HomeTerkiniGEMPA 6,6 SKALA RICHTER GUNCANG SUMBA BARAT DAYA

GEMPA 6,6 SKALA RICHTER GUNCANG SUMBA BARAT DAYA

Gempa juga dirasakan di dua tempat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni di Mataram II SIG-BMKG (III MMI) dan BimaII SIG-BMKG(III-IV MMI).


pinterpolitik.comJumat, 30 Desember 2016

TAMBOLAKA – Guncangan gempa Bumi dengan kekuatan magnitudo 6,6 Skala Richter di Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT Jumat (30/12/3016) pagi pukul 05.30 WIB dirasakan juga hingga Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Hasanudin mengatakan, selain di dua provinsi tetangga itu, gempa juga dirasakan di tiga kabupaten di NTT.

Gempa bumi dirasakan di tiga tempat di Provinsi Bali yakni di Kuta II SIG-BMKG III Modified Mercalli Intensity (MMI) Gianyar II SIG-BMKG (III MMI) dan Denpasar II SIG BMKG(II-III MMI).

“Gempa juga dirasakan di dua tempat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni di Mataram II SIG-BMKG (III MMI) dan BimaII SIG-BMKG(III-IV MMI),” ucapnya.

Sementara guncangan gempa bumi di NTT dirasakan di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur II SIG-BMKG(III-IV MMI),Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya II-SIG BMKG (V MMI), Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat II SIG-BMKG(III MMI), Ruteng Kabupaten Manggarai II-SIG BMKG(III MMI) dan Ende II SIG-BMKG(II-III MMI).

“Hingga saat ini kita masih menunggu informasi terkait kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa itu,” katanya.

Intensitas dan lama gempa dirasakan berbeda-beda di beberapa tempat:

  • Gempa ini dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya selama ± 5 detik, masyarakat sempat panik, namun belum ada laporan dampak.
  • Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat selama± 5 detik, belum ada laporan dampak.
  • Gempa dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama ± 3 detik.
  • Gempa dirasakan sedang di Kota Mataram selama ±5 detik.
  • Gempa dirasakan di Kab. Dompu selama 5 detik, masyarakat sempat panik.
  • Gempa juga dirasakan sedang di sebagian besar wilayah Bali selama sekitar 5 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Info mutakhir akan disampaikan segera jika ada laporan dari lapangan. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Respon terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman. (kmpscom/S13)

spot_imgspot_img

#Trending Article

Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Narasi revisi Undang-Undang Kementerian Negara jadi salah satu yang dibahas beberapa waktu terakhir.

Rekonsiliasi Terjadi Hanya Bila Megawati Diganti? 

Wacana rekonsiliasi Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) mulai melempem. Akankah rekonsiliasi terjadi di era Megawati? 

Mengapa TikTok Penting untuk Palestina?

Dari platform media sosial (medsos) yang hanya dikenal sebagai wadah video joget, kini TikTok punya peran krusial terkait konflik Palestina-Israel.

Alasan Sebenarnya Amerika Sulit Ditaklukkan

Sudah hampir seratus tahun Amerika Serikat (AS) menjadi negara terkuat di dunia. Mengapa sangat sulit bagi negara-negara lain untuk saingi AS? 

Rahasia Besar Presidential Club Prabowo?

Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto disebut menggagas wadah komunikasi presiden terdahulu dengan tajuk “Presidential Club”. Kendati menuai kontra karena dianggap elitis dan hanya gimik semata, wadah itu disebut sebagai aktualisasi simbol persatuan dan keberlanjutan. Saat ditelaah, kiranya memang terdapat skenario tertentu yang eksis di balik kemunculan wacana tersebut.

Apa Siasat Luhut di Kewarganegaran Ganda?

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan agar kewarganegaraan ganda untuk diaspora Indonesia diperbolehkan. Apa rugi dan untungnya?

Budi Gunawan Menuju Menteri Prabowo?

Dengarkan artikel ini: Nama Kepala BIN Budi Gunawan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon menteri yang “dititipkan” Presiden Jokowi kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal...

Bukan Teruskan Jokowi, Prabowo Perlu Beda?

Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto selalu sebut akan lanjutkan program-program Presiden Jokowi, Namun, haruskah demikian? Perlukah beda?

More Stories

Jebakan di Balik Upaya Prabowo Tambah Kursi Menteri Jadi 40

Narasi revisi Undang-Undang Kementerian Negara jadi salah satu yang dibahas beberapa waktu terakhir.

Budi Gunawan Menuju Menteri Prabowo?

Dengarkan artikel ini: Nama Kepala BIN Budi Gunawan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon menteri yang “dititipkan” Presiden Jokowi kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal...

Mungkinkah Prabowo Tanpa Oposisi?

Peluang tak adanya oposisi dalam pemerintahan Prabowo-Gibran sangat terbuka.Ini karena beberapa partai yang awalnya menjadi lawan Prabowo-Gibran, kini sudah mulai terang-terangan menyatakan siap menjadi bagian dari pemerintahan.