HomeCelotehAnies Cocok Jadi Diplomat?

Anies Cocok Jadi Diplomat?

Usulan-usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di pertemuan C40 Cities mendapatkan tanggapan dan disambut baik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gueterres. Apakah Anies kini sudah cocok untuk jadi seorang diplomat?


PinterPolitik.com

Bagi kalian yang pernah, ingin, atau sedang berkuliah di program studi Hubungan Internasional (HI), istilah-istilah seperti “diplomasi” dan “diplomat” pasti bukanlah hal asing lagi. Biasanya tuh, anak-anak HI sudah hampir pasti bermimpi untuk menjadi seorang diplomat.

Kebanyakan mahasiswa dan mahasiswi HI tuh pasti bermimpi akan menjadi seorang perwakilan Indonesia di luar negeri yang banyak berdiskusi dan bernegosiasi dengan perwakilan-perwakilan negara lain. Bahkan, sering kali nih, ini udah jadi mimpi standar ala HI lah ya.

Mimin sendiri ngerasain kok gimana dulu berkuliah di HI. Ya, namanya nasib ya. Ternyata, nggak semua anak HI bisa mewujudkan mimpi untuk menjadi diplomat dan bekerja untuk Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI yang terletak di Pejambon, Jakarta Pusat, tersebut.

Tapi nih, ada juga lho beberapa orang non-HI yang ternyata punya bakat-bakat untuk menjadi seorang diplomat. Mungkin nih, bakat seperti ini mulai terlihat pada salah satu pejabat di salah satu daerah, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Di Balik Zeitgeist Digital Anies

Ketika PBB Dengarkan Anies

Lhagimana nggak tuh? Beberapa waktu lalu, Pak Anies menghadiri sebuah pertemuan C40 Cities yang juga turut diikuti oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gueterres. Hmm, bapak satu ini pasti udah dikenal lah ya sama para mahasiswa dan mahasiswi HI.

- Advertisement -

Ternyata, oh, ternyata, usulan-usulan yang dijabarkan oleh Pak Anies langsung ditanggapi lho oleh Pak Gueterres. Kata Pak Sekjen PBB, usulan-usulan Pak Gubernur adalah usulan-usulan yang bagus dan akan dikembangkan oleh lembaga internasional tersebut. Wah wah, keren juga nih skill diplomasi Pak Anies. Hehe.

Mungkin nih, Pak Anies bisa tuh sekalian mewakili Indonesia di banyak forum-forum internasional. Biasanya, kan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dulu mendelegasikan kepada Jusuf Kalla (JK) yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden (Wapres) – khususnya di Majelis Umum PBB.

Baca juga :  Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Lagipula nih, presiden sebagai kepala negara pun memiliki peran dan fungsi sebagai diplomat juga lho, yakni sebagai simbol dan perwakilan negara di luar negeri. Hmm, kalau gitu, Pak Anies berbakat jadi presiden juga nggak ya? Barang kali, kan bisa tuh nanti tahun 2024. Hehe. (A43)

Baca Juga: Anies Lampaui Level Jokowi?


► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

Jakarta-Shanghai, Apple to Apple?

“In the long run, your human capital is your main base of competition. Your leading indicator of where you're going to be 20 years...

Mantra “Yakusa” Mahfud Buat Anies?

“Siap hadir ke arena Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Yakin usaha sampai (Yakusa) untuk membangun insan cita HMI” –   Mahfud MD,...

PDIP Takut Jokowi “Dijilat”?

“PDI Perjuangan mengimbau kepada ring satu Presiden Jokowi agar tidak bersikap asal bapak senang (ABS) dan benar-benar berjuang keras bahwa kepemimpinan Pak Jokowi yang kaya...

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?

Biden Bikin Circle Sendiri?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar rapat darurat dengan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 – seperti Kanada, Italia, Jerman, Prancis, Britania (Inggris) Raya, dan...

Jokowi Buat “Taj Mahal” di Solo?

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah, dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo” –  Joko Widodo...

Megawati-Puan Sayang Korea?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tampak sangat "sayang" dengan Korea Selatan (Korsel). Mengapa?

More Stories

PDIP vs Relawan Jokowi, Rebutan GBK?

Usai acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, PDIP tampak tidak terima relawan Jokowi bisa pakai GBK. Mengapa GBK jadi semacam rebutan?

Membaca Pengaruh Jokowi di 2024

Lontaran ciri-ciri pemimpin yang pikirkan rakyat seperti kerutan dan rambut putih dari Jokowi jadi perbincangan. Inikah cara Jokowi relevan di 2024?

Jokowi dan Misteri Rambut Putih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pemimpin yang pikirkan rakyat punya rambut warna putih. Siapa yang dimaksud oleh Jokowi?