HomeCelotehJokowi dan Misteri Rambut Putih

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Di hadapan ribuan relawan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan sejumlah karakteristik fisik dari pemimpin yang memikirkan rakyat. Beberapa di antaranya adalah kerutan di wajah dan rambut berwarna putih.


PinterPolitik.com

“The silver hair of a true Targaryen” – The Spice King, “The Old Gods and the New” in Game of Thrones (2011-2019)

Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya rambut menjadi bagian identitas dari seseorang yang paling terlihat. Pasalnya, banyak yang bilang kalau rambut itu semacam mahkota buat setiap individu – terlepas dari style yang dipilih ya.

Nah, selain gaya rambut yang disuka, ada juga preferensi tertentu terhadap warna rambut. Boyband asal Republik Korea alias Korea Selatan (Korsel), BTS, misalnya, kerap menggunakan warna-warna rambut yang berwarna-warni lho.

J-Hope, misalnya, pernah mengecat rambutnya dengan warna pirang dan coklat muda. Selain J-Hope, ada juga Jungkook yang pernah mewarnai rambutnya dengan warna ungu gelap.

Hmm, ngomong-ngomong soal warna rambut nih, selain gaya dan identitas, warna rambut juga bisa menunjukkan apa yang telah dilakukan oleh seseorang. Mengacu pada pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), seorang pemimpin yang memikirkan rakyat adalah pemimpin yang memiliki rambut putih dan kerutan di wajah.

Wah, mungkin, Pak Jokowi ini memang penggemar serial GoT kali ya? Dulu, kan, Pak Jokowi di depan para pemimpin dunia pernah bilang, “winter is coming.” Eh, sekarang, Pak Jokowi bilang pemimpin yang memikirkan rakyat adalah pemimpin yang memiliki rambut putih.

Pemimpin Rambut Putih di Universe Lain

Hmm, apakah yang dimaksud oleh Pak Jokowi adalah Daenerys Targaryen yang memang dikisahkan selalu memikirkan rakyat? Dany (nama panggilan Daenerys) yang berambut putih perak-emas kan memang diceritaka selalu membela hak rakyat-rakyat kecil – bahkan membebaskan mereka dari para budak tuh. Hehe.

Tapi ya, terlepas dari benar atau nggak kalau yang dimaksud Pak Jokowi adalah Daenerys Targaryen, penampilan yang dimiliki oleh politisi dan pejabat memang menjadi salah satu hal yang diperhatikan banyak orang. 

Mengacu pada tulisan Rodrigo Praino, Daniel Stockemer, dan James Ratis yang berjudul Looking Good or Looking Competent?, banyak studi membahas bagaimana penampilan politisi juga mempengaruhi dinamika elektoral dalam pemilihan umum (Pemilu).

Eits, tunggu dulu. Kalau iya Pak Jokowi seakan-akan memberi nasihat bahwa pemimpin berambut putih layak dipilih, bukannya Dany adalah pemimpin yang legitimasinya dari darah keturunan? Hmm, lalu, siapa yang dimaksud oleh Pak Jokowi ya? 

Mungkinkah Pak Jokowi ngerefer ke kandidat tertentu dalam pemilihan presiden (Pilpres) mendatang? Ataukah Pak Jokowi hanya guyon dan melempar reference film lagi?

Ya, kalau bukan Dany, siapa deh, Pak Jokowi? Apakah yang Bapak maksud adalah Kakashi Hatake, sang Hokage ke-6 yang juga berambut putih? Atau Gandalf the Grey nih, Pak? Hehe. (A43) 


Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutna
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Mustahil Prabowo Jadi Diktator?

Banyak media asing menilai Indonesia akan jatuh ke otoritarian di bawah Prabowo Subianto. Namun, apakah hal itu mungkin? Ataukah mustahil?

Taylor Swift, ‘Wildest Dream’ Kapitalisme?

PM Thailand Srettha Thavisin mengklaim bahwa Singapura punya deal dengan Taylor Swift. Apakah ini bentuk 'wildest dream' kapitalisme?

Saatnya Anies Kembali ke DKI?

Hasil hitung cepat tunjukkan kecil kemungkinan Anies menang di Pilpres 2024. Apakah ini saatnya Anies kembali jadi Gubernur DKI Jakarta?