Pinter EkbisKFC: Bukan Hanya Ayam?

KFC: Bukan Hanya Ayam?


PinterPolitik.com

Kentucky Fried Chicken, yang lebih dikenal dengan singkatan KFC, adalah salah satu rantai restoran cepat saji paling populer dan sukses di dunia. Tapi bagaimana awal mula restoran ayam goreng ini berkembang menjadi raksasa kuliner yang dikenal hampir di setiap sudut dunia? Kisahnya dimulai dari tekad dan semangat seorang pria bernama Harland Sanders.

Harland David Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Kehidupan Sanders tidaklah mudah. Ia kehilangan ayahnya di usia muda dan terpaksa memasuki dunia kerja sejak dini untuk membantu keluarganya. Sanders memiliki banyak pekerjaan sebelum akhirnya menemukan jalan hidupnya di dunia kuliner.

Pada tahun 1930-an, Sanders membuka sebuah stasiun bensin di Corbin, Kentucky. Di sana, ia mulai menyajikan makanan untuk para pelanggannya, termasuk ayam goreng. Dengan resep rahasia yang terdiri dari 11 rempah-rempah dan bumbu, ayam goreng Sanders menjadi viral. Tak lama kemudian, ia mengubah stasiun bensinnya menjadi restoran dan motel, yang kemudian dikenal sebagai Sanders Court & Café.

Namun, kesuksesan besar KFC dimulai pada tahun 1952 ketika Sanders memutuskan untuk menjual resep ayam gorengnya melalui sistem franchise. Meskipun usianya telah menginjak 62 tahun, semangat Sanders untuk membesarkan bisnisnya tidak pernah pudar.

Ia melakukan perjalanan ke berbagai kota, melakukan demo dengan memasak ayam gorengnya langsung di dapur restoran yang berpotensi untuk bekerja sama dengannya. Teknik pemasaran ini terbukti sukses.

Dengan model bisnis franchise, KFC tumbuh dengan cepat. Sampai tahun 1964, ketika Sanders menjual bisnisnya, sudah ada lebih dari 600 outlet KFC di Amerika Serikat dan Kanada. Meski begitu, Sanders tetap terlibat dalam perusahaan sebagai duta merek hingga kematiannya pada tahun 1980.

Baca juga :   Ahok Minta Jakarta, Dikasihnya Sumut?

Hari ini, KFC telah berkembang menjadi jaringan global dengan ribuan restoran di lebih dari 150 negara. Meskipun menu telah beradaptasi dengan selera lokal di berbagai negara, resep asli 11 rempah dan bumbu yang diciptakan oleh Sanders tetap menjadi jantung dari KFC.

Menurut data akhir 2022, di Indonesia, KFC mengoperasikan total 739 gerai, yang tersebar di 32 dari 38 propinsi, di lebih dari 150 kota-kota di seluruh Indonesia, dan mempekerjakan sekitar 15.492 karyawan dengan hasil penjualan lebih dari Rp3,317 triliun.

Kisah KFC adalah cerita tentang bagaimana tekad, inovasi, dan kualitas dapat mengangkat sebuah bisnis dari stasiun bensin kecil di Kentucky menjadi salah satu merek paling dikenal di dunia. Sebagai lambang kuliner Amerika, KFC terus menginspirasi generasi baru pengusaha untuk mengejar mimpi mereka dengan penuh semangat dan dedikasi. (A49)

Exclusive content

Latest article

More article

Kamala Harris, Pion dari Biden?

Andika Mampu Kalahkan Ahmad Luthfi?

BUMN dan Nestapa Erick Thohir?