HomeCelotehGanjar Adalah Jokowi KW?

Ganjar Adalah Jokowi KW?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu mengunggah sebuah video fly-over Ganefo di Mranggen, Demak, Jateng, yang direkam menggunakan drone. Apakah ini menunjukkan bahwa Ganjar adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) versi KW?


PinterPolitik.com

“Next minute, they get their style from Migos or they copy Drake” – Eminem, “Fall” (2018)

Di sebuah lagu berjudul “Fall” dalam album Kamikaze (2018), penyanyi rap (rapper) terkenal bernama Eminem mengomentari sebuah fenomena yang ramai di dunia rap Amerika Serikat (AS). Fenomena itu adalah bagaimana banyak rapper terdengar sama atau mirip di antara satu sama lain.

Guna menggambarkan hal itu, Eminem pun mencontohkan bagaimana para rappers meniru gaya yang sedang populer – entah itu dari grup rap bernama Migos atau dari rapper yang sangat populer seperti Drake.

Wajar sih apabila banyak rappers akhirnya meniru dua nama tersebut. Gimana nggak? Style mereka dalam rapping memang sedang digandrungi oleh banyak penggemar musik hip-hop – entah itu triplet flow ala Migos atau rap melodis ala Drake.

Upaya meniru yang sedang populer seperti ini nggak hanya terjadi di dunia musik rap, melainkan juga eksis di dunia-dunia kreatif lainnya. Nggak jarang, para content creators atau influencers juga meniru gaya satu sama lain. 

Content creator bernama Bayu Skak yang populer di Indonesia, misalnya, dulunya disebut meniru content creator lainnya di AS, yakni Ryan Higa. Upaya meniru ini bahkan terjadi sampai pada tingkat konsep dan script-nya – hanya saja diubah ke dalam Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia.

Nah, hal yang sama juga tampaknya terjadi di dunia politik. Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunggah sebuah video yang menampilkan fly-over Ganefo di Mranggen, Demak, Jateng, ke akun Instagram miliknya.

Baca juga :  Ahok Ternyata Cuma Nomor 5
- Advertisement -

Video itu tampak direkam menggunakan drone dengan menampakkan fly-over tersebut dari udara. Hmm, sepintas, konten video ini terlihat bagus-bagus saja – mengingat infrastruktur tersebut juga bakal digunakan oleh masyarakat Jateng.

Ganjar Buat Rumah Diam-diam

Namun, gaya merekam ini mengingatkan kita dengan kebiasaan politikus lain. Siapa lagi kalau bukan Presiden Joko Widodo (Jokowi)? 

Seperti yang kita ketahui, setiap sebuah proyek infrastruktur selesai, Pak Jokowi selalu tidak absen untuk mengunggah penampakan megah proyek tersebut ke akun Instagram miliknya. Ini dilakukan saat Pak Presiden meresmikan jembatan gantung sepanjang 200 kilometer (km) yang menghubungkan Pulau Fair dan Pulau Kei Kecil di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Hmm, fenomena tiru-meniru dalam politik ini bukanlah hal baru kok. Di AS, misalnya, Joe Biden pernah menyalin gaya dan teks pidato mantan pemimpin Partai Buruh Britania (Inggris) Raya saat Biden menjabat sebagai Senator Delaware pada tahun 1987.

Ya, mungkin, dengan menyamakan diri dengan politisi lain, politisi tersebut akhirnya merasa memiliki kesesuaian dengan politisi yang ditiru. Dengan kesesuaian itu, boleh jadi ia akan mendapatkan dukungan – entah dari politisi yang ditiru atau malah pendukungnya sekaligus.

Nah, fenomena political copycat begini bisa jadi terjadi melalui warisan politik dari politisi yang ditiru. Mengacu pada tulisan Christian Fong, Neil Malhotra, dan Yotam Margalit yang berjudul Political Legacies: Understanding Their Significance to Contemporary Political Debates, warisan politik bisa menjadi nilai yang akhirnya diteruskan oleh politisi lain dengan tetap memunculkan hal tersebut dalam diskursus politik.

Ya, nggak apa-apa sih kalau Pak Ganjar pengen meniru Pak Jokowi. Tapi nih, Pak, seperti kata Eminem di awal tulisan, bakal banyak tuh yang meniru gaya atau style dari mereka yang sudah amat populer. 

Baca juga :  G20 Bakal Jadi G19?

Alhasil, saingannya Pak Ganjar juga bakal banyak lho – apalagi kalau ada saingan yang justru semakin terlihat distinct dan malah makin tampak di mata publik. Hayo, siapa tuh kira-kira, Pak? Hehe. (A43)


spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Megawati-Puan Sayang Korea?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tampak sangat "sayang" dengan Korea Selatan (Korsel). Mengapa?

Siasat Kartu Nama Erick di G20?

“Erick Thohir mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi. Juga memiliki sejumlah klub sepak bola nasional...

NasDem Adalah Partai Main-main?

“Ini bagus juga. Saya hormati itu. Makanya, kalau sudah tahu elektabilitas kecil, ngapain harus dihitung? Anggap saja ini partai main-main.” –  Surya Paloh, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem PinterPolitik.com Beberapa waktu lalu, panggung...

Macron Bukan Blusukan Tapi KKN?

“Ramah sekali Presiden Prancis ini” –  Warganet  PinterPolitik.com Baru-baru ini, viral di media sosial (medsos) Presiden Prancis Emmanuel Macron yang terlihat menyempatkan diri “blusukan” di Bali usai Konferensi Tingkat Tinggi...

Anies Pelan-pelan “Ngeteng” KIB?

“Mestinya, KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) sekarang itu larinya ke Anies. Saya kira akan gabung ke sana,” – Habil Marati, Ketum Forum Ka’bah Membangun PinterPolitik.com Akhir-akhir ini,...

Misteri Pak Bas Jadi Fotografer

“Ya, itu memang hobinya. Ini kan juga event besar yang langka ya,” – Endra Atmawidjaja, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) PinterPolitik.com Konferensi Tingkat Tinggi...

Jokowi Buat “Taj Mahal” di Solo?

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah, dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo” –  Joko Widodo...

More Stories

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...

Drama Xi vs Trudeau Bakal Berlanjut?

Sebuah video yang mana Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di dalamnya tampak memarahi Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau viral di media...

NasDem, Sahabat Sejati Jokowi?

Jokowi lupa berikan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai NasDem. Apakah ini akhir persahabatan Jokowi dan NasDem?