HomeCelotehMenkominfo Siap “Blokir” Anies?

Menkominfo Siap “Blokir” Anies?

“They wanna censor me” – 2Pac, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Akhir-akhir ini, publik tengah diramaikan tuh oleh ancaman penyakit menular yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru (Covid-19). Virus ini disebut-sebut dapat menginfeksi dengan cepat melalui droplets – seperti bersin dan batuk – dari pengidap penyakit.

Alhasil, banyak warga merasa panik tuh dengan keberadaan virus ini yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Publik akhirnya melakukan belanja berlebihan guna berjaga-jaga atas kebutuhan dalam beberapa waktu ke depan.

Menanggapi kepanikan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tampaknya langsung bergerak cepat tuh. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengadakan konferensi pers dan menjelaskan mengenai langkah-langkah beliau dalam mengatasi ancaman Covid-19.

Salah satunya adalah dengan membentuk Tim Tanggap Covid-19 guna memantau potensi penularan. Selain itu, Pak Anies juga berjanji akan memberikan update informasi mengenai penularan tersebut.

Nah, kayaknya, Pak Anies akhirnya memenuhi janjinya nih. Beberapa waktu lalu, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan situs yang berisikan laporan update mengenai penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

Dalam situs corona.jakarta.go.id, dibeberkan beberapa data mengenai jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) yang sedang dipantau dan yang sudah selesai dipantau. Selain ODP, situs itu juga menampilkan jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat dan yang sudah dinyatakan sehat.

Lebih detail lagi, situs Corona milik Pemprov DKI Jakarta ini juga melampirkan data-data demografi terkait ODP dan PDP dalam beberapa kategori, seperti lokasi geografis, jenis kelamin, dan usia.

Hmm, pantas saja kalau Pak Anies banyak memperoleh pujian nih soal kesigapannya dalam menangani Covid-19. Bahkan, Pak Gubernur juga memerintahkan adanya upaya jemput pasien bila ada warga yang merasakan gejala-gejala serupa penyakit virus Corona.

Meski begitu, ada beberapa upaya Pak Anies yang sepertinya masih kena kritik nih. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate misalnya, malah menyindir situs Corona milik Pemprov DKI Jakarta.

Kata beliau, pusat informasi mengenai perkembangan dan penanganan virus Corona justru terpusat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Belum lagi, pemerintah pusat sudah menunjuk Achmad Yurianto – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes – sebagai juru bicara terkait virus Corona.

Waduh, masa iya situsnya Pak Anies mau diblokir kalau nggak sejalan dengan pusat informasi Kemenkes? Kan, Kominfo paling jago tuh kalau soal blokir-memblokir – dari soal TikTok, gelombang protes Papua, hingga Netflix.

Hmm, tapi, kalau bakal diblokir, kira-kira situsnya aja atau sekalian Pak Anies-nya yang “diblokir” nih? Kan, selama ini, pemerintah pusat dan Pak Anies sering tuh ada perbedaan pendapat. Hehe.

Ya, semoga saja nggak perlu sampai ada blokir-memblokir lah. Lagi pula, hal yang terpenting adalah bagaimana informasi itu dapat diperoleh masyarakat dengan baik dan mudah – bukan soal terpusat atau bagaimananya. (A43)

View this post on Instagram

Angka kekerasan terhadap #perempuan terus meningkat setiap tahun, baik itu kekerasan fisik maupun kekerasan seksual. Saat ini Indonesia bahkan telah ada dalam kondisi darurat kekerasan seksual menurut laporan dari #KomnasPerempuan. Nyatanya, ada persoalan ketidakseimbangan relasi kuasa antara perempuan dan laki-laki di #Indonesia yang menjadi salah satu akar persoalan ini. Ini juga terjadi akibat budaya dominasi laki-laki yang sangat kuat. ⠀ ⠀ Temukan selengkapnya di Talk Show: “Dominasi dan Legacy Male Power terhadap Wanita Indonesia, Kenapa? Dari Mana? Masih Perlu?”⠀ ⠀ Tiket dapat dibeli di: http://bit.ly/TalkShowPinterPolitik ⠀ #infografik #infografis #politik #politikindonesia #pinterpolitik #EventPinterPolitik #TalkShowPinterPolitik #komnasperempuan #rockygerung

A post shared by PinterPolitik.com (@pinterpolitik) on

► Ingin lihat video-video menarik? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Logis Anies Dirikan Partai Sendiri?
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Simpati, ‘Kartu’ Rahasia Prabowo?

Prabowo meminta relawan dan pendukungnya untuk tidak berdemo agar jaga perdamaian dan tensi politik. Apakah ini politik simpati ala Prabowo?

Puan Maharani ‘Reborn’?

Puan Maharani dinilai tetap mampu pertahankan posisinya sebagai ketua DPR meski sempat bergulir wacana revisi UU MD3. Inikah Puan 'reborn'?

Kenapa PDIP PDKT ke Khofifah?

PDIP berusaha merayu dan mendekat ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Mengapa PDIP memutuskan untuk PDKT ke Khofifah?