HomeCelotehDemokrat Perjuangan, AHY Bisa Jadi Megawati

Demokrat Perjuangan, AHY Bisa Jadi Megawati

“Dengan modal jaringan mapan Demokrat yang loyal pada AHY, besar kemungkinan AHY akan mengganti nama partai”. – Dedi Kurnia Syah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO)


PinterPolitik.com

Konflik yang terjadi pada Partai Demokrat emang udah jadi kayak drama Korea yang penuh emosi. Masing-masing kubu – baik itu para pengurus di bawah Kepala Staf Presidn (KSP) Moeldoko maupun di bawah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) – berjuang dengan caranya masing-masing untuk menjadi yang paling sahih menggunakan panji biru berlambang bintang mercy.

Kabar terbaru, kelompok gerakan pengurus kubu Moeldoko alias Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan HAM. Namun, pemberkasannya masih belum bisa diterima pemerintah.

Strategi berbeda dilakukan oleh AHY dan kubunya yang merasa partainya “dibegal” oleh Moeldoko dan pendukungnya. AHY mendesak Kemenkumham untuk tidak mengesahkan KLB yang dinilai inkonstitusional alias abal-abal.

Baca Juga: Anies Kelemahan Terbesar PSI?

Beberapa pengamat kemudian menilai bahwa memang di satu sisi cukup sulit untuk memprediksi apakah kubu Moeldoko bakal diakui oleh Kemenkumham. Kubu Moeldoko memang bisa dibilang illegal dan menyalahi aturan kepartaian yang berlaku dalam AD/ART Partai Demokrat.

Namun, tidak sedikit juga yang menilai bahwa pemerintah bisa saja memihak pada kubu Moeldoko. Soalnya, alasan di balik keterlibatan Moeldoko dalam konflik kepengurusan ini hingga sekarang masih menjadi misteri.

- Advertisement -

Nah, hal inilah yang bikin beberapa pihak menyarankan bahwa jika kubu Moeldoko diakui oleh pemerintah, AHY lebih baik mengganti nama partainya. Entah itu ditambahkan dengan embel tertentu di belakangnya atau di depannya, misalnya jadi Partai Demokrat Perjuangan, atau Partai Demokrat Reborn, dan lain sebagainya.

Baca juga :  Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Perubahan nama ini bisa jadi positif loh nantinya, misalnya berkaca pada kasus Megawati Soekarnoputri yang mengganti nama partainya PDI menjadi PDI Perjuangan. Kebijakan itu terbukti berhasil dan membuat kader serta simpatisan bisa membuat perbedaan dengan lawan politiknya kala itu.

Mungkin nih, dengan mengganti nama partai, AHY justru malah bisa membuat Demokrat menjadi semakin besar dan kuat di tahun-tahun mendatang. Menarik untuk ditunggu kelanjutannya. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Zulhas dan Bisnis Jastip Menjanjikan

Nama Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) disebutkan Prof. Karomani soal kasus penitipan mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

PDIP Bakal Gabung KIB?

“Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini (Al Rihla)” – Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar PinterPolitik.com Demam Piala Dunia 2022 Qatar rupanya...

Saatnya Jokowi Tinggalkan Relawan “Toxic”?

“Kita gemes, Pak, ingin melawan mereka. Kalau mau tempur lapangan, kita lebih banyak” –  Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  PinterPolitik.com Si vis...

Saatnya Ganjar Balas Jasa Puan?

“Ganjar itu jadi Gubernur (Jateng) jangan lupa, baik yang pertama dan kedua itu, justru panglima perangnya Puan Maharani,” –   Said Abdullah, Ketua DPP...

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

More Stories

Mengapa BBM Bisa Bahayakan Jokowi?

Pemerintah telah menaikkan harga BBM. Pertalite naik hingga 30 persen, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kebijakan ini kemudian...

Kasus Sambo Untungkan Jokowi?

Bergulirnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo memang menarik perhatian masyarakat luas. Isu ini bahkan mengalahkan narasi krisis ekonomi yang kini...

Ini Alasan 2024 Harus Kandidat Militer

Peningkatan kapasitas militer Tiongkok dan manuver yang dilakukan oleh negara tersebut atas Taiwan diprediksi akan memanaskan situasi politik di Asia Timur. Banyak ahli geopolitik...