HomeCelotehLuhut Lawan ‘Susi’ Baru?

Luhut Lawan ‘Susi’ Baru?

“Boy, do I smell beef? Mmmm, pheromones” – Lil Wayne, penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Banyak dari warganet pasti kenal dengan Susi Pudjiastuti? Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) tersebut bisa dibilang jadi salah satu mantan pejabat yang masih populer meski udah tidak menjabat.

Ya, gimana nggak? Banyak orang terkesima dengan aksi-aksinya. Soal kapal ikan asing yang berlayar di perairan Indonesia, misalnya, Bu Susi menjadi salah satu menteri yang paling tegas dengan aksi penenggelaman kapal.

Nggak tanggung-tanggung, Bu Susi kerap menggunakan hulu ledak lho buat menenggelamkan kapal-kapal ilegal tersebut. Tapi nih, setelah beliau nggak menjabat lagi, kebijakan itu sempat dihentikan lho di bawah kepemimpinan Edhy Prabowo di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dengan ditangkapnya Pak Edhy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, banyak lho yang berharap agar Bu Susi menjadi Men-KP lagi. Namun, pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya jatuh pada mantan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono.

Tapi, jangan bersedih dulu, kawan-kawan. Soalnya nih, menariknya, keputusan penenggelaman kapal sempat dilakukan lagi lho di Kepulauan Riau (Kepri). Kapal-kapal yang ditenggelamkan kabarnya sih berasal dari Vietnam.

Baca Juga: Jokowi Ingin ‘Tenggelamkan’ Susi?

Kala Susi Unblock Sandiaga

Wah, wah, menarik nih. Apa mungkin nih Pak Sakti ingin mengikuti jejaknya Bu Susi? Ya, lumayan, barang kali bisa jadi sepopuler Bu Susi, kan. Hehe.

Hmm, kalau iya mau meniru Bu Susi, sekalian lah larang juga tuh ekspor benih lobster. Lagipula, izin ekspor tersebut jadi kontroversi setelah Pak Edhy tertangkap oleh KPK. Upps.

Tapi nih, ya, kalau emang Pak Sakti mau mengikuti jejak Bu Susi, kayak-nya masih ada tantangan besar nih yang bakal dihadapin, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Kita tahu sendiri kan kalau Pak Luhut kerap berseberangan dengan Bu Susi.

Baca juga :  Apa Siasat Luhut di Kewarganegaran Ganda?

Soal penenggelaman kapal, misalnya, Pak Luhut dulu sempat mengkritisi lho. Selain itu, Pak Menko Marves juga kerap tidak sepakat perihal pelarangan izin ekspor benih lobster yang diberlakukan di era Bu Susi.

Wah, apa mungkin nih Pak Luhut bakal dapat ‘Susi’ baru ya setelah ini? Mari kita nantikan sajalah aksi-aksi berikutnya dari Pak Sakti yang juga sempat berjanji akan evaluasi kebijakan ekspor benih lobster. Hehe. (A43)

Baca Juga: Luhut Bertindak, Sinyal Genting Covid-19?

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutna
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Menguak Siasat Yusril Tinggalkan PBB

Sebuah langkah mengejutkan terjadi. Yusril Ihza Mahendra memutuskan untuk melepaskan jabatan Ketum PBB. Ada siasat apa?

Mengapa Xi-Putin Terjebak “Situationship”?

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin tampak begitu "mesra" dan bersama-sama deklarasi "lawan" AS.

Megawati dan Misteri Patung Butet

Butet Kertaredjasa membuat patung “Melik Nggendong Lali” dan tarik perhatian Megawati. Mengapa patung itu berkaitan dengan PDIP dan Jokowi?