HomeNalarAmbisi Gerindra Telikung PDIP 

Ambisi Gerindra Telikung PDIP 

Partai politik masih sibuk mencari kandidat yang akan mereka usung di Pemilihan Kepala Daerah di beberapa daerah, salah satunya Jawa Tengah. Kali ini, Gerindra dikabarkan akan menelikung kandidat PDI Perjuangan. Benarkah?


PinterPolitik.com

[dropcap size=big]M[/dropcap]endekati waktu pencalonan kandidat yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di beberapa wilayah pada 2018 mendatang, berbagai partai politik (parpol) mulai mempersiapkan calonnya masing-masing. Berbagai kajian dan analisa mulai dilakukan, salah satunya dengan mengukur kelebihan dan kekurangan cagub dari partai lawan.

Partai Gerindra kabarnya kini tengah menjajaki tiga nama untuk diusungnya, dua diantaranya merupakan kader internal dan seorang lainnya dari luar partai. “Ada dua kader yang diminta untuk bersiap,” ungkap seorang sumber di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (21/7). Salah satu yang diminta bersiap tersebut adalah Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wahid.

Seorang lagi adalah legislator Gerindra di DPR Rahayu Saraswati, anak Hashim Djojohadikusumo – adik Prabowo Subianto. Saat ini, elektabilitas dan popularitas Rahayu harus terus dipacu agar meroket, apalagi bila akan berhadapan dengan Gubernur Jawa Tengah saat ini, Ganjar Pranowo yang elektabilitasnya masih tinggi dan kemungkinan akan kembali di usung oleh PDI Perjuangan.

Untuk nama lainnya dari kader internal, menurut sumber tersebut, masih terus dipertimbangkan. “Sementara, di luar kader internal masih ada beberapa nama yang masih terus dipertimbangkan, termasuk Sudirman Said,” katanya. Untuk kader luar partai, lanjutnya, Gerindra akan melakukan kajian untuk mengukur kadar elektabilitas, popularitas, hingga akseptibilitas pada kandidat.

“Akan diputuskan oleh Pak Prabowo dalam waktu dekat dan tentunya dengan berdasarkan hasil kajian itu,” katanya. Selain itu, pencalonan juga akan mempertimbangkan hasil komunikasi politik dengan partai lain, sebab Gerindra harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calonnya dalam Pilgub Jateng. “Yang pasti, kami siap menelikung PDI Perjuangan di Jateng,” katanya.

Baca juga :  Desmond Gerindra Digeruduk Banteng

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengatakan kalau partainya tengah mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ganjar Pranowo. “Saat ini survei tengah dilakukan,” katanya di Karanganyar, Jumat (21/7). Ia berharap, hasil survei tersebut sudah dapat diketahuinya hasilnya pekan depan.

- Advertisement -

Selanjutnya, Gerindra juga akan mengukur kebutuhan masyarakat yang belum berhasil direalisasikan oleh gubernur saat ini. “Selanjutnya, kami juga harus melakukan survei mengenai sosok gubernur seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat,” katanya. Hasil survei itu akan dijadikan modal dalam mengerucutkan nama kandidat yang akan diusung Partai Gerindra dalam pemilihan gubernur tahun depan.

Untuk lebih memantapkan langkah, Gerindra juga tengah menjalin komunikasi secara intensif dengan partai lain. “Sudah ada beberapa partai yang sudah berkomunikasi,” katanya. Beberapa di antaranya adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Demokrat.

Ferry menegaskan, pengukuran elektabilitas Ganjar Pranowo menjadi hal paling mendasar dalam persiapan Gerindra menghadapi pemilihan gubernur di pilkada Jateng. “Dilakukan paling awal untuk merekam kondisi yang sesungguhnya,” pungkasnya.

(Suara Pembaruan)

#Trending Article

Cuan Nikel Jokowi Hanya “Ilusi”?

Indonesia yang kalah atas gugatan World Trade Organization (WTO) terkait kebijakan larangan ekspor nikel dan berencana untuk melakukan banding. Namun, di balik intrik perdagangan...

Optimisme Intelijen Berpihak Kepada Prabowo?

Pasca kelakar “rambut putih” Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan tampak membesarkan hati Prabowo Subianto dalam sebuah kesempatan di...

Kenapa Peradaban Barat “Kuasai” Dunia?

Orang Eropa dan Amerika Serikat (AS) sering dianggap lebih unggul karena negara mereka “menguasai” dunia saat ini. Apakah ini akibat persoalan ras atau ada hal lain yang tersembunyi di balik kesuksesan peradaban Barat?

Tidak Ada Kebenaran di Era Informasi?

Di era kemajuan internet, manipulasi kebenaran justru malah semakin marak. Bagaimana kita memaknai fenomena ini?

Timor Leste “Login”, ASEAN “Powerful”?

Timor Leste resmi menjadi anggota ke-11 Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) setelah sempat mendapat penolakan akibat tingginya kesenjangan dan dikhawatirkan tidak mampu mengejar...

Laksamana Yudo Patahkan Mitos?

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Menjabat hingga akhir...

Jokowi Kalah Perkasa dari Modi?

Dalam Deklarasi Bali yang dibuat oleh para pemimpin negara G20, peran Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi disebut-sebut jadi faktor krusial. Padahal, pertemuan itu dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Mengapa itu bisa terjadi?

Iran dan Mahsa Amini “Bangunkan” Feminis Indonesia?

Kematian Mahsa Amini bukan hanya memantik demonstrasi besar-besaran untuk mendorong reformasi hukum di negara Iran, melainkan juga mendorong solidaritas kaum feminis di seluruh dunia....

More Stories

Informasi Bias, Pilpres Membosankan

Jelang kampanye, pernyataan-pernyataan yang dilontarkan oposisi cenderung kurang bervarisi. Benarkah oposisi kekurangan bahan serangan? PinterPolitik.com Jelang dimulainya masa kampanye Pemilihan Presiden 2019 yang akan dimulai tanggal...

Galang Avengers, Jokowi Lawan Thanos

Di pertemuan World Economic Forum, Jokowi mengibaratkan krisis global layaknya serangan Thanos di film Avengers: Infinity Wars. Mampukah ASEAN menjadi Avengers? PinterPolitik.com Pidato Presiden Joko Widodo...

Jokowi Rebut Millenial Influencer

Besarnya jumlah pemilih millenial di Pilpres 2019, diantisipasi Jokowi tak hanya melalui citra pemimpin muda, tapi juga pendekatan ke tokoh-tokoh muda berpengaruh. PinterPolitik.com Lawatan Presiden Joko...