Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > KPK Siap Geruduk Setneg?

KPK Siap Geruduk Setneg?


S13 - Thursday, January 28, 2021 8:20
KPK (Foto: istimewa)

0 min read

"Kedua saksi tersebut didalami pengetahuannya terkait adanya dugaan penerimaan sejumlah dana oleh pihak-pihak tertentu di Setneg terkait proyek pengadaan service pesawat PT Dirgantara Indonesia". - Ali Fikri, Plt. Juru Bicara Penindakan KPK


PinterPolitik.com

Korupsi. Kamus Oxford mengartikannya sebagai perilaku tidak jujur atau curang oleh mereka yang berkuasa, biasanya melibatkan penyuapan. Akar katanya dari bahasa Latin corruptus yang merupakan bentuk past participle dari kata corrumpere yang berarti merusak, menyuap atau menghancurkan.

Usia korupsi setua sejarah peradaban manusia. Dinasti pertama di Mesir kuno (3100–2700 SM) mencatat korupsi dalam catatan pengadilan yang ditinggalkan era tersebut. Demikianpun di Tiongkok kuno.

Hal inilah yang membuat korupsi seolah-olah menjadi kejahatan yang mengakar. Apalagi jika itu melibatkan hak-hak yang seharusnya menjadi milik orang banyak. Beh, udah bikin emosi banyak orang itu.

Baca Juga: Kala PDIP Bela HTI

Berasa kayak nonton FTV Indo***r yang ada adegan ibu-ibu koma di rumah sakit, terus dibangunin anak sama suaminya dengan bikin video TikTok di dekatnya. What a sampah! Uppps. Maaf, kebawa emosi. Hehehe.

Nah, makanya pemberantasan korupsi adalah salah satu kunci agar pemerintahan dan tentunya masyarakat bisa terbebas dari oknum-oknum yang menilep duit negara. Ini yang bikin Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK jadi salah satu sentral utama perang melawan korupsi di Indonesia.

Setelah beberapa waktu sebelumnya KPK mencuri perhatian dengan menjerat dua tangkapan besar – mantan Menteri Sosial Juliari Batubara dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo – beberapa hari terakhir santer pula muncul berita terkait pengusutan dugaan korupsi yang terjadi di PT Dirgantara Indonesia.

Menariknya, dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, ada kaitannya dengan tokoh-tokoh yang pernah menjadi bagian dari Kementerian Sekretariat Negara alias Setneg. Wih, moncong KPK makin belok-belok dekat-dekat Istana nih bau-baunya. Uppps.

Yang jelas, KPK sendiri belum menyebutkan secara langsung seperti apa keterkaitannya. Pemeriksaan memang telah dilakukan kepada dua orang mantan pejabat Setneg.

Hmm, emang nih tantangan yang makin tajam buat Presiden Jokowi. Soalnya bisa makin banyak kementerian yang akan disasar oleh KPK.

Lembaga anti rasuah itu udah kayak Son Goku dalam serial Dragon Ball yang menembakkan jurus saktinya Kamehameha ke berbagai penjuru. Hati-hati loh wahai para menteri Pak Jokowi. Uppps. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait