HomeCelotehMas Nadiem Kuat Bekingan?

Mas Nadiem Kuat Bekingan?

“Setidaknya ada 3 peristiwa beruntun dalam waktu berdekatan terkait Kemendikbud yang justru menambah atau menciptakan beban politik bagi Presiden Jokowi di mata segmen umat Islam tertentu”. – Waketum PPP Arsul Sani


PinterPolitik.com

Akhirnya Nadiem Makarim bisa bernafas sedikit lega. Pasalnya, reshuffle kabinet yang digadang-gadang akan terjadi, tidak menjerat dirinya. Malah, doi naik pangkat dari Mendikbud menjadi Mendikbudristek, seiring penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek.

Posisi dilematis Nadiem ini beralasan, soalnya beberapa waktu jelang reshuffle, setidaknya ada badai isu yang menimpa doi.

Beberapa partai sempat pula memberikan sorotan dan menyebut Nadiem perlu dievaluasi. Sorotan terhadap Nadiem itu salah satunya datang dari PPP yang menyinggung soal 3 kontroversi yang terjadi pada Nadiem dalam waktu yang berdekatan.

Baca Juga: Covid-19 Berkah Bagi Kelompok Super Kaya Indonesia?

Kontroversi yang dimaksud adalah tak adanya frasa agama dalam draft peta jalan pendidikan nasional (PJPN), lalu hilangnya Pancasila dalam standar nasional pendidikan, serta tidak adanya kisah tokoh KH Hasyim Asyari dalam kamus sejarah.

Ditambah lagi hilangnya nama Gus Dur juga dalam kamus sejarah. Hal-hal inilah yang membuat PPP merasa Nadiem perlu dievaluasi.

Namun, di tengah terpaan badai isu reshuffle itu, PDIP justru membela Nadiem. Partai banteng itu menilai Nadiem gesit dalam kebijakan pendidikan. Adanya kritik ke Nadiem Makarim justru membuat partai itu bingung.

Nah, karena makin santer isunya, Nadiem pun bermanuver. Doi menemui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan meminta maaf langsung ke Nahdlatul Ulama (NU) dengan menemui Ketum PBNU KH Aqil Siraj.

Nadiem juga diketahui bertemu dengan putri Gus Dur, Yenny Wahid.

Tak ada yang menyangka, pertemuan-pertemuan itu justru bisa dibilang menyelamatkan posisi Nadiem dari reshuffle. Wih, bekingannya lumayan juga nih kalau gitu. Uppps.

Baca juga :  Rahasia Besar Jatah Tambang NU-Muhammadiyah?

Secara keseluruhan, ini juga makin menunjukkan kedewasaan politiknya Nadiem. Makin kuat dan berasa kayak John Smith di film I am Number Four. Ia adalah salah satu sosok terpilih yang selamat dan kemudian menjadi jagoan dan tokoh kuat utama di film tersebut.

Menarik untuk ditunggu akan seperti apa posisi Nadiem di waktu-waktu yang selanjutnya. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Bahaya IKN Mengintai Prabowo?

Realisasi investasi di proyek IKN hanya menyentuh angka Rp47,5 triliun dari target Rp100 triliun yang ditetapkan pemerintah.

Jokowi Endgame: Mengapa Banyak Kontroversi di Akhir Jabatan?

Presiden Jokowi kini didera berbagai macam kontroversial. Mulai dari revisi UU TNI dan Polri, revisi UU Penyiaran, persoalan penurunan usia calon gubernur yang dilakukan oleh MA, hingga soal Tabungan Peruamahan Rakyat (Tapera) dan lain sebagainya.

The Thinker vs The Doer: Tarung Puan dan Prananda Calon Pengganti Megawati

PDIP memutuskan untuk menyiapkan posisi Ketua Harian jelang masa transisi kepengurusan baru pada Kongres 2025 mendatang.