Pinter EkbisTriliunan Modal Asing Keluar Dalam Sepekan

Triliunan Modal Asing Keluar Dalam Sepekan


PinterPolitik.com

Bank Indonesia (BI) mencatat pada 21-24 Agustus 2023 terdapat Rp4,51 triliun modal asing (nonresiden) yang keluar dari pasar keuangan domestik. Modal asing yang keluar didominasi oleh pasar Surat Berharga Negara (SBN), kemudian disusul pasar saham.

“Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah terkait mengoptimalkan strategi untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut,” Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI (26/8/2023).

Keluarnya modal asing dari pasar keuangan domestik adalah fenomena yang dapat memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.

Modal asing memiliki peran penting dalam membiayai proyek-proyek investasi, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan menjaga likuiditas pasar keuangan.

Salah satu dampak utama dari keluarnya modal asing adalah penurunan likuiditas dalam pasar keuangan domestik.

Ketika investor asing menarik dana mereka, likuiditas di pasar berkurang, yang dapat mempersulit perusahaan dalam mendapatkan pendanaan untuk proyek-proyek baru atau kegiatan operasional.

Ini juga dapat memengaruhi likuiditas bank dan menghambat ketersediaan pinjaman bagi konsumen dan bisnis.

Selain itu, keluarnya modal asing dapat memicu volatilitas di pasar keuangan domestik. Perubahan cepat dalam kepemilikan aset finansial oleh investor asing dapat menyebabkan fluktuasi harga yang tidak stabil.

Ini dapat memicu gejolak pasar dan mengurangi kepercayaan investor domestik, yang pada akhirnya dapat merugikan perekonomian secara keseluruhan.

Dampak lain yang mungkin terjadi adalah depresiasi nilai tukar mata uang domestik. Ketika investor asing menjual aset-aset dalam mata uang lokal, permintaan terhadap mata uang tersebut menurun, yang dapat menyebabkan penurunan nilai tukar.

Depresiasi nilai tukar dapat meningkatkan biaya impor dan berpotensi memicu inflasi.

Secara keseluruhan, keluarnya modal asing dari pasar keuangan domestik adalah fenomena yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dan pelaku ekonomi.

Strategi yang bijaksana dalam mengatasi dampak negatifnya dapat membantu menjaga stabilitas ekonomi dan mengurangi risiko yang mungkin timbul akibat fluktuasi modal asing. (S83)

Exclusive content

Latest article

Jokowi Salat di Masjid Jokowi

Misteri Post Power Jokowi

More article