HomeCelotehAnies Cocok Jadi Diplomat?

Anies Cocok Jadi Diplomat?

Usulan-usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pertemuan C40 Cities mendapatkan tanggapan dan disambut baik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gueterres. Apakah Anies kini sudah cocok untuk jadi seorang diplomat?


PinterPolitik.com

Bagi kalian yang pernah, ingin, atau sedang berkuliah di program studi Hubungan Internasional (HI), istilah-istilah seperti “diplomasi” dan “diplomat” pasti bukanlah hal asing lagi. Biasanya tuh, anak-anak HI sudah hampir pasti bermimpi untuk menjadi seorang diplomat.

Kebanyakan mahasiswa dan mahasiswi HI tuh pasti bermimpi akan menjadi seorang perwakilan Indonesia di luar negeri yang banyak berdiskusi dan bernegosiasi dengan perwakilan-perwakilan negara lain. Bahkan, sering kali nih, ini udah jadi mimpi standar ala HI lah ya.

Mimin sendiri ngerasain kok gimana dulu berkuliah di HI. Ya, namanya nasib ya. Ternyata, nggak semua anak HI bisa mewujudkan mimpi untuk menjadi diplomat dan bekerja untuk Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI yang terletak di Pejambon, Jakarta Pusat, tersebut.

Tapi nih, ada juga lho beberapa orang non-HI yang ternyata punya bakat-bakat untuk menjadi seorang diplomat. Mungkin nih, bakat seperti ini mulai terlihat pada salah satu pejabat di salah satu daerah, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Di Balik Zeitgeist Digital Anies

Ketika PBB Dengarkan Anies

Lhagimana nggak tuh? Beberapa waktu lalu, Pak Anies menghadiri sebuah pertemuan C40 Cities yang juga turut diikuti oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gueterres. Hmm, bapak satu ini pasti udah dikenal lah ya sama para mahasiswa dan mahasiswi HI.

- Advertisement -

Ternyata, oh, ternyata, usulan-usulan yang dijabarkan oleh Pak Anies langsung ditanggapi lho oleh Pak Gueterres. Kata Pak Sekjen PBB, usulan-usulan Pak Gubernur adalah usulan-usulan yang bagus dan akan dikembangkan oleh lembaga internasional tersebut. Wah wah, keren juga nih skill diplomasi Pak Anies. Hehe.

Mungkin nih, Pak Anies bisa tuh sekalian mewakili Indonesia di banyak forum-forum internasional. Biasanya, kan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dulu mendelegasikan kepada Jusuf Kalla (JK) yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden (Wapres) – khususnya di Majelis Umum PBB.

Baca juga :  Biden si Tukang Kompor?

Lagipula nih, presiden sebagai kepala negara pun memiliki peran dan fungsi sebagai diplomat juga lho, yakni sebagai simbol dan perwakilan negara di luar negeri. Hmm, kalau gitu, Pak Anies berbakat jadi presiden juga nggak ya? Barang kali, kan bisa tuh nanti tahun 2024. Hehe. (A43)

Baca Juga: Anies Lampaui Level Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Berani Ganjar Tinggalkan PDIP?

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo tidak diundang dalam halal bihalal PDIP Jateng. Apakah PDIP sudah tidak memperhitungkan Ganjar? Apakah Ganjar harus meninggalkan PDIP? PinterPolitik.com Bagi...

Jokowi Sudah Selesai?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mulai mengemas barang-barangnya di Istana untuk dikirim ke Solo, Jawa Tengah. Apakah ini pesan kekuasaan RI-1 sudah selesai secara...

Partai Mana yang Diinginkan Gatot?

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menolak ajakan Din Syamsuddin untuk bergabung dalam Partai Pelita. Mungkinkah yang diinginkan Gatot adalah partai besar? PinterPolitik.com Kalau membahas eks Panglima...

Jokowi Dijutekin Biden?

Ketika mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut Presiden Jokowi. Mungkinkah sang RI-1 tengah tidak dihiraukan atau...

Cak Imin Bisa “Tenggelam”?

Politikus PKB Umar Hasibuan sebut soal kemungkinan ancaman pembajakan terhadap PKB. Bila terjadi, mungkinkah Cak Imin bisa makin tenggelam?

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Selain bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga membuat video TikTok dan Reels.

Anies Lagi, Anies Lagi

Beberapa pihak menyebut nama Jakarta International Stadium (JIS) melanggar undang-undang karena tidak menggunakan bahasa Indonesia. Apakah kritik ini terjadi karena yang merampungkan pembangunannya adalah...

More Stories

Cak Imin Kerdilkan Gus Yahya?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) unggah kaos "NU Struktural vs NU Kultural". Apakah ini strategi kerdilkan Ketum PBNU Gus Yahya?

Thomas Lembong, ‘Tangan Kanan’ Anies?

Sosok mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong tampak selalu dampingi Anies Baswedan di Eropa. Apa Thomas kini 'tangan kanan' Anies?

Di Balik TikTok Zulhas-RK

Selain bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) alias Kang Emil juga membuat video TikTok dan Reels.