HomeCelotehAnies Baswedan, "Keturunan" Peaky Blinders?

Anies Baswedan, “Keturunan” Peaky Blinders?

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah sebuah foto dirinya dan keluarganya yang tengah berjalan di Kota London, Britania (Inggris) Raya. Apakah Anies semacam anggota atau keturunan geng Peaky Blinders?


PinterPolitik.com

“Sudah nonton deleted scenes serial Peaky Blinders yang ini?” – @aniesbaswedan

Jalanan kota memang menjadi milik masyarakat bersama. Namun, hal ideal ini kerap tidak terwujud ketika kekuasaan (power) terbagi dan tidak hanya menjadi milik satu pihak.

Nah, inilah yang mungkin harus dihadapi oleh Thomas Shelby dan geng yang dipimpinnya, Peaky Blinders. Bagi kalian yang udah menonton serial dengan judul Peaky Blinders (2013-2022), pasti tahu gimana Thomas harus menghadapi banyak musuh untuk menjaga kepentingan gengnya.

Untuk melakukan tujuan demikian, Thomas pun harus menyusun berbagai strategi dan mengambil taktik-taktik yang diperlukan. Pasalnya, di Birmingham, Britania (Inggris) Raya, Peaky Blinders pun mulanya menghadapi banyak musuh – termasuk dari pemerintah Inggris sendiri, yakni Winston Churchill yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada tahun 1910-an.

Hmm, mungkin, inilah kenapa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa ngerasa relate dengan Thomas. Gimana nggak? Pak Anies beberapa waktu lalu mengunggah fotonya ketika berjalan di London, Inggris, sembari menampilkan diri layaknya Thomas Shelby di serial Peaky Blinders.

Koalisi Anies Baswedan Pasti Bubar

Bisa jadi, Pak Anies ini mendapatkan inspirasi dari cara Shelby menghadapi lawan-lawannya, yakni menerapkan taktis yang cerdas. Inilah yang harus dipersiapkan oleh Pak Anies dalam menghadapi partai-partai politik (parpol) lainnya dalam menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mungkin, permainan taktis ala Anies ini bisa dijelaskan menggunakan konsep zero-sum game – yakni ketika keuntungan satu pihak menjadi kerugian bagi pihak lawan. Inilah kenapa Anies harus menggunakan strategi yang tepat bila ingin koalisinya – Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS – untuk tetap bersatu sehingga keunggulan matematisnya tetap terjaga.

Baca juga :  Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Lantas, mungkinkah Anies Shelby ini mampu menjaga keutuhan gengnya – atau disebut sebagai Koalisi Perubahan? Pasalnya nih, tampaknya, pemilihan bakal calon wakil presiden (cawapres) di antara parpol-parpol tersebut masih berjalan alot.

Hmm, kalau misalnya Thomas punya satu orang yang sangat ia percayai – yakni Arthur Shelby, Pak Anies punya siapa ya? Apakah itu Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh yang disebut-sebut jadi “kakaknya” Anies? (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Menguak Siasat Yusril Tinggalkan PBB

Sebuah langkah mengejutkan terjadi. Yusril Ihza Mahendra memutuskan untuk melepaskan jabatan Ketum PBB. Ada siasat apa?

Mengapa Xi-Putin Terjebak “Situationship”?

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin tampak begitu "mesra" dan bersama-sama deklarasi "lawan" AS.

Megawati dan Misteri Patung Butet

Butet Kertaredjasa membuat patung “Melik Nggendong Lali” dan tarik perhatian Megawati. Mengapa patung itu berkaitan dengan PDIP dan Jokowi?