HomeCelotehEdhy Prabowo Merenggut Warisan Susi?

Edhy Prabowo Merenggut Warisan Susi?

“My work… is my legacy.” – Patrick Swayze


 PinterPolitik.com

Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan lagi dikritik nih. Pasalnya, sempet rame kalo beliau mau mencabut kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan. Nah, kebijakan penenggelaman kapal yang diinisiasi oleh Susi Pudjiastuti ini kan disebut-sebut berhasil menurunkan angka illegal, unreported dan unregulated fishing (IUU Fishing) sekitar 90% di perairan Indonesia.

Pastilah wacana penghapusan kebijakan ini bikin waswas banyak pihak, karena selain ngurangin IUU Fishing, nenggelamin kapal pencuri ikan asing juga meningkatkan persediaan ikan bagi nelayan lokal.

Kalo kata Edhy Prabowo sih itu bukan fokus kebijakannya. Jokowi pun memang memberi tugas khusus bagi Edhy Prabowo buat memperbaiki hubungan pemerintah dengan para nelayan.

Lah, terus gimana dengan potensi merebaknya kembali fenomena IUU Fishing di Indonesia?

Menurut Edhy Prabowo sih kebijakan penenggelaman kapal gak akan diapus sepenuhnya, cuman dia akan lebih selektif aja. Kalo kapalnya diserahkan baik-baik ya disimpen dan kalo sudah inkrah akan diserahkan ke nelayan yang membutuhkan. Buat kapal yang kabur pas dikejar, baru akan ditenggelamkan sesuai prosedur.

Intinya ya Edhy Prabowo pilih-pilih lah, beda pemimpin beda gaya. Namun pilihan Edhy ini sebenernya gak sejalan sama pendahulunya. Kapal asing pencuri ikan yang diberikan ke nelayan atau dilelang punya kemungkinan dibeli lagi sama yang punya.

- Advertisement -

Bu Susi ini kan berpengalaman dalam penanganan IUU Fishing, jadi omongannya perlu diperhitungkan. Pasalnya kalo misalnya dengan mengurangi penenggelaman kapal IUU Fishing justru kembali merebak, ya nelayan lokal akan kalah saing dengan kapal pencuri ikan yang kapasitasnya lebih masif.

Nah, Pak Edhy harus berhati-hati kalau memilih kebijakan. Jangan sampai mau merangkul nelayan, malah berpotensi menyengsarakan nelayan. Apalagi nelayan merupakan profesi yang rentan terekspos kemiskinan.

Sepertinya Edhy Prabowo telah merenggut warisan kebijakan penenggelaman kapal Susi Pudjiastuti. Emang sih gak sepenuhnya kebijakan Susi itu bisa dinilai positif, cuman kalo misalnya nanti dampaknya malah merugikan nelayan yah kasian dong mereka. Baiknya Pak Edhy ini diskusi dulu lah sama pakar IUU Fishing Indonesia yaitu Susi Pudjiastuti. Siapa tau setelah diskusi bisa langsung tercerahkan. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Drama Maming Resahkan PDIP-PBNU?
spot_img

#Trending Article

Ceker Ayam, Rahasia Kemajuan Tiongkok?

“Kami berusaha menyerap kenaikan harga komoditas ini, dengan memanfaatkan seluruh bagian ayam. Itu berarti menggunakan setiap bagian ayam, kecuali bulunya, kurasa.” – Joey Wat, CEO...

Surya Paloh Siap Relakan Megawati?

Intrik antara partai yang dipimpin Surya Paloh (Nasdem) dan PDIP yang dipimpin Megawati semakin tajam. Siapkah Paloh relakan Megawati?

Melacak Arah Petir Brigadir J?

“CCTV harus diuji. Kenapa harus diuji? Pertama CCTV sudah disambar petir. Maka kalau tiba-tiba CCTV ketemu kembali, harus dibikin acara dengan petir, kapan petir...

Anies Ikuti Jejak Soekarno?

“Perubahan nama Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat, dilakukan agar Rumah Sakit ikut ambil peran dalam pencegahan penyakit, sekaligus mempromosikan hidup sehat.” – Anies Baswedan,...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jokowi Kameo Pilpres 2024?

“Yang paling sering kalau ke kondangan. Bahkan saat nyumbang ke Surabaya, ada yang bilang kalau ada tamu Pak Presiden lagi blusukan. Bahkan ada yang rebutan...

Sambo Tidak Selincah Ninja Hatori?

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas.” – Brigjen...

Tiket Pesawat Naik, Tiket PDIP Naik?

“Kasus mahalnya tiket pesawat ini lebih ke soal politis, mau siapapun menteri atau presidennya enggak akan mampu memaksa perusahaan menjual rugi tiket pesawatnya. Kecuali...

More Stories

Gerindra-PKS Tega Anies Sendiri?

“Being alone is very difficult.” – Yoko Ono PinterPolitik.com Menjelang pergantian tahun biasanya orang-orang akan punya resolusi baru. Malah sering kali resolusi tahun-tahun sebelumnya yang belum...

Ada Luhut, Langkah Bamsoet Surut?

“Empires won by conquest have always fallen either by revolt within or by defeat by a rival.” – John Boyd Orr, Scottish Physician and...

Balasan Jokowi pada Uni Eropa

“Negotiations are a euphemism for capitulation if the shadow of power is not cast across the bargaining table.” – George P. Shultz PinterPolitik.com Sekali-kali mari kita...