HomeCelotehGanjar Saingi "Level" Megawati?

Ganjar Saingi “Level” Megawati?

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa ada banyak orang yang ingin ikut berswafoto (selfie) dengan dirinya. Sehari setelahnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggah video kader-kader PDIP yang ingin berswafoto dengan dirinya.


PinterPolitik.com

“I don’t even care. I need a photo with Drake. Because my Instagram is weak as f**k” – Vanessa Keefer, Atlanta (2016-2022)

Kutipan di atas berasal dari sebuah serial televisi (TV) asal Amerika Serikat (AS) yang berjudul Atlanta (2016-2022). Di episode ke-7 dari season kedua, karakter Vanessa Keefer yang diperankan oleh Zazie Beetz mengatakan bahwa dirinya ingin mengambil sebuah foto bersama penyanyi rap (rapper) top di dunia bernama Drake.

Alasannya sih adalah agar profil Instagram-nya semakin kuat. Tentunya, siapapun yang bisa foto dengan rapper yang terkenal dengan lagu “In My Feelings” (2018) pasti akan merasa lebih bangga dengan profil media sosialnya (medsos).

Hal ini juga berlaku di Indonesia. Ketika ada artis, selebriti, atau figur publik terlihat, orang-orang biasanya akan langsung menghampiri dan mengajak berswafoto (selfie).

Boleh jadi, inilah kenapa Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa ada banyak orang akan ikut ber-selfie dengannya. Sampai-sampai, karena saking banyaknya yang mau ikut, Bu Megawati merasa ini terjadi karena dirinya perempuan yang cantik, pintar, dan karismatik.

Mencuri Hati Rakyat 2024

Ya, terlepas dari benar atau tidaknya sifat yang diklaim Bu Mega, banyaknya orang yang ingin ikut selfie bisa menunjukkan seberapa besar pengaruh orang tersebut di masyarakat. Pasalnya, mengacu pada Kiku Adatto dalam bukunya yang berjudul Picture Perfect, konten visual – seperti gambar dan video – merupakan simbol yang diterima oleh masyarakat luas. 

Baca juga :  Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Apalagi, seperti yang dijelaskan oleh Alex Marland dalam tulisannya yang berjudul Political Photography, Journalism, and Framing in the Digital Age, perkembangan teknologi informasi – khususnya internet – menggeser kekuatan persebaran informasi dari yang awalnya berbasis pada teks ke visual.

- Advertisement -

Hmm, mungkin, ini kenapa akhirnya – setelah pidato Bu Mega – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunggah sebuah video dirinya ketika hadir di peringatan HUT PDIP ke-50. Di video itu, tampak Pak Ganjar dikerubungi oleh kader-kader PDIP untuk dimintai selfie bersama.

Wah, kenapa ya Pak Ganjar tiba-tiba mengunggah video tersebut? Apakah Pak Ganjar mau membuktikan diri kepada Bu Mega kalau dirinya juga banyak dimintai selfie? Atau, mungkin, Pak Ganjar mau menyaingi Bu Megawati dalam hal mejengmemejeng soal selfie? 👀 (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

Jabatan Kades Mirip One Piece?

Demonstrasi kepala desa (kades) tuntut perpanjangan masa jabatan hingga 9 tahun. Apakah para kades ingin bisa seperti anime One Piece?

Kapal Anies ‘Diserang’ Ular?

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim dikirimi ular ketika akan bertemu Anies Baswedan. Apakah kapal Anies tengah 'diserang' ular?

Sudah Saatnya Prabowo Contoh Megawati?

Partai Gerindra tetap kukuh usung Prabowo Subianto sebagai capres. Apakah seharusnya ini saatnya Prabowo contoh cara Megawati?

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

Di Balik Usul Imin Hapus Gubernur

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usul hapuskan jabatan gubernur karena melelahkan dan hanya jadi penghubung pusat-daerah. Mengapa?

More Stories

Mungkinkah “The Last of Us” di Dunia Nyata?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal The Last of Us (2023). Apakah Menkes ikut cemas soal wabah zombie?

Di Balik Usul Imin Hapus Gubernur

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usul hapuskan jabatan gubernur karena melelahkan dan hanya jadi penghubung pusat-daerah. Mengapa?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?