HomeCelotehJokowi Buka Primbon Jawa?

Jokowi Buka Primbon Jawa?

Beberapa kali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditengarai mengambil keputusan berdasarkan perhitungan weton Jawa terkait reshuffle yang biasa dilakukan pada Rabu Pon dan, terkadang, Rabu Pahing. Bahkan, pelantikan menteri pernah dilakukan pada Rabu Legi.


PinterPolitik.com

“Those who forget history are doomed to repeat it.” – Wednesday (2022)

Netflix mengeluarkan serial yang berjudul Wednesday (2022). Judul serial tersebut diambil berdasarkan nama tokoh utama yang diperankan oleh Jenna Ortega yang bernama Wednesday Addams. 

Hmm, pasti dari kalian banyak yang beranggapan bahwa tokoh tersebut dilahirkan di hari Rabu. Nah, uniknya tokoh Wednesday diceritakan lahir pada hari Jumat nih, bukan hari Rabu.

Lalu, kenapa diberi nama Wednesday padahal lahir hari Jumat ya? Jadi, nama Wednesday sendiri diambil dari sajak anak-anak kesukaan sang ibu, yaitu Morticia Addams. 

Serial ini menceritakan kisah Wednesday sebagai anak sulung dari keluarga Addams yang memiliki kemampuan supranatural. Akibat kemampuan supranatural yang dimiliki, Wednesday kemudian bersekolah khusus bagi orang-orang yang memiliki kekuatan supranatural.

Terlepas dari kisah supranatural pada serial tersebut, sebenarnya di Indonesia sendiri memiliki tradisi supranatural yang dianut di setiap pulau. Contohnya, dalam tradisi Jawa, energi supranatural bisa dikaitkan dengan weton. 

Weton dalam falsafah kearifan lokal tradisi Jawa merupakan metode perhitungan untuk menentukan kapan hari terbaik bisa dilakukan.  

Sementara itu, mungkin, bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi), perhitungan weton sangat memberikan andil untuk bisa menentukan arah suatu keputusan. Terkhusus pada hari Rabu, Jokowi mungkin melihatnya memiliki keistimewaan tersendiri. 

Jokowi Dilema Reshuffle Di-Reschedule

Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan Pak Jokowi kerap memberikan keputusan penting  bertepatan dengan hari Rabu. Beberapa di antaranya adalah keputusan penting yang diambil berkaitan dengan reshuffle dan pelantikan menteri-menteri kabinet. 

Baca juga :  Prabowo-Megawati Bersatu, Golkar Tentukan Nasib Jokowi?

Selama dua periode masa kepemimpinan Jokowi, sudah beberapa kali melakukan pengambilan keputusan reshuffle di hari Rabu. Tidak selalu sama dengan weton kelahiran Jokowi yang bertepatan dengan Rabu Pon tetapi, terkadang, pengambilan keputusan juga dilakukan pada Rabu Pahing dan Rabu Legi.

Wah, jika merujuk pada hari lahir Jokowi yang bertepatan dengan Rabu Pon, apakah memungkinkan untuk Jokowi ‘melahirkan’ reshuffle dalam pengambilan keputusan yang dia buat?

Sementara itu, dalam primbon Jawa, orang yang memiliki weton Rabu Pon memiliki keistimewaan diartikan sebagai orang yang penuh keberuntungan karena semua keputusan selalu diambil dengan hati-hati.

Mengacu pada Theory of Decision Making yang dijelaskan dalam tulisan Xin Yang berjudul Analysis of Political Decision-Making and Its Influencing Factors, dijelaskan bahwa proses pengambilan keputusan politik didasarkan atas perbandingan dan seleksi atas pilihan alternatif yang sudah dibuat.

Pada proses pengambilan keputusan politik bersifat dinamis karena berkaitan dengan pembentukan dan pelaksanaan keputusan besar. Bukan nggak mungkin, berarti pengambilan keputusan Jokowi terkait reshuffle didasarkan atas perbandingan dan keputusan yang sudah dibuat sebelumnya.

Namun, apakah mungkin secara tersirat jika pengambilan keputusan tersebut didasarkan perhitungan weton terlebih dahulu – supaya bisa melahirkan keputusan yang dianggap sebagai hari terbaik dan akan mendatangkan keberuntungan? Apa mungkin Pak Jokowi buka-buka situs primbon Jawa di internet dulu ya? Who knows? Hehe. (S85) 


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Anas Urbaningrum: Anti-villain SBY?

Anas Urbaningrum telah bebas setelah jalani hukuman. Apakah Anas akan menjadi anti-villain setelah akhirnya bergabung ke PKN?

Sandiaga Akan Kembali ke Prabowo?

Sandiaga Uno telah pamit dari Partai Gerindra. Mungkinkah Sandiaga bertemu Prabowo Subianto kembali di masa depan?

Jokowi-Ganjar Makin Mesra?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunggah momen kebersamaan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat duduk satu mobil ketika sedang kunjungan kerja ke Boyolali,...