HomeCelotehPuan Setingkat Kamala Harris?

Puan Setingkat Kamala Harris?

Setelah Kamala Harris dilantik Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS), sejumlah pengamat Indonesia malah membandingkannya dengan sosok Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.


PinterPolitik.com

Siapa sih yang suka dibanding-bandingkan? Hampir semua orang pasti merasa kesal apabil dibanding-bandingkan dengan orang lainnya.

Ketika orang tua suka membandingkan dengan anak tetangga, misalnya, pasti kita juga merasa kesal karena dianggap tidak bisa sebaik anak tersebut. Kekesalan pasti juga bakal memuncak apabila kita dibandingkan dengan mantan dari pasangan kita.

Nah, upaya membanding-bandingkan ini sepertinya tengah menyasar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini akhir-akhir ini tengah dibandingkan dengan sosok politikus perempuan dari Amerika Serikat (AS), yakni Wakil Presiden (Wapres) AS Kamala Devi Harris.

Mungkin nih, upaya membanding-bandingkan ini menyusul pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris pada 20 Januari lalu. Gimana nggak? Sosok Wapres AS tersebut disebut-sebut menjadi perempuan pertama – sekaligus orang Afrika-India-Amerika – yang menjabat posisi Ketua Senat AS.

Akhirnya, sejumlah pengamat di Indonesia juga lagi kegandrungan tuh buat mencari tokoh bandingannya di Indonesia.  Nama Mbak Puan pun juga disebutkan. Salah satunya datang dari seorang pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, yakni Ujang Komarudin.

Kata Pak Ujang, Mbak Puan ini mungkin bisa nih mencontoh keberhasilannya Kamala Harris. Pasalnya, Ketua DPR tersebut juga diwacanakan untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) bagi Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang dinilai masih berpotensi untuk menjadi capres pada tahun 2024.

- Advertisement -

Baca Juga: Puan Tak Bisa Jadi Presiden 2024?

Capres Harus Kader Partai Politik Parpol

Wah, iya ya. Barang kali, Mbak Puan bisa mengikuti jejaknya Kamala Harris. Mungkin, dengan belajar ke Mbak Kamala, Mbak Ketua DPR bisa menjadi wapres perempuan kedua di Indonesia – setelah Bu Mega tentunya.

Baca juga :  NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Tapi nih, Mbak Puan kira-kira bisa nggak ya nanti mengikuti pelajaran yang nanti diberikan oleh Mbak Kamala – semisal jadi bener-an. Soalnya nihkayak-nya, Mbak Ketua DPR juga perlu belajar lebih banyak lagi.

Secara pandangan politik, misalnya, Mbak Puan dan Mbak Kamala bisa aja memiliki perspektif yang berbeda. Bila mantan Menko PMK tersebut menjadi salah satu pendorong disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dianggap dapat merusak lingkungan, Kamala Harris malah disebut menjadi pendorong UU yang pro-lingkungan di AS, yakni Green New Deal.

Sebagai politikus dari Partai Demokrat AS, Kamala Harris juga dikenal memiliki pandangan politik yang condong ke progresif. Mbak Puan kira-kira punya pandangan politik yang progresif juga nggak ya? Hehe.

Ya, terlepas dari itu, masyarakat Indonesia ini memang suka membanding-bandingkan ya. Setelah dulu sempat dibandingkan dengan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, eh, sekarang malah dibandingkan dengan Kamala Harris. Huft.

Ya, terlepas dari itu semua, siapa sih emang-nya yang suka dibanding-bandingkan? Hampir semua nggak suka ya kan? Bukan begitu? Yang sabar ya, masyarakat Indonesia. Upps. (A43)

Baca Juga: Puan Punah, Prananda Berjaya?

spot_img

#Trending Article

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

Airlangga Manfaatkan Ronaldinho?

Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldinho, mendapat perhatian publik karena popularitas Ronaldinho yang sangat besar. Ini Airlangga Hartarto yang...

Ahok, Mantan Terindah Djarot?

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kritik tingkat kemiskinan DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan. Apa Djarot belum bisa move on dari Ahok?

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Bakso: Dark Jokes Anies vs Mega?

Seloroh tentang tukang bakso yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, rupanya tidak selesai bersamaan dengan ditutupnya Rapat Kerja Nasional...

Berharap PDIP, PKS Lelah Kalah?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebut PDIP tidak akan koalisi dengan PKS di Pilpres 2024. Sirna sudah harapan PKS pada PDIP agar tidak kalah lagi?

More Stories

Jokowi-Putin Bangun Poros Baru?

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Moskow. Muncul juga wacana Indonesia-Rusia bangun poros baru untuk saingi Barat.

Siasat Luhut Tawar-tawar Kuota Haji

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan temui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan bahas soal kuota haji Indonesia.

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?