HomeCelotehBerani Luhut Debat Mardigu?

Berani Luhut Debat Mardigu?

“Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana”. – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pasca bertemu Dosen Senior FE UI, Djamester Simarmata


PinterPolitik.com

Tantangan berdebat yang diajukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi alias Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memang menjadi salah satu topik yang mengundang perhatian masyarakat beberapa waktu terakhir.

Topiknya adalah terkait kebijakan melakukan pinjaman atau utang untuk penanganan Covid-19 yang emang lagi ramai dipergunjingkan.

Berbagai pihak kemudian mulai mengajukan diri atau menebak-nebak – bahkan mendorong – tokoh tertentu untuk menerima tantangan bertemu dari Luhut. Dosen Senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Djamester Simarmata adalah salah satu yang paling awal menyanggupi tantangan tersebut.

Luhut diberitakan telah bertemu dengan sang dosen secara tertutup dan telah berdiskusi terkait kebijakan utang tersebut. Duh pak, kenapa nggak dibuka ke publik ya diskusinya? Kan asik tuh kalau ditonton oleh masyarakat secara beramai-ramai.

Maklum loh pak, sekarang sepak bola Indonesia masih libur, sehingga masyarakat nggak punya tontonan menarik. Lumayan loh menyaksikan perdebatan antara menteri dan dosen ekonomi. Hehehe.

Sosok lain yang sempat didorong-dorong untuk berdebat dengan Luhut adalah Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli. Namun, Pak Rizal yang udah didorong-dorong oleh banyak pihak, ternyata nggak menyanggupi hal tersebut.

- Advertisement -

Hmm, masih merasa berutang budi ya pak? Soalnya ada beberapa tulisan dari lembaga di Singapura yang bilang bahwa Pak Luhut-lah yang dulu ngasih endorsement agar Pak Jokowi nunjuk Pak Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman. Wih, nggak kurang-kurang jasanya ya.

Baca juga :  Anies Suka Netflix & Instill?

Nah, belakangan, yang ramai didorong berdebat dengan Pak Luhut adalah Mardigu Wowiek. Buat yang belum tahu, doi adalah pengusaha yang beberapa waktu terakhir mencuri perhatian publik ketika bilang dengan yakin bahwa Covid-19 adalah konspirasi elite global.

Doi juga punya kanal YouTube yang emang sering mengkritik kebijakan pemerintah. Nah, makanya, banyak pihak yang merasa layak nih Pak Mardigu diadu debat sama Pak Luhut. Kalau level promotor tinju, ini mah kayak tarung antara Floyd Mayweather Jr. vs Many Pacquiao. Atau kayak Real Madrid vs Barcelona di sepak bola.

Bakal seru dan jadi hit nomor satu di Indonesia kalau debat itu terjadi, apalagi jika terbuka dan disaksikan oleh masyarakat.

Persoalannya Pak Luhut berani nggak nih? Hmm, kalau Pak Luhut sih kayaknya berani-berani aja. Tapi, ada tapinya. Pasti bakal diadakan tertutup. Uppps.

Ayolah pak, diadakan terbuka aja. Biar meluruskan pandangan yang sering salah juga kan soal utang. Soalnya, sebagai tools dalam ekonomi, utang nggak selalu salah loh. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

- Advertisement -

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Ronaldo-Messi Belajar ke Jokowi-Prabowo?

Dua pemain sepak bola rival, Ronaldo dan Messi, berpelukan di pertandingan PSG vs Riyadh All Stars. Apakah mereka tiru Jokowi dan Prabowo?

Ganjar Pranowo Curhat Lagi Stres?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut bahwa kepala daerah dibayar rakyat untuk stres. Apakah Ganjar curhat bahwa dirinya stres?

Imperialisme ala The Last of Us?

Jakarta, Indonesia, ditampilkan serba 'kuning' di serial The Last of Us. Apakah ini semacam "imperialisme budaya" ala Hollywood?

Giring Ingin Balik Nyanyi Lagi?

Video Ketum PSI Giring Ganesha nyanyikan lagu Nidji tersebar di media sosial. Apakah Giring ingin balik nyanyi lagi dan lupakan politik?

Prabowo dan Kucing-kucing Politik

Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyapa followers-nya dengan foto kucing di Twitter. Inikah kucing-kucing politik ala Prabowo Subianto?

Siapa Cocok Jadi Cawapres Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebut eksistensi calon pengantin adalah syarat pertama nikah. Bagaimana dengan cawapres buat Ganjar?

Kaesang, Milenial-Gen Z Tipikal?

Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dikabarkan tertarik untuk masuk politik. Apakah Kaesang ini Milenial-Gen Z tipikal?

More Stories

Mengapa BBM Bisa Bahayakan Jokowi?

Pemerintah telah menaikkan harga BBM. Pertalite naik hingga 30 persen, dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kebijakan ini kemudian...

Kasus Sambo Untungkan Jokowi?

Bergulirnya kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo memang menarik perhatian masyarakat luas. Isu ini bahkan mengalahkan narasi krisis ekonomi yang kini...

Ini Alasan 2024 Harus Kandidat Militer

Peningkatan kapasitas militer Tiongkok dan manuver yang dilakukan oleh negara tersebut atas Taiwan diprediksi akan memanaskan situasi politik di Asia Timur. Banyak ahli geopolitik...