HomeBelajar PolitikJumlah Konsumen Belanja Online di Indonesia Terus Meningkat Pesat

Jumlah Konsumen Belanja Online di Indonesia Terus Meningkat Pesat

Sejalan dengan antusiasme konsumen, para pengelola situs belanja dan pedagang online semakin bersemangat menyambut berkah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Untuk melayani pelanggan, sejak lebaran Idul Fitri, beberapa perusahaan e-commerce menambah jumlah agen customer service menjadi empat kali lebih banyak dari sebelumnya. Tim verifikasi bank transfer juga ditambah lima kali lipat dan bekerja 24 jam selama seminggu.

Segala persiapan itu diharapkan akan berbuah manis. Seperti persiapan di sisi pelayanan konsumen dan aksi jorjoran memangkas harga produk alias Diskon, diharapkan akan sebanding dengan volume kenaikan penjualan yang signifikan. Selain itu bukan cuma lonjakan di sisi nilai dan volume transaksi, aliran kunjungan (Traffic) dari pembeli juga diharapkan meningkat tajam.


Fakta dan Proyeksi Ekonomi Intenet Indonesia.

  • Indonesia adalah pasar Internet yang pertumbuhannya paling cepat di dunia.

Pada tahun 2015, pengguna internet di Indonesia baru 92 juta orang. Tahun 2025 diperkirakan pengguna internet akan mencapai 215 juta. Artinya, rata-rata pertumbuhan dalam 10 tahun mencapai 19%.

  • Pasar e-commerce Indonesia terbesar  di  Asia Tenggara.

Pada tahun 2015 kontribusi Indonesia terhadap pasar e-commerce di Asia Tenggar baru 31%. Dalam satu dekade kemudian, kontribusinya diprediksi bisa mencapai 52%.

  • Indonesia penguasa di bisnis penjualan tiket hotel dan maskapai secara daring.

Tahun lalu pasarnya sebesar US$ 5 miliar, atau 26% dari total pasar Asia Tenggara yang mencapai US$ 19,2 miliar. Pada tahun 2025, kontribusinya akan naik menjadi 32%, setara US$ 24,5 miliar.

  • Pasar iklan online terbesar di Asia Tenggara ada di Indonesia.

Tahun lalu pasar iklan online Indonesia cuma US$ 0,3 miliar. Tapi dalam 10 tahun nilainya akan membengkak menjadi US$ 2,7 miliar.


Tantangan Besar yang Harus Diatasi Indonesia.

  • Jumlah pengembang start-up dan talenta yang memiliki kempemimpinan yang kuat masih terbatas.
  • Kebanyakan pendanaan masih fokus pada investasi di tahap pendirian start-up
  • Sekitar 63,7% orang yang berusia di atas 25 tahun belum memiliki rekening di bank sendiri
  • Penetrasi internet masih rendah karena penduduk Indonesia tersebar sekaligus di ribuan pulau menjadikan logistik masalah besar.
  • Tingkat penipuan dan kejahatan secara cyber masih sangat tinggi di Indeonesia. Fraud index di Indoenesia -1.276, atau 12 kali lebih tinggi dari rata-rata global
spot_imgspot_img

#Trending Article

“Sepelekan” Anies, PKS Pura-Pura Kuat?

Telah dua kali menyatakan enggan mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, PKS kiranya sedang mempraktikkan strategi politik tertentu agar daya tawarnya meningkat. Namun di sisi lain, strategi itu juga bisa saja menjadi bumerang. Mengapa demikian?

Gibran, Wapres Paling Meme?

Usai MK bacakan putusan sengketa Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, unggah fotonya sendiri dengan sound berjudul “Ahhhhhh”.

The Battle of Javanesia 2: Proxy War Jokowi vs Prabowo di Pilkada 2024

Pilkada serentak 2024 akan jadi panggung pertaruhan partai politik dan elite nasional untuk menentukan siapa yang jejaring kekuasaannya mampu merambah hingga ke level terbawah.

Triad, Grup Mafia Penguasa Asia?

Kelompok mafia tidak hanya ada di negara-negara Barat, di Asia, sebuah kelompok yang disebut Triad kerap disamakan dengan mafia-mafia ala Italia. Bagaimana sejarahnya?

Manuver Mardiono, PPP “Degradasi” Selamanya?

Kendati belakangan berusaha tetap membawa PPP eksis di kancah perpolitikan nasional dengan gestur merapat ke koalisi Prabowo-Gibran, Muhamad Mardiono agaknya tetap akan cukup sulit membawa PPP bangkit jika tak membawa perubahan signifikan. Mengapa demikian?

Simpati, ‘Kartu’ Rahasia Prabowo?

Prabowo meminta relawan dan pendukungnya untuk tidak berdemo agar jaga perdamaian dan tensi politik. Apakah ini politik simpati ala Prabowo?

Sembako Siap Melambung Akibat Iran? 

erang Iran-Israel diprediksi akan berdampak besar pada ekonomi Indonesia. Mengapa demikian? 

Siasat Megawati Pengaruhi Para Hakim MK

Megawati mengirimkan pengajuan diri menjadi amicus curiae atau “sahabat pengadilan” yang merupakan pendapat hukumnya kepada para Hakim MK terkait sengketa Pilpres 2024.

More Stories

UMKM Motor Ekonomi Dunia

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di negara-negara berkembang seperti Indonesia...

Jembatan Udara Untuk Papua

PinterPolitik.com JAKARTA - Pemerintah akan memanfaatkan program jembatan udara untuk menjalankan rencana semen satu harga yang dikehendaki Presiden Joko Widodo. Menurut Kepala Pusat Penelitian dan...

Kekerasan Hantui Dunia Pendidikan

PinterPolitik.com Diklat, pada umumnya dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian serta etika kepada anggota baru. Namun kali ini, lagi-lagi Diklat disalahgunakan, disalahfungsikan, hingga...