HomeCelotehMasyumi Reborn, Avengers ala Indonesia?

Masyumi Reborn, Avengers ala Indonesia?

“There was an idea. The idea was to bring together a group of remarkable people, see if they could become something more. See if they could work together when we needed them to fight the battles we never could” – Nick Fury, The Avengers (2012)


PinterPolitik.com

Siapa yang tidak kenal dengan pahlawan-pahlawan super besutan Marvel? Hampir semua dari kita pasti pernah mendengar nama-nama seperti Iron Man, Captain America, Hulk, Spider-Man, Black Widow, Captain Marvel, Doctor Strange, dan sebagainya.

Nah, pahlawan-pahlawan super ini biasanya beraksi buat melawan para penjahat yang berusaha mengganggu ketertiban dan perdamaian. Spider-Man, misalnya, kerap melawan penjahat super yang selalu mengganggu warga New York, seperti Doctor Octopus, The Lizard, dan Rhino.

Namun, seperti yang kita ketahui, para pahlawan super ini tentu memiliki kesibukan masing-masing. Bila Spider-Man sibuk mengawasi Kota New York, Doctor Strange lebih sibuk mengawasi dunia supranatural yang dapat mengganggu bumi.

Tapi nih, siapa sangka kalau ternyata mereka bisa bertemu dan melawan musuh bersama. Mungkin, pertemuan antar-pahlawan super seperti ini sering terjadi di komik dan film crossover. Salah satunya adalah crossover yang dirumorkan bakal terjadi di film Spider-Man terbaru mendatang – dengan peran Doctor Strange yang akan mendatangkan Spider-Man versi-versi lain.

Terlepas dari isu crossover antar-Spider-Man itu, pertemuan antar-tokoh komik ini juga terjadi di film-film sebelumnya, khususnya di seri film Avengers. Salah satu crossover film pahlawan super yang terbesar mungkin terjadi di tahun 2018 dan 2019 lalu, yakni ketika film Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019) dirilis.

Dalam dua film tersebut, para pahlawan super ini mengumpulkan kekuatan untuk mengalahkan satu musuh besar, yakni Thanos yang berasal dari Planet Titan. Si Thanos ini ingin memusnahkan separuh populasi alam semesta untuk mengembalikan keseimbangan sumber alam.

Baca juga :  Gerus PAN, Partai Ummat "Kanibal"?

Wah, keren dong. Bayangin coba. Semua karakter favorit para penggemar – mulai dari Iron Man, Thor, Captain America, Wanda, hingga Spider-Man – bersatu menggempur Thanos dan bala pasukan raksasanya.

- Advertisement -

Kalau dipikir-pikir, upaya mengumpulkan para pahlawan super ini sepertinya juga tengah terjadi nih di dunia nyata. Pasalnya, beberapa waktu lalu, sebuah partai dengan nama lama – Masyumi Reborn – baru saja dideklarasikan lho.

Uniknya, layaknya Avengers, Masyumi Reborn ini terlihat seperti tengah mengajak aktor-aktor politik lain. Habib Rizieq Shihab – pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 – yang dikabarkan akan pulang, misalnya, turut diajak bergabung ke partai baru itu.

Selain Habib Rizieq, ajakan juga diserukan pada ulama berpengaruh lainnya, yakni Ustaz Abdul Somad (UAS). Saking bersemangatnya nih, UAS disebut-sebut bisa jadi Ketua Umum Masyumi Reborn ini lho.

Tidak berhenti di Habib Rizieq dan UAS, Masyumi Reborn juga mengajak Amien Rais yang jelas-jelas baru mendirikan Partai Ummat. Wah, crossover-nya banyak banget dong kalau gituHehe.

Hmm, apa mungkin Masyumi Reborn ini terinspirasi dari film-film Avengers ya? Seperti kutipan percakapan dari Nick Fury di awal tulisan, partai baru ini sepertinya sedang mengumpulkan remarkable people buat ngeliat apakah mereka bisa menjadi sesuatu yang lebih. Hehe.

Apa jangan-jangan Masyumi Reborn ini ingin membangun kekuatan melawan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang sangat kuat dengan koalisi gemuknya ya – layaknya Avengers yang menghimpun kekuatan melawan Thanos?  Kan, kita tahu tuh ada sejumlah undang-undang (UU) bermasalah yang dengan mudah lolos di parlemen. Hmm.

Ya, kalau benar begitu, jangan sampailah Masyumi Reborn ala Avengers ini malah pecah sendiri karena perbedaan pandangan seperti apa yang terjadi di film Captain America: Civil War (2016). Kan, para pahlawan super itu akhirnya saling berantem karena silang pendapat soal Sokovia Accord.

Baca juga :  Menanti Biden "Beli" Siomay-Batagor

Lagipula, inisiatif Masyumi Reborn ala Avengers ini sepertinya belum pasti terbentuk. PA 212 saja beberapa waktu lalu akhirnya menanggapi dengan penolakan kan. Ya, kita nantikan sajalah kelanjutannya. (A43)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Prabowo Punya Sahabat yang Loyal?

Prabowo Subianto akhir-akhir ini unggah foto bersama sahabat lamanya. Siapa sebenarnya sosok Sjafrie Samsoeddin yang muncul di IG Prabowo?

Jokowi Jadi Ketum PSSI?

Coach Justin sebut sosok penyelamat dunia sepak bola Indonesia adalah RI-1. Apakah ini artinya Jokowi perlu rangkap jabatan Ketum PSSI?

Gibran Punya Mimpi ala Coachella?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dikabarkan ingin jadikan Solo kota konser. Apakah Gibran punya mimpi jadikan Solo ala Coachella?

Ganjar Punya Pasukan Spartan?

“Kenapa nama Spartan? Kita pakai karena kata Spartan lebih bertenaga daripada relawan, tak kenal henti pada loyalitas pada kesetiaan, yakin penuh percaya diri,” –...

Ronaldo-Messi Belajar ke Jokowi-Prabowo?

Dua pemain sepak bola rival, Ronaldo dan Messi, berpelukan di pertandingan PSG vs Riyadh All Stars. Apakah mereka tiru Jokowi dan Prabowo?

Eks-Gerindra Pakai Siasat Mourinho?

“Nah, apa jadinya kalau Gerindra masuk sebagai penentu kebijakan. Sedang jiwa saya yang bagian dari masyarakat selalu bersuara apa yang jadi masalah di masyarakat,”...

Ganjar Pranowo Curhat Lagi Stres?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut bahwa kepala daerah dibayar rakyat untuk stres. Apakah Ganjar curhat bahwa dirinya stres?

More Stories

Imperialisme ala The Last of Us?

Jakarta, Indonesia, ditampilkan serba 'kuning' di serial The Last of Us. Apakah ini semacam "imperialisme budaya" ala Hollywood?

Giring Ingin Balik Nyanyi Lagi?

Video Ketum PSI Giring Ganesha nyanyikan lagu Nidji tersebar di media sosial. Apakah Giring ingin balik nyanyi lagi dan lupakan politik?

Ganjar Pranowo Curhat Lagi Stres?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut bahwa kepala daerah dibayar rakyat untuk stres. Apakah Ganjar curhat bahwa dirinya stres?