HomeCelotehJokowi Mau “Gratisan” Biden?

Jokowi Mau “Gratisan” Biden?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyiapkan anggaran jutaan dolar AS guna mengadakan sumbangan peralatan militer bagi negara-negara penentang Tiongkok. Mungkinkah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tertarik untuk menerima “gratisan” ini?


PinterPolitik.com

Hayoo, siapa di sini paling gercep (gerak cepat) kalau ada promo? Hmm, hampir semua orang pasti suka lah dengan berbagai promo menarik – mulai dari potongan harga, buy one get one, hingga gratisan lainnya.

Nah, kalau tertarik, ini ada tawaran yang menarik juga lho dari pemerintahan Joe Biden di Amerika Serikat (AS). Kabarnya nih, negeri Paman Sam ini tengah menyusun kebijakan strategis di berbagai kawasan dunia, termasuk di Asia-Pasifik.

Salah satunya nih adalah untuk menghalau kekuatan dan pengaruh Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Negara yang dipimpin oleh Xi Jinping ini soalnya lagi gencar-gencarnya lho meningkatkan pengaruh dan kekuatannya di berbagai belahan dunia.

Maka dari itu, Mr. Biden memutuskan sejumlah kebijakan. Kebijakan luar negeri tersebut adalah dengan meningkatkan anggaran pertahanan dan militer AS. Anggaran itu juga termasuk bantuan peralatan militer yang totalnya bernilai 155 juta dolar AS (sekitar Rp 2,2 trilun) bagi negara-negara lain lhoWahgimana ya cara dapatnya?

Caranya gampang kok, yakni dengan menjadi negara yang menentang kebangkitan Tiongkok. Menarique uga nih. Kan, barang kali, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tertarik nih. Makanya, mimin kasih tahu nihHehe.

Baca Juga: ‘Amunisi’ Biden Bayangi Jokowi?

Washington Beijing Memanas Lagi
- Advertisement -

Kan, kata banyak ahli, kebijakan luar negeri Pak Jokowi selalu berfokus pada pemenuhan keuntungan dan kepentingan domestik Indonesia. Bisa jadi, ini sejalan dong – apalagi di tengah urgensi modernisasi dan penguatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia.

Baca juga :  Paradoks PDIP Bendung Ganjar?

Terlepas dari arah politik luar negeri itu, kayak-nya nih, pemerintah Indonesia ini emang suka deh dengan hal-hal yang berbau murah dan “gratisan” sih. Coba lihat aja pinjaman dan investasi yang datang dari Tiongkok. Hehe.

Setahu mimin,Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sendiri pernah bilang kalau Tiongkok itu sumber loan murah. Itu sih Tiongkok. Kalau dari AS, Pak Luhut mau nggak ya? Hmm.

Tapi nih ya, kalaupun AS mau memberi sumbangan peralatan militer, jumlah dana Rp 2,2 triliun bisa dibilang kecil sihWong, kabarnya aja, pemerintah berencana menyediakan anggaran sebesar Rp 1,7 kuadriliun dalam rancangan Peraturan Presiden (Perpres).

Hmm, jumlah tadi ini mah cuma sekitar 0,00129% dong dari kebutuhan anggaran tadi. Hmm, jadi gimana nih, Pak Jokowi? Indonesia mau ngikutin kampanyenya Biden atau ikut Pak Xi aja nihHehe. (A43)

Baca Juga: Jokowi Riding The Dragon Tiongkok


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Anies-AHY Kawin Paksa?

“Tentu proses membangun chemistry antara satu dan yang lain penting, bukan kawin paksa,” - Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem PinterPolitik.com Siapa yang tidak kenal dengan Siti...

More Stories

Anies: Bukan Soal Arab-Jawa

Persoalan identitas Anies Baswedan dimunculkan Ruhut Sitompul usai putrinya menikah berbudaya Jawa. Mengapa ini bukan soal Arab atau Jawa?

Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024?

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tetap ingin netral di 2024. Namun, beberapa waktu lalu, sambut kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Pasti Gagal di 2024?

Nama Prabowo Subianto dirumorkan bakal jadi sosok yang didukung Presiden Jokowi di 2024. Mengapa hal itu sebenarnya mustahil?