HomeCelotehJokowi Mau Nyapres Lagi?

Jokowi Mau Nyapres Lagi?

“Qodari benar. Imajinasi masyarakat Indonesia tentang kepemimpinan nasional tetap Jokowi dan Prabowo. Menyatukan keduanya di 2024 akan membuat Indonesia aman, damai dan sejahtera, Insyaallah. Hidup Jokowi-Prabowo 2024. Yes, yes, yes. Salam 3 periode”. – M. Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer


PinterPolitik.com

Wacana Jokowi 3 periode emang nggak ada matinya ya. Padahal jelas-jelas dalam aturan perundang-undangan, jika sudah menjabat 2 kali, maka seseorang tidak bisa lagi mencalonkan diri. Tapi ya wacana ini tetap saja bergulir.

Apalagi, survei calon presiden yang diselenggarakan Litbang Kompas pada April 2021 menunjukkan bursa pencapresan masih diisi oleh nama-nama lama. Survei itu menunjukkan, ada 11 nama yang diutarakan responden saat ditanyakan soal tokoh yang paling layak menjadi presiden jika pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Menariknya, berdasarkan hasil survei itu, 24 persen responden masih memilih Presiden Jokowi saat ditanya siapa capres yang akan dipilih jika pilpres digelar pada saat ini. Iyess, milih Pak Jokowi cuy. Dan doi jadi yang paling tinggi perolehan suaranya.

Baca Juga: Siasat Cak Imin Capres 2024?

Padahal, Pak Jokowi secara aturan emang udah nggak bisa maju lagi loh di Pilpres mendatang. Doi udah dua periode berkuasa dan itu adalah batasannya.

Makanya, yang patut dipertanyakan nih lembaga surveinya. Kenapa orang yang jelas-jelas nggak bisa lagi dicalonkan, justru namanya masih ditanyakan pada responden? Sekalian aja nanya masyarakat mau milih Pak SBY lagi atau nggak. Uppps.

Bukannya gimana-gimana ya, dengan menempatkan nama Jokowi dalam list, kan kasihan nama Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi tergeser ke urutan dua dengan elektabilitas 16,4 persen. Uppps.

Adapun daftar lengkap hasil survei itu selanjutnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 10 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 7,3 persen, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama 3,1 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat 3,3 persen.

Baca juga :  Nalar Pemerintah dalam Melihat Relasi Alam dan Manusia Melalui Kebijakan Pemindahan Ibu Kota Negara

Lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,4 persen. Sisanya ada di bawah 3 persen untuk tokoh-tokoh yang lain.

Hmm, apapun itu, yang jelas dengan survei yang kayak gini bikin Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari jadi bahagia. Soalnya doi yang ikut menggembar-gemborkan wacana Jokowi 3 periode. Hadeh.

Berasa kayak Odin yang tak ingin turun tahta atau tak yakin pada penerusnya. Uppps. Ini di kisah Thor loh ya, bukan soal Pak Jokowi. Hehehe. (S13)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Bahaya IKN Mengintai Prabowo?

Realisasi investasi di proyek IKN hanya menyentuh angka Rp47,5 triliun dari target Rp100 triliun yang ditetapkan pemerintah.

Jokowi Endgame: Mengapa Banyak Kontroversi di Akhir Jabatan?

Presiden Jokowi kini didera berbagai macam kontroversial. Mulai dari revisi UU TNI dan Polri, revisi UU Penyiaran, persoalan penurunan usia calon gubernur yang dilakukan oleh MA, hingga soal Tabungan Peruamahan Rakyat (Tapera) dan lain sebagainya.

The Thinker vs The Doer: Tarung Puan dan Prananda Calon Pengganti Megawati

PDIP memutuskan untuk menyiapkan posisi Ketua Harian jelang masa transisi kepengurusan baru pada Kongres 2025 mendatang.