HomeCelotehJokowi Mau Nyapres Lagi?

Jokowi Mau Nyapres Lagi?

“Qodari benar. Imajinasi masyarakat Indonesia tentang kepemimpinan nasional tetap Jokowi dan Prabowo. Menyatukan keduanya di 2024 akan membuat Indonesia aman, damai dan sejahtera, Insyaallah. Hidup Jokowi-Prabowo 2024. Yes, yes, yes. Salam 3 periode”. – M. Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer


PinterPolitik.com

Wacana Jokowi 3 periode emang nggak ada matinya ya. Padahal jelas-jelas dalam aturan perundang-undangan, jika sudah menjabat 2 kali, maka seseorang tidak bisa lagi mencalonkan diri. Tapi ya wacana ini tetap saja bergulir.

Apalagi, survei calon presiden yang diselenggarakan Litbang Kompas pada April 2021 menunjukkan bursa pencapresan masih diisi oleh nama-nama lama. Survei itu menunjukkan, ada 11 nama yang diutarakan responden saat ditanyakan soal tokoh yang paling layak menjadi presiden jika pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Menariknya, berdasarkan hasil survei itu, 24 persen responden masih memilih Presiden Jokowi saat ditanya siapa capres yang akan dipilih jika pilpres digelar pada saat ini. Iyess, milih Pak Jokowi cuy. Dan doi jadi yang paling tinggi perolehan suaranya.

Baca Juga: Siasat Cak Imin Capres 2024?

Padahal, Pak Jokowi secara aturan emang udah nggak bisa maju lagi loh di Pilpres mendatang. Doi udah dua periode berkuasa dan itu adalah batasannya.

Makanya, yang patut dipertanyakan nih lembaga surveinya. Kenapa orang yang jelas-jelas nggak bisa lagi dicalonkan, justru namanya masih ditanyakan pada responden? Sekalian aja nanya masyarakat mau milih Pak SBY lagi atau nggak. Uppps.

- Advertisement -

Bukannya gimana-gimana ya, dengan menempatkan nama Jokowi dalam list, kan kasihan nama Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi tergeser ke urutan dua dengan elektabilitas 16,4 persen. Uppps.

Adapun daftar lengkap hasil survei itu selanjutnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 10 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 7,3 persen, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama 3,1 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat 3,3 persen.

Baca juga :  Partai Politik dan Mahasiswa Abadi

Lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,4 persen. Sisanya ada di bawah 3 persen untuk tokoh-tokoh yang lain.

Hmm, apapun itu, yang jelas dengan survei yang kayak gini bikin Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari jadi bahagia. Soalnya doi yang ikut menggembar-gemborkan wacana Jokowi 3 periode. Hadeh.

Berasa kayak Odin yang tak ingin turun tahta atau tak yakin pada penerusnya. Uppps. Ini di kisah Thor loh ya, bukan soal Pak Jokowi. Hehehe. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Jaksa Agung, Terobosan atau Cari Perhatian?

Jaksa Agung ST Burhanuddin akan menerbitkan surat edaran (SE) untuk melarang terdakwa di persidangan tiba-tiba mendadak religius dengan menggunakan atribut keagamaan. Apakah ini sebuah...

Jika Andika Hadapi Invasi IKN

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto sebut IKN Nusantara rentan bila kena invasi. Sementara, Panglima TNI Andika sebut alutsista masih kurang.

Erdoğan, Anak ‘Nakal’ di NATO?

Meski Amerika Serikat (AS) dukung bergabungnya Finlandia & Swedia ke NATO, Erdoğan di Turki bersikeras menolak. Apa Turki anak 'nakal' NATO?

Gibran Pilih Ganjar atau Jokowi?

Presiden Jokowi sudah memperbolehkan tidak menggunakan masker di area terbuka. Menariknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka justru meminta tidak terburu-buru dan masih menunggu...

Puan Maharani Melawan Takdir?

Ketua DPR RI Puan Maharani sebut karier politiknya bisa seperti sekarang bukan karena semata cucu Soekarno. Apa Puan melawan takdir?

Cak Imin Belah Dua NU?

Dalam akun Instagram @cakiminnow, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sempat mengunggah kaos bertuliskan “Warga NU Kultural Wajib ber-PKB, Struktural, Sakarepmu!”. Apakah...

Ada Apa dengan Puan dan Mikrofon?

Ketua DPR RI Puan Maharani dikabarkan kembali matikan mikrofon ketika terjadi interupsi. Kali ini, giliran politikus PKS bernama Amin AK.

More Stories

Ini Alasan Anies Kalahkan Prabowo

Sekitar 23 ribu jemaat menghadiri Sholat Idul Fitri di Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) sepekan yang lalu. Sebagai stadion yang dibangun di era kekuasaan...

Jokowi, Luhut dan Political Amnesia

Kunjungan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ke pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla mencuri perhatian banyak pihak. Selain karena pertemuannya dengan orang terkaya di dunia...

Jokowi dan The Blood Oil of Russia

Di tengah perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, isu energi menjadi salah satu konsen utama. Ini karena Rusia jadi produsen minyak terbesar ketiga...