HomeCelotehLuhut Lawan ‘Susi’ Baru?

Luhut Lawan ‘Susi’ Baru?

“Boy, do I smell beef? Mmmm, pheromones” – Lil Wayne, penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Banyak dari warganet pasti kenal dengan Susi Pudjiastuti? Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) tersebut bisa dibilang jadi salah satu mantan pejabat yang masih populer meski udah tidak menjabat.

Ya, gimana nggak? Banyak orang terkesima dengan aksi-aksinya. Soal kapal ikan asing yang berlayar di perairan Indonesia, misalnya, Bu Susi menjadi salah satu menteri yang paling tegas dengan aksi penenggelaman kapal.

Nggak tanggung-tanggung, Bu Susi kerap menggunakan hulu ledak lho buat menenggelamkan kapal-kapal ilegal tersebut. Tapi nih, setelah beliau nggak menjabat lagi, kebijakan itu sempat dihentikan lho di bawah kepemimpinan Edhy Prabowo di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dengan ditangkapnya Pak Edhy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, banyak lho yang berharap agar Bu Susi menjadi Men-KP lagi. Namun, pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya jatuh pada mantan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono.

Tapi, jangan bersedih dulu, kawan-kawan. Soalnya nih, menariknya, keputusan penenggelaman kapal sempat dilakukan lagi lho di Kepulauan Riau (Kepri). Kapal-kapal yang ditenggelamkan kabarnya sih berasal dari Vietnam.

Baca Juga: Jokowi Ingin ‘Tenggelamkan’ Susi?

Kala Susi Unblock Sandiaga
- Advertisement -

Wah, wah, menarik nih. Apa mungkin nih Pak Sakti ingin mengikuti jejaknya Bu Susi? Ya, lumayan, barang kali bisa jadi sepopuler Bu Susi, kan. Hehe.

Hmm, kalau iya mau meniru Bu Susi, sekalian lah larang juga tuh ekspor benih lobster. Lagipula, izin ekspor tersebut jadi kontroversi setelah Pak Edhy tertangkap oleh KPK. Upps.

Tapi nih, ya, kalau emang Pak Sakti mau mengikuti jejak Bu Susi, kayak-nya masih ada tantangan besar nih yang bakal dihadapin, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Kita tahu sendiri kan kalau Pak Luhut kerap berseberangan dengan Bu Susi.

Baca juga :  Jokowi Depak Airlangga Demi Luhut?

Soal penenggelaman kapal, misalnya, Pak Luhut dulu sempat mengkritisi lho. Selain itu, Pak Menko Marves juga kerap tidak sepakat perihal pelarangan izin ekspor benih lobster yang diberlakukan di era Bu Susi.

Wah, apa mungkin nih Pak Luhut bakal dapat ‘Susi’ baru ya setelah ini? Mari kita nantikan sajalah aksi-aksi berikutnya dari Pak Sakti yang juga sempat berjanji akan evaluasi kebijakan ekspor benih lobster. Hehe. (A43)

Baca Juga: Luhut Bertindak, Sinyal Genting Covid-19?

spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?