HomeCelotehBiden Bikin Circle Sendiri?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan Jepang – di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 16 November 2022 lalu.


PinterPolitik.com

“Kita selalu berpendapat, kita ini yang terhebat” – Sheila On 7, “Sahabat Sejati” (2000)

Hayoo, siapa yang nggak tahu siapa itu Sheila On 7? Hampir semua pasti tahu lah ya siapa Sheila On 7. Paling nggak, kita pernah mendengar lah ya nama band yang beberapa waktu lalu kabarnya berhasil menjual seluruh tiket konser mereka itu.

Ada salah satu lagu yang cukup membuat kita mengenang masa-masa sekolah. Lagu tersebut adalah “Sahabat Sejati” (2000). Mungkin, lagu itulah yang kerap muncul di acara-acara perpisahan sekolah.

Nah, di lagu itu, ada potongan lirik yang mungkin kerap jadi pengalaman mereka saat masih duduk di bangku sekolah. “Kita selalu berpendapat, kita ini yang terhebat,” begitu nyanyi Akhdiyat Duta Modjo yang merupakan vokalis dari band Sheila On 7.

Apa yang dilontarkan oleh Mas Duta tiap bawa-in lagu nggak dipungkiri memang menjadi hal yang lumrah di lingkungan sekolah. Hayoo, siapa yang dulu bangga banget ketika bisa jadi anak yang populer di sekolah – bahkan sampai terkenal di sekolah-sekolah lainnya?

Nggak jarang, bahkan, anak-anak populer ini berkumpulnya pun dengan anak-anak yang juga populer. Hmm, mungkin, perkumpulan mereka ini semacam geng yang isinya anak-anak gaul kali ya?

Namun, sadar atau nggak, kecenderungan untuk berkelompok ini tidak hanya ada di lingkungan sekolah aja lho, melainkan juga lingkungan-lingkungan lain seperti politik luar negeri. Gimana nggak? Ini terjadi juga lho di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 kemarin.

Baca juga :  Gerindra and the Chocolate Factory
Geng Tujuh G7 Kumpul Sendiri
- Advertisement -

Pas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sibuk-sibuknya ngurusin tamu-tamunya KTT G20, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengadakan rapat darurat dengan negara-negara anggota G7 seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan Jepang. Katanya nih, ini sampai membuat Pak Jokowi dan delegasi-delegasi negara lain menunggu.

Nggak sekali ini aja, AS dan negara-negara sekutunya pun juga bikin semacam circle sendiri di pertemuan Menteri Perdagangan (Mendag) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada Mei 2022 kemarin. Kala itu, AS, Jepang, dan Australia malah walk-out dari rangkaian pertemuan itu.

Hmm, kenapa ya AS dan kawan-kawannya ini suka bikin circle sendiri? Mungkin nih, kalau dibandingkan dengan anak sekolah atau kuliah yang suka bikin acara atau kegiatan, mereka ini semacam forum dalam forum yang merasa berkuasa untuk mengatur sendiri nih.

Ini jelas terlihat dari bagaimana negara-negara G7 memiliki pengaruh yang luas dalam mengatur jalannya rezim-rezim internasional. Mengacu pada tulisan PinterPolitik.com yang berjudul Jokowi-Putin Bangun Poros Baru?, dijelaskan bahwa G7 merupakan organisasi internasional yang memiliki pengaruh luas dalam menentukan agenda-agenda global.

Hmm, gimana nih, Pak Biden? Masa suka bikin circle sendiri? Katanya mau bersaing pengaruh nih sama rivalnya, yakni Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Hmm, kalau terkesan ekslusif ala geng anak populer gitu, apa nggak malah makin dijauhin, Pak Biden? Hehe. (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Prabowo dan Kucing-kucing Politik

Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyapa followers-nya dengan foto kucing di Twitter. Inikah kucing-kucing politik ala Prabowo Subianto?

Siapa Cocok Jadi Cawapres Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut eksistensi calon pengantin adalah syarat pertama nikah. Bagaimana dengan cawapres buat Ganjar?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

Di Balik ‘Panggil-panggil’ ala Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) panggil banyak figur, mulai dari menteri, pimpinan partai, pimpinan ormas, hingga akademisi. Ada apa di balik ini?

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

AHY Bukan Jodoh Anies di 2024?

Partai Demokrat telah umumkan dukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 tetapi serahkan cawapres ke Anies. Apakah AHY bukan jodoh Anies?

More Stories

Janji Anies untuk Prabowo Palsu?

Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Anies Baswedan punya sebuah perjanjian dengan Prabowo Subianto. Apakah janji itu hanya janji palsu?

Ganjar Perlu Kalkulasi Lagi di 2024?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Rawon Kalkulator di Surabaya. Apa Ganjar perlu belajar 'kalkulasi' 2024 ke mereka?

Di Balik ‘Panggil-panggil’ ala Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) panggil banyak figur, mulai dari menteri, pimpinan partai, pimpinan ormas, hingga akademisi. Ada apa di balik ini?