HomeCelotehDrama Xi vs Trudeau Bakal Berlanjut?

Drama Xi vs Trudeau Bakal Berlanjut?

Sebuah video yang mana Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di dalamnya tampak memarahi Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau viral di media sosial (medsos). Kira-kira, mengapa Xi kesal dengan Trudeau?


PinterPolitik.com

“If your opinion f**k ’round and leak, might as well send your will” – Kendrick Lamar, “Worldwide Steppers” (2022)

Pernah nggak sih kalian mengalami drama-drama di dalam kehidupan – entah itu drama yang diciptakan orang lain ataupun drama yang muncul karena diri kita sendiri? Dalam kehidupan kita yang selalu bersinggungan dengan orang-orang lain, tentunya konflik-konflik dengan orang lain sudah pasti akan terjadi.

Nah, drama konflik seperti ini biasanya bakal mengambil banyak porsi pikiran ketika persoalan malah makin meluas – misalnya nih ketika drama asmara terjadi di kehidupan kita. Beuh, pasti jadi rumit tuh di pikiran kita. Bahkan, terkadang, kegalauan hati membuat kita sulit menjalankan kehidupan sehari-hari.

Saat kita berantem dengan pasangan, misalnya, tidak jarang malah membuat kita semakin gelisah dengan masalah tersebut. Masalah ini pun bakal menjadi semakin besar ketika pasangan ternyata udah spill (membagikan) duduk persoalannya di media sosial (medsos). Hmm, makin gelisah jadinya tuh.

Persoalan dan drama itu juga bakal menjadi kompleks ketika teman-teman pasangan ikut berkomentar dan memberikan saran. Seakan-akan, kita pun makin kehilangan kontrol atas problem domestik tersebut.

Xi Jinping vs Justin Trudeau

Nah, ternyata, persoalan kayak gini nggak hanya terjadi di kehidupan asmara lho, melainkan juga di kehidupan politik termasuk politik internasional. Gimana nggak? Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping kemarin terlihat marah-marah kepada Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 15-16 November 2022 lalu.

Baca juga :  Anies Jalan Santai Menuju 2024?

Kabarnya sih, Xi menuding pemerintah Kanada karena dianggap telah membocorkan informasi yang tengah jadi pembicaraan dan negosiasi di antara kedua negara. Menurut Xi, harusnya ada ketentuan-ketentuan yang perlu diikuti ketika dua negara tengah terlibat dalam pembicaraan diplomatik.

- Advertisement -

Menanggapi teguran Xi, Trudeau pun mengatakan bahwa keterbukaan adalah hal yang biasa di Kanada. Bahkan, Trudeau juga menyebutkan bahwa ini merupakan kewajibannya untuk membuka dialog terbuka kepada masyarakat.

Hmm, bukan nggak mungkin, pertengkaran Xi dan Trudeau di KTT G20 Bali merupakan bagian kecil dari gambaran yang lebih besar soal situasi dunia saat ini. Seperti yang dijelaskan oleh John J. Mearsheimer dalam tulisannya yang berjudul Bound to Fail, ini bisa jadi merupakan sebuah benturan antara dua tatanan dunia (international order), yakni antara tatanan dunia liberal ala Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat dengan tatanan dunia agnostik ala Tiongkok yang tidak menekankan pada nilai-nilai besar seperti kebebasan dan demokrasi.

Wah, kalau ini spill beneran kayak di Twitter, mungkin di masa depan bakal ada semacam tweet war ala negara-negara besar nih. Hmm, Indonesia bakal jadi “buzzer-nya” pihak mana nih ya kalau “tweet war” ini terjadi? Tatanan dunia liberal atau agnostik ya? Hehe. (A43)


spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...

Jokowi Buat “Taj Mahal” di Solo?

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah, dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo” –  Joko Widodo...

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

More Stories

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?