HomeCelotehLuhut Lawan ‘Susi’ Baru?

Luhut Lawan ‘Susi’ Baru?

“Boy, do I smell beef? Mmmm, pheromones” – Lil Wayne, penyanyi rap asal Amerika Serikat (AS)


PinterPolitik.com

Banyak dari warganet pasti kenal dengan Susi Pudjiastuti? Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Men-KP) tersebut bisa dibilang jadi salah satu mantan pejabat yang masih populer meski udah tidak menjabat.

Ya, gimana nggak? Banyak orang terkesima dengan aksi-aksinya. Soal kapal ikan asing yang berlayar di perairan Indonesia, misalnya, Bu Susi menjadi salah satu menteri yang paling tegas dengan aksi penenggelaman kapal.

Nggak tanggung-tanggung, Bu Susi kerap menggunakan hulu ledak lho buat menenggelamkan kapal-kapal ilegal tersebut. Tapi nih, setelah beliau nggak menjabat lagi, kebijakan itu sempat dihentikan lho di bawah kepemimpinan Edhy Prabowo di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dengan ditangkapnya Pak Edhy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, banyak lho yang berharap agar Bu Susi menjadi Men-KP lagi. Namun, pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya jatuh pada mantan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono.

Tapi, jangan bersedih dulu, kawan-kawan. Soalnya nih, menariknya, keputusan penenggelaman kapal sempat dilakukan lagi lho di Kepulauan Riau (Kepri). Kapal-kapal yang ditenggelamkan kabarnya sih berasal dari Vietnam.

Baca Juga: Jokowi Ingin ‘Tenggelamkan’ Susi?

Kala Susi Unblock Sandiaga
- Advertisement -

Wah, wah, menarik nih. Apa mungkin nih Pak Sakti ingin mengikuti jejaknya Bu Susi? Ya, lumayan, barang kali bisa jadi sepopuler Bu Susi, kan. Hehe.

Hmm, kalau iya mau meniru Bu Susi, sekalian lah larang juga tuh ekspor benih lobster. Lagipula, izin ekspor tersebut jadi kontroversi setelah Pak Edhy tertangkap oleh KPK. Upps.

Tapi nih, ya, kalau emang Pak Sakti mau mengikuti jejak Bu Susi, kayak-nya masih ada tantangan besar nih yang bakal dihadapin, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Kita tahu sendiri kan kalau Pak Luhut kerap berseberangan dengan Bu Susi.

Baca juga :  Elon Musk, Si Sahabat Tiongkok?

Soal penenggelaman kapal, misalnya, Pak Luhut dulu sempat mengkritisi lho. Selain itu, Pak Menko Marves juga kerap tidak sepakat perihal pelarangan izin ekspor benih lobster yang diberlakukan di era Bu Susi.

Wah, apa mungkin nih Pak Luhut bakal dapat ‘Susi’ baru ya setelah ini? Mari kita nantikan sajalah aksi-aksi berikutnya dari Pak Sakti yang juga sempat berjanji akan evaluasi kebijakan ekspor benih lobster. Hehe. (A43)

Baca Juga: Luhut Bertindak, Sinyal Genting Covid-19?

spot_img

#Trending Article

Berani Ganjar Tinggalkan PDIP?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tidak diundang dalam halal bihalal PDIP Jateng. Apakah PDIP sudah tidak memperhitungkan Ganjar? Apakah Ganjar harus meninggalkan PDIP? PinterPolitik.com Bagi...

Jokowi Sudah Selesai?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mulai mengemas barang-barangnya di Istana untuk dikirim ke Solo, Jawa Tengah. Apakah ini pesan kekuasaan RI-1 sudah selesai secara...

Partai Mana yang Diinginkan Gatot?

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menolak ajakan Din Syamsuddin untuk bergabung dalam Partai Pelita. Mungkinkah yang diinginkan Gatot adalah partai besar? PinterPolitik.com Kalau membahas eks Panglima...

Jaksa Agung, Terobosan atau Cari Perhatian?

Jaksa Agung ST Burhanuddin akan menerbitkan surat edaran (SE) untuk melarang terdakwa di persidangan tiba-tiba mendadak religius dengan menggunakan atribut keagamaan. Apakah ini sebuah...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Cak Imin Belah Dua NU?

Dalam akun Instagram @cakiminnow, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sempat mengunggah kaos bertuliskan “Warga NU Kultural Wajib ber-PKB, Struktural, Sakarepmu!”. Apakah...

Gibran Pilih Ganjar atau Jokowi?

Presiden Jokowi sudah memperbolehkan tidak menggunakan masker di area terbuka. Menariknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka justru meminta tidak terburu-buru dan masih menunggu...

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

More Stories

Jika Andika Hadapi Invasi IKN

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto sebut IKN Nusantara rentan bila kena invasi. Sementara, Panglima TNI Andika sebut alutsista masih kurang.

Puan Ingin Dekat dengan Ganjar?

Ketua DPR Puan Maharani di Instagram-nya sebut Jawa Tengah adalah rumahnya. Apa rumah Puan sekarang dekat dengan rumah Ganjar Pranowo?

Cak Imin Kerdilkan Gus Yahya?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) unggah kaos "NU Struktural vs NU Kultural". Apakah ini strategi kerdilkan Ketum PBNU Gus Yahya?