HomeCelotehDi Balik TikTok Zulhas-RK

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil beberapa waktu lalu bertemu dengan sejumlah pimpinan partai politik (parpol). Salah satunya adalah Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang akhirnya membuat konten joget ala TikTok bersama RK.


PinterPolitik.com

TikTok bisa dibilang menjadi salah satu platform media sosial (medsos) yang paling berkembang pesat akhir-akhir ini. Medsos besutan perusahaan asal Tiongkok, ByteDance, tersebut bisa dibilang telah menjadi fenomena viral di berbagai negara – mulai dari Amerika Serikat (AS) hingga Indonesia.

Mungkin, salah satu hal yang membuat TikTok spesial adalah bentuk ekspresinya yang beragam. Bahkan, para penggunanya bisa melakukan berbagai tarian (dance) sesuai dengan gaya (style) mereka masing-masing.

Boleh jadi, layaknya franchise film Step-Up, setiap orang memiliki style mereka masing-masing – meski tetap mengadopsi tren yang sedang ramai di TikTok. Hal yang sama mungkin juga berlaku bagi seorang politikus asal Indonesia, yakni Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil.

Bagaimana tidak? Kang Emil beberapa waktu lalu membuat sebuah konten tarian di TikTok – dan Reels (Instagram) – bersama Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Dengan joget “Senam Abang Parkir”, mereka memeragakan angka dua dan empat – seakan-akan menjadi sinyal bahwa mereka akan berniat maju untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ridwan Kamil RK Segera Dapat Partai

Lagipula, setiap tarian memang memiliki makna. Kristian Georgiev dalam tulisannya yang berjudul Dance, Meaning, and Motion menjelaskan bahwa tarian merupakan salah satu cara manusia untuk menciptakan makna, termasuk makna politik.

Di AS, misalnya, tarian kerap jadi bagian penting dalam sejumlah aksi dan protes. Contohnya adalah protes dan aksi yang bertemakan Black Lives Matter – kerap disertai dengan tarian-tarian sebagai bentuk protes terhadap ketidakadilan rasial.

Baca juga :  Pilgub Jakarta “Jebakan” Buat RK?  

Bukan nggak mungkin, tarian “Senam Abang Parkir” ala Kang Emil dan Zulhas ini punya arti tersendiri. Siapa tahu angka dua dan empat yang diperagakan oleh Gubernur Jabar dan Ketum PAN adalah bentuk ekspresi makna tertentu? Siapa tahu, kan?

Namun, bila kita ngomongin soal dance, tentu ada style tertentu yang perlu diperhatikan supaya bisa tetap bertahan di game tarian ala TikTok ini. Bila kita berkaca pada franchise film Step-Up, ada satu karakter yang selalu muncul di setiap filmnya, yakni Moose yang memiliki gaya dance yang unik – mulai dari poplocking, breaking, weaving, dan freestyle.

Apa perlu Kang Emil juga belajar gaya-gaya “tarian” khusus agar tetap menjadi viral di permainan tarian untuk tahun 2024 nanti – misal dengan “style” kunjungan ke pimpinan partai politik (parpol), “style” kolaborasi politik, atau “style” untuk feed medsos? 

Who knows kalau ternyata, dengan style yang unik, Kang Emil bisa tetap muncul terus di diskursus politik layaknya Moose dalam franchise film Step-Up? Bukan begitu? (A43)


spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

#Trending Article

More Stories

Mengapa Kaesang Ngebet ke Anies?

Meski Anies Baswedan tampak menghindar dari wacana dipasangkan dengan Kaesang, putra bungsu Jokowi itu tampak tetap tertarik. Mengapa?

Saatnya Sandiaga Comeback ke DKI?

Nama Sandiaga Uno kembali muncul dalam bursa Pilkada DKI Jakarta 2024. Diusulkan oleh PAN, apakah ini saatnya Sandiaga comeback ke DKI?

Israel, “Kiamat” bagi Amerika?

Israel diecam dunia atas serangan udara yang telan banyak korban sipil di Rafah, Gaza. Mengapa ini bisa jadi “kiamat” bagi Amerika Serikat (AS)?