HomeCelotehGanjar Saingi "Level" Megawati?

Ganjar Saingi “Level” Megawati?

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa ada banyak orang yang ingin ikut berswafoto (selfie) dengan dirinya. Sehari setelahnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggah video kader-kader PDIP yang ingin berswafoto dengan dirinya.


PinterPolitik.com

“I don’t even care. I need a photo with Drake. Because my Instagram is weak as f**k” – Vanessa Keefer, Atlanta (2016-2022)

Kutipan di atas berasal dari sebuah serial televisi (TV) asal Amerika Serikat (AS) yang berjudul Atlanta (2016-2022). Di episode ke-7 dari season kedua, karakter Vanessa Keefer yang diperankan oleh Zazie Beetz mengatakan bahwa dirinya ingin mengambil sebuah foto bersama penyanyi rap (rapper) top di dunia bernama Drake.

Alasannya sih adalah agar profil Instagram-nya semakin kuat. Tentunya, siapapun yang bisa foto dengan rapper yang terkenal dengan lagu “In My Feelings” (2018) pasti akan merasa lebih bangga dengan profil media sosialnya (medsos).

Hal ini juga berlaku di Indonesia. Ketika ada artis, selebriti, atau figur publik terlihat, orang-orang biasanya akan langsung menghampiri dan mengajak berswafoto (selfie).

Boleh jadi, inilah kenapa Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa ada banyak orang akan ikut ber-selfie dengannya. Sampai-sampai, karena saking banyaknya yang mau ikut, Bu Megawati merasa ini terjadi karena dirinya perempuan yang cantik, pintar, dan karismatik.

Mencuri Hati Rakyat 2024

Ya, terlepas dari benar atau tidaknya sifat yang diklaim Bu Mega, banyaknya orang yang ingin ikut selfie bisa menunjukkan seberapa besar pengaruh orang tersebut di masyarakat. Pasalnya, mengacu pada Kiku Adatto dalam bukunya yang berjudul Picture Perfect, konten visual – seperti gambar dan video – merupakan simbol yang diterima oleh masyarakat luas. 

Baca juga :  Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Apalagi, seperti yang dijelaskan oleh Alex Marland dalam tulisannya yang berjudul Political Photography, Journalism, and Framing in the Digital Age, perkembangan teknologi informasi – khususnya internet – menggeser kekuatan persebaran informasi dari yang awalnya berbasis pada teks ke visual.

Hmm, mungkin, ini kenapa akhirnya – setelah pidato Bu Mega – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunggah sebuah video dirinya ketika hadir di peringatan HUT PDIP ke-50. Di video itu, tampak Pak Ganjar dikerubungi oleh kader-kader PDIP untuk dimintai selfie bersama.

Wah, kenapa ya Pak Ganjar tiba-tiba mengunggah video tersebut? Apakah Pak Ganjar mau membuktikan diri kepada Bu Mega kalau dirinya juga banyak dimintai selfie? Atau, mungkin, Pak Ganjar mau menyaingi Bu Megawati dalam hal mejengmemejeng soal selfie? 👀 (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Menguak Siasat Yusril Tinggalkan PBB

Sebuah langkah mengejutkan terjadi. Yusril Ihza Mahendra memutuskan untuk melepaskan jabatan Ketum PBB. Ada siasat apa?

Mengapa Xi-Putin Terjebak “Situationship”?

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin tampak begitu "mesra" dan bersama-sama deklarasi "lawan" AS.

Megawati dan Misteri Patung Butet

Butet Kertaredjasa membuat patung “Melik Nggendong Lali” dan tarik perhatian Megawati. Mengapa patung itu berkaitan dengan PDIP dan Jokowi?