BerandaCelotehAhok Menteri Yang Dinanti?

Ahok Menteri Yang Dinanti?

“Jangan sampai (Ahok) justru menteri menjadi beban presiden”. – Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center


PinterPolitik.com

Nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu udah berasa kayak bintang film besar. Ibaratnya Robert De Niro atau Leonardo DiCaprio atau yang lainnya. Nama-nama mereka selalu menarik perhatian pemberitaan.

Sama kayak namanya Pak Ahok. Doi ngapain aja selalu jadi berita. Ahok bersin pun kayaknya wartawan bakal nulis berita tentang itu. Hehehe.

Emang nggak dipungkiri sih, kiprahnya saat memimpin Jakarta dan ditambah segala kontroversi yang dibuatnya bikin Ahok jadi media darling dan selalu muncul di hampir setiap fenomena politik, termasuk soal reshuffle kabinet.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi emang tengah dikabarkan siap melakukan reshuffle kabinet. Hal ini mencuat setelah DPR menyetujui penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). DPR juga menyetujui pembentukan kementerian baru lain, yaitu Kementerian Investasi.

Baca Juga: Banjir Jakarta, Antara Anies dan Soeharto

Nah, terkait hal ini, sudah sejak lama Presiden Jokowi memang berkeinginan untuk membentuk kementerian yang fokus mengurusi investasi. Setelah dapat lampu hijau dari DPR, para pengusaha juga sudah menyambut positif pembentukan kementerian Investasi itu.

Apalagi, kementerian ini punya kaitan langsung dengan UU Cipta Kerja yang sebelumnya sudah disahkan. Dalam beleid Cipta Kerja, seluruh urusan perizinan berusaha memang berada satu pintu di Badan Koordinasi Penanaman Modal alias BKPM. Namun ke depan, BKPM dianggap tidak cukup kuat mengatasi semua persoalan itu, sehingga diperlukan perubahan.

Makanya muncul spekulasi terkait siapa yang akan menjadi pemimpin di kementerian yang satu ini. Salah satu nama yang muncul adalah the one and only, Pak Ahok.

Baca juga :  Intervensi Pemilu, Mahfud Pesimis Jokowi?

Nama ini muncul dari Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab yang di beberapa media mengatakan sosok Ahok cocok jadi Menteri Investasi. Iya sih, kalau menterinya bisa punya integritas kayak Ahok, udah pasti bakal aman deh investasi dan keuangan negara.

Namun, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut tidak mungkin Jokowi memilih Ahok jadi menteri. Soalanya ada potensi melanggar UU. Ini terkait larangan pejabat negara di level menteri untuk diduduki oleh orang yang punya track record kasus hukum dengan tuntutan minimal 5 tahun penjara.

Pak Ahok memang hanya dihukum 2 tahun penjara terkait kasus penodaan agama. Namun, tuntutan yang kala itu dihadapkan padanya adalah 5 tahun penjara.

Wih, bakal menarik nih, apakah Pak Jokowi berani beneran untuk menunjuk Pak Ahok jadi Menteri Investasi? Sabi nih untuk kita tunggu. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

Coldplay ke Indonesia karena Jokowi?

Band ternama asal Inggris, Coldplay, dikabarkan akan konser di Jakarta, Indonesia. Mungkinkah Coldplay akan sampaikan pesan untuk Jokowi?

Sandiaga Akan Kembali ke Prabowo?

Sandiaga Uno telah pamit dari Partai Gerindra. Mungkinkah Sandiaga bertemu Prabowo Subianto kembali di masa depan?

Puan: The New ‘Taufiq Kiemas’?

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketum Nasdem Surya Paloh yang disebutnya sebagai "om". Apakah Puan the new 'Taufiq Kiemas'?

Sila Pertama Pancasila, Riwayatmu Kini

“Masyarakat keadilan sosial bukan saja meminta distribusi yang adil, tetapi juga adanya produksi yang secukupnya.” ~ Bung Karno PinterPolitik.com Weleh-weleh. Sila-sila Pancasila semakin hari semakin jauh...

Ahok Betah Di Penjara?

“Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.” ~ Ali bin...

Pemprov DKI Sakiti Odong-Odong?

“Aku naik odong odong aku naik odong odong aku senang ibupun turut gembira” – Adel, Naik Odong-Odong  PinterPolitik.com Pemprov DKI itu tiada hari tanpa mempercantik Jakarta. Saat ini,...

Prabowo Suka Rakyat Naik Kuda

“Itu kuda lumping, kuda lumping, kuda lumping kesurupan.” ~ Elvi Sukaesih, ‘Kuda Lumping’ PintarPolitik.com Lagu panggung sandiwara ciptaan Ahmad Albar memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia...

Prabowo Sosok ‘Putin’ Indonesia?

“Kalau ingin bangkit dan jaya, RI butuh pemimpin seperti Vladimir Putin: berani, visioner, cerdas, berwibawa, nggak banyak ngutang, dan nggak planga-plongo.” ~ Wakil Ketua...

More Stories

Pengorbanan Iriana Pasang Badan Untuk Jokowi-Gibran?

Nama Ibu Negara Iriana Jokowi memang jadi salah satu yang paling banyak yang dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir, utamanya di seputaran Pilpres 2024. Pasalnya,...

Apa Itu Contract Farming Yang Dipakai Anies Lawan Jokowi-Prabowo?

Anies mengusung gagasan menarik terkati persoalan pangan. Ia menyebutnya sebagai contract farming. Program ini disebutnya akan menggantikan food estate yang menjadi program andalan Presiden...

Gemoy Effect Prabowo Seperti Bongbong Marcos di Filipina?

Kata “gemoy” menjadi istilah yang tengah naik daun dalam beberapa waktu terakhir, utamanya dikaitkan dengan kampanye Prabowo Subianto. Demam gemoy membuat citra Prabowo menjadi...