Support Us

Available for Everyone, funded by readers

Contribute
E-Book
Home > Celoteh > Yenny Didukung Kalahkan Cak Imin?

Yenny Didukung Kalahkan Cak Imin?


S13 - Tuesday, April 27, 2021 20:00
Gus Dur dan Yenny Wahid (Foto: istimewa)

0 min read

"Namanya arus bawah itu mantan pengurus dan PKB (mendorong Yenny Wahid), terus kemudian kalau kita amati kan netizen yang dorong juga banyak, kiai sepuh juga ada yang mendorong Mbak Yenni". - Imron Rosyadi Hamid, Juru Bicara Yenny Wahid


PinterPolitik.com

Konflik antar anggota keluarga mungkin jadi salah satu warna yang paling sering muncul dalam kisah-kisah film dan yang sejenisnya. Well, Luke Skywalker dan ayahnya Anakin Skywalker alias Darth Vader di seri film Star Wars misalnya adalah salah satu contoh yang paling terkenal.

Contoh lain adalah yang terjadi di Thor, di mana Hela yang adalah saudari Thor justru berkonflik dengan ayah dan saudaranya sendiri.

Mungkin di situ sisi serunya kali ya kalau ada warna konflik keluarga kayak gini. Nah, konflik keluarga ini juga terjadi dalam politik loh.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Mulai Unjuk Gigi?

Ini misalnya yang terjadi pada keluarga Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terkait kepemimpinan di Partai Kebangkitan Bangsa alias PKB. Ceritanya, keponakan Gus Dur, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sukses “mengkudeta” pamannya itu dari posisi puncak di PKB pada tahun 2008 lalu.

Setelah Gus Dur meninggal, warisan konflik itu masih terasa dengan anak-anak Gus Dur, salah satunya dengan Zannuba Arrifah Chafsoh atau Yenny Wahid. Cak Imin emang sukses membawa PKB di bawah kendali penuh dan menyingkirkan Yenny.

Namun, kini kisah menarik muncul lagi. Ini terkait munculnya isu pendongkelan PKB di bawah kepemimpinan Cak Imin. Bahkan, juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid, mengaku ada dorongan agar putri Presiden ke-4 RI itu menakhodai PKB.

Dorongan ini muncul seiring merebaknya isu Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB akibat ketidakpuasan yang diutarakan oleh banyak pengurus partai di daerah. Mereka menuduh DPP PKB cenderung menyalahgunakan wewenang untuk memilih kandidat kepemimpinan di daerah.

Makanya, nggak heran jika narasi bahwa Cak Imin dinilai telah menghilangkan marwah PKB juga berkembang di mana-mana. Bahkan, Imron mengaku mendapatkan dukungan dari kiai-kiai di daerah.

Wih, bakal ngeri-ngeri sedap nih kalau misalnya pada akhirnya Mbak Yenny berhasil mengambil alih kembali PKB. Mungkin nanti Mbak Yenny dan Cak Imin bakal ngobrol, dan kemudian terlontar kata-kata dari dialog terkenal Michael Corleone dan kakaknya Fredo Corleone di film Godfather II: “You are my brother, and I love you. But never take side against the family, never”.

Menarik untuk ditunggu kelanjutannya. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Berita Terkait