HomeCelotehRahasia Ridwan Kamil "Awet Muda"?

Rahasia Ridwan Kamil “Awet Muda”?

Warganet diramaikan oleh rahasia-rahasia para selebriti yang dinilai masih awet muda. Bagaimana dengan para figur publik di dunia politik yang kerap disebut “muda” seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK)?


PinterPolitik.com

“You can stay young forever if you follow your heart” – Abstract, “Neverland” (2015)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki umat manusia memang semakin maju seiring perkembangan zaman. Bahkan, perkembangan ini terjadi semakin pesat dengan datangnya berbagai peralatan yang lebih modern dan lebih sophisticated.

Namun, bisa dibilang, hingga kini, manusia belum menemukan teknologi ampuh yang bisa membuat manusia tetap awet muda. Semua pun mencari-cari resep rahasia tersebut.

Dunia media sosial (medsos) akhir-akhir ini, misalnya, diramaikan oleh berbagai kisah para selebriti yang dianggap tetap awet muda meskipun telah hidup puluhan tahun. Salah satunya adalah saat mantan pemain drum (drummer) Dewa 19, Setyo Nugroho atau Tyo Nugros, muncul di konser bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19” pada awal Februari 2023 lalu.

Bisa dibilang, semua terkesima dengan tampilnya Tyo Nugros. Gimana nggak? Bila dibandingkan dengan teman-teman lamanya, Tyo tampak hanya bertambah usia sedikit – masih mirip-mirip dengan ketika ia masih muda.

Hmm, rahasianya apa ya? Kalau kata Tyo sih, dirinya terbiasa untuk menjaga pola makan dan rajin berolahraga sejak muda.

Nggak hanya Tyo nih, kemarin juga ramai sosok pemain serial Meteor Garden (2001) asal Taiwan yang bernama Jerry Yan. Meski sudah berusia 46 tahun, Jerry tetap terlihat segar lho

Katanya sih, rahasianya adalah dengan tetap menjalani hidup yang damai secara emosional. Caranya pun unik, yakni dengan tidak menggunakan ponsel (smartphone). Waduh, apa kabar kita yang sehari aja nggak bisa lepas dari layar ponsel? Hmm.

Nah, nggak hanya Tyo dan Jerry, ada juga lho politisi yang pernah ditanyain warganet soal resep rahasia awet muda. Salah satunya adalah Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). 

Baca juga :  Israel Kalah di Medsos, Kesalahan Mossad? 
Ridwan Kamil Instagram vs Ridwan Kamil Twitter

Hmm, ini kembali ke perspektif masing-masing ya kriteria awet muda itu gimana. Namun, tentu, ada sejumlah warganet yang mempertanyakan mengapa Kang Emil tetap aktif ke mana-mana meskipun udah berusia 51 tahun.

Mungkin nih, Kang Emil ini jadi terlihat awet muda karena sering berinteraksi dengan budaya anak-anak muda (youth culture) kali ya? Gimana nggak? Nggak bisa dipungkiri kalau Kang Emil ini adalah salah satu politikus yang paling up-to-date soal meme-meme yang lagi viral di medsos – bahkan juga rajin membuat konten ala meme-meme itu.

Hmm, kenapa ya kira-kira Kang Emil suka banget bikin konten-konten ala anak-anak Milenial dan Generasi Z (Gen Z) di medsos? Mungkinkah ada motivasi tertentu?

Buat nge-bahas ini, mungkin, kita perlu tahu dulu kalau medsos punya satu rahasia ampuh yang membuat banyak orang kecanduan dengan platform-platform daring ini. Apa lagi kalau bukan algoritma?

Rangkaian urutan prosedur kode dan angka ini membuat konten-konten di medsos disesuaikan dengan penggunanya masing-masing. Alhasil, konten yang muncul di linimasa adalah konten-konten yang didasarkan pada apa yang kita sukai dan tidak sukai.

Inilah mengapa medsos bisa menguntungkan para politisi. Mengacu pada penjelasan Franziska Marquart, Jakob Ohme, dan Judith Möller dalam tulisan mereka yang berjudul Following Politicians on Social Media: Effects for Political Information, Peer Communication, and Youth Engagement, konten-konten yang para politisi buat bisa saja muncul di linimasa anak-anak muda berdasarkan algoritma medsos – membuat mereka menjangkau kelompok pemilih baru yang masih berproses dalam sosialisasi politik.

Ya, alhasil, dengan bikin konten-konten di medsos, Kang Emil belum tentu bisa awet muda beneran. Kalau berkaca dari penjelasan di atas, Kang Emil bisa tuh se-enggak-nya awet di pikiran anak-anak muda. Hehe. (A43)

Baca juga :  Pilgub Jakarta “Jebakan” Buat RK?  

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Saatnya Sandiaga Comeback ke DKI?

Nama Sandiaga Uno kembali muncul dalam bursa Pilkada DKI Jakarta 2024. Diusulkan oleh PAN, apakah ini saatnya Sandiaga comeback ke DKI?

Israel, “Kiamat” bagi Amerika?

Israel diecam dunia atas serangan udara yang telan banyak korban sipil di Rafah, Gaza. Mengapa ini bisa jadi “kiamat” bagi Amerika Serikat (AS)?

Menguak Siasat Yusril Tinggalkan PBB

Sebuah langkah mengejutkan terjadi. Yusril Ihza Mahendra memutuskan untuk melepaskan jabatan Ketum PBB. Ada siasat apa?