HomeCeloteh"Nyontek" Cerdas ala Ridwan Kamil?

“Nyontek” Cerdas ala Ridwan Kamil?

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil mengikuti jejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menaikkan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2022 – meskipun dengan mekanisme yang berbeda dan bersyarat. Apakah ini “nyontek” cerdas ala RK?


PinterPolitik.com

Bisa dibilang, ada satu aktivitas lain yang dilakukan manusia secara terus-menerus selain bernapas. Bahkan, secara tidak sadar, hal ini kita lakukan tanpa kita sadari secara langsung.

Aktivitas ini dinamakan sebagai belajar. Siapa sangka? Setiap waktu yang kita lewati, manusia pasti melakukan upaya untuk mempelajari apa yang ada di sekitarnya – mulai dari raut muka orang-orang kita temui hingga ketika menemukan hal-hal baru yang membuat kita tertarik.

Pembelajaran yang berlangsung setiap saat ini pun bisa dibilang akan berujung pada ujian tertentu dalam sejumlah babak kehidupan. Layaknya ketika masih duduk di bangku sekolah, ujian di babak-babak tersebut seakan-akan datang tanpa diundang – meskipun sebenarnya  hal-hal yang kita lakukan di masa lalu dan kini justru membawa diri kita ke ujian tersebut.

Mungkin, inilah yang tengah dilalui oleh dua pelajar yang duduk di bangku  Republik Nusantara dalam alternate universe Bumi-45, yakni Anis dan Riduan. Bisa dibilang, ujian besar ini akan segara tiba di kehidupan mereka dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Filosofi Jengkol

Ridwan Kamil Dibandingin Sama Anies

Ujian itu biasa disebut sebagai UMP, yakni merupakan singkatan dari Ujian Menjadi Presiden. Bukan tidak mungkin, akan ada banyak persiapan yang perlu dilakukan oleh mereka, baik Anis maupun Riduan.

- Advertisement -

Salah satu cara Anis agar bisa lancar mengerjakan ujian tersebut adalah dengan mendekati kelompok-kelompok yang bisa membantunya, yakni KSPi atau Kelompok Siswa-siswi Pintar. Ini pun sudah dilakukan Anis sejak beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Anies Taklukkan Indonesia Timur?

Sementara, setelah Anis melakukannya, Riduan pun mulai melakukan hal yang serupa. Meski begitu, Riduan tampaknya belum melakukannya dengan secara penuh. Pasalnya, masih ada beberapa soal yang tampaknya belum terjawab dengan benar. Setidaknya, begitulah kata KSPi.

Mungkin, memang itulah langkah yang diambil oleh Riduan. Lagipula, bahaya juga kalau benar-benar “menyontek” secara seratus persen – bisa-bisa malah ada pihak yang menilai kalau ada upaya “melanggar” aturan. Apakah ini yang dinamakan sebagai parafrase jawaban ujian? (A43)

Baca Juga: Ketika Ridwan Kamil “Dimarahi” Luhut


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ma’ruf Amin Apes di Pilkada 2020

"Kami menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Tangsel karena belum dapat memenangkan harapan perubahan. Hasil penghitungan suara kami tidak banyak dibandingkan paslon lain". - Siti...

Ahok Disenggol Kasus Brigadir J?

“Pertanyaan saya, kapan mereka pacaran, sehingga ketika Ahok di balik jeruji dan di balik tembok mengikat perjanjian kawin dengan ajudan ibu,” – Kamarudin Simanjuntak, Pengacara...

Anies Taklukkan Indonesia Timur?

“Alhamdulillah, tujuh kabupaten (di Maluku) yang sudah terbentuk kepengurusan siap mendeklarasi Anies Presiden” – Sulaiman Wasahua, Ketua Relawan Sobat Anies Maluku PinterPolitik.com Manuver politik Gubernur DKI Jakarta...

Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?

“Kalau saya, koruptor jangan dicekal ke luar negeri tapi dicekik. Harusnya dicekal untuk balik ke Indonesia, biar korupsi di luar negeri,” Cak Lontong, Komedian Indonesia PinterPolitik.com Masyarakat...

Baim Wong Saingan Kang Emil?

“Kang Emil kan juga numpang populer, sama saja dengan Baim Wong yang melihat peluang dari Citayam Fashion Week,” – Jazilul Fawaid, Waketum PKB PinterPolitik.com Seolah tidak ada habisnya,...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

Rahasia Pelukan Ferdy Sambo

“Ya itu kan pertemanan, urusan berdua pertemanan. Bukan sesuatu yang salah. Tapi karena diekspos, menjadi masalah”. - Benny Mamoto, Ketua Harian Kompolnas PinterPolitik.com Siapa sangka jika pelukan...

Misteri Teror Kominfo

“Teror bagaimana? Saya baru tahu teror, Kominfo diteror kali,” – Johnny G. Plate, Menkominfo PinterPolitik.com #BlokirKominfo menjadi trending di Twitter, banyak warganet yang melontarkan kritik terhadap kontroversi kebijakan Penyelenggara Sistem...

More Stories

Pelosi ke Taiwan Hanya Setting-an?

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan buat heboh kawasan Indo-Pasifik, khususnya Tiongkok. Mungkinkah ini hanya setting-an?

Jokowi Loves Anies?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ucapkan terima kasih ke Jokowi soal JIS. Mungkinkah ternyata Jokowi loves Anies dalam politik?

Timor Leste, Warisan Politik Jokowi?

Pemerintahan Jokowi memberikan dukungan agar Timor Leste jadi anggota ASEAN. Apakah Timor Leste jadi warisan politik Jokowi?