HomeCelotehJokowi Goyah Tanpa Moeldoko

Jokowi Goyah Tanpa Moeldoko

“Saya pikir zamannya Pak Jokowi itu, mungkin kita lihat lah, tidak mengeluarkan izin-izin baru”. – Moeldoko, KSP


PinterPolitik.com

Hutan. Dalam bahasa Inggris disebut forest. Akar katanya dari bahasa Prancis, forest atau fores. Ceritanya orang Inggris awalnya minjem kata itu untuk menyebutkan wilayah liar yang menjadi tempat orang-orang berburu.

Setidaknya ada 800 lebih definisi hutan yang digunakan di seluruh dunia. Tapi, mayoritas mengartikan hutan sebagai daerah yang banyak pohonnya. Inti definisinya adalah pohon.

Fungsi hutan sangat banyak. Selain sebagai habitat bagi banyak hewan dan tumbuhan, hutan juga jadi penopang ekosistem karena menyediakan sumber makanan, juga karena kemampuannya menopang peradaban. Orang bangun rumah pakai kayu yang diambil dari hutan.

Baca Juga: Di Balik Deportasi Kristen Gray

Kemudian, fungsi terbesar hutan juga terkait dengan oksigen yang dihasilkannya yang menjadi penopang semua makhluk hidup yang bernapas dan menggantungkan hidupnya pada ketersediaan gas tersebut.

Yang tidak kalah penting, hutan juga menjadi tempat resapan air yang membuat hujan jadi tidak berdampak buruk-buruk banget. Maksudnya banjir dan tanah longsor tidak terjadi dan berakibat buruk bagi katakanlah manusia yang berdiam di suatu wilayah tertentu.

- Advertisement -

Nah, ngomongin soal banjir ini lagi jadi pembahasan yang ramai dipergunjingkan beberapa hari terakhir, terutama terkait bencana yang terjadi di Kalimantan Selatan. Soalnya, sedang ada perbedaan pendapat antara pemerintah dengan para aktivis lingkungan.

Pemerintah bilang bencana itu akibat curah hujan yang sangat tinggi. Sementara para aktivis bilang bencana tersebut terjadi karena hilangnya wilayah hutan di sepanjang daerah aliran sungai akibat aktivitas perkebunan kelapa sawit dan juga pertambangan.

Wih, sadis nih kalau udah bicara sawit dan tambang.

Baca juga :  Jokowi on a Hot Streak?

Nah, pembelaan kemudian datang dari Kepala Staf Presiden, Moeldoko. Doi bahkan bilang sepanjang era kekuasaan Jokowi, pemerintah nggak pernah tuh mengeluarkan izin-izin pembukaan hutan.

Padahal, kalau ditelusuri, banyak juga loh izin yang dikeluarkan Pak Jokowi. Walhi misalnya menyebutkan bahwa ada 418.750 hektare hutan yang dialihkan untuk pembukaan usaha kelapa sawit terjadi di era Pak Jokowi. Bahkan, antara tahun 2016-2020 ada 592 unit Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan yang diterbitkan pemerintah.

Hmm, jadi berasa nih kalau Pak Moeldoko emang sedang berusaha membentengi Pak Jokowi. Tapi, wajar sih, soalnya doi adalah orang yang cukup penting dalam menopang kekuasaan sang presiden loh.

Sejak 2014 lalu pas masih jadi Panglima TNI, Moeldoko emang jadi alasan Pak Jokowi bisa punya kekuatan politik karena konteks kedekatannya dengan sosok Moeldoko yang berasal dari militer.

Wih, jadi makin menarik nih untuk ditunggu kelanjutannya terkait masalah hilangnya hutan Kalimantan ini. (S13)


- Advertisement -

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Berani Ganjar Tinggalkan PDIP?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tidak diundang dalam halal bihalal PDIP Jateng. Apakah PDIP sudah tidak memperhitungkan Ganjar? Apakah Ganjar harus meninggalkan PDIP? PinterPolitik.com Bagi...

Jokowi Sudah Selesai?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mulai mengemas barang-barangnya di Istana untuk dikirim ke Solo, Jawa Tengah. Apakah ini pesan kekuasaan RI-1 sudah selesai secara...

Partai Mana yang Diinginkan Gatot?

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menolak ajakan Din Syamsuddin untuk bergabung dalam Partai Pelita. Mungkinkah yang diinginkan Gatot adalah partai besar? PinterPolitik.com Kalau membahas eks Panglima...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Selain bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga membuat video TikTok dan Reels.

Jaksa Agung, Terobosan atau Cari Perhatian?

Jaksa Agung ST Burhanuddin akan menerbitkan surat edaran (SE) untuk melarang terdakwa di persidangan tiba-tiba mendadak religius dengan menggunakan atribut keagamaan. Apakah ini sebuah...

More Stories

Ini Alasan Anies Kalahkan Prabowo

Sekitar 23 ribu jemaat menghadiri Sholat Idul Fitri di Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) sepekan yang lalu. Sebagai stadion yang dibangun di era kekuasaan...

Jokowi, Luhut dan Political Amnesia

Kunjungan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ke pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla mencuri perhatian banyak pihak. Selain karena pertemuannya dengan orang terkaya di dunia...

Jokowi dan The Blood Oil of Russia

Di tengah perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, isu energi menjadi salah satu konsen utama. Ini karena Rusia jadi produsen minyak terbesar ketiga...