kepulauan Riau harusnya diminta oleh Malaysia. Apa Mahathir ingin ganggu pemerintahan Jokowi?

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.