Wishnutama Berenang dalam Birokrasi

Wishnutama Pusing Dengan Birokrasi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Foto : Ekonomi-bisnis)
2 minute read

“Bureaucracy kills people’s ability to try new ideas.”

– Walter O’Brien, Irish businessman and information technologist


 PinterPolitik.com

Saat ini duo Wishnutama Kusubandio dan Angela Tanoesoedibjo telah beraksi sebagai petinggi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan ketemu Komisi X DPR RI mendengarkan berbagai aspirasi dari para legislator di Senayan tersebut.

Ngomong-ngomong soal kerjaan, Pak Wishnutama ini udah terbiasa belum ya sama birokrasi pemerintahan? Terngiang wejangan mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf kepada penerusnya bahwa Wishnutama harus cepat belajar beradaptasi dengan birokrasi pemerintahan yang sangat menguji kesabaran.

Namun ini sepertinya tak mudah bagi Wishnutama. Beliau yang berlatar belakang pengusaha swasta sempet emosi ngadepin birokrasi yang berbelit-belit. Wishnutama memang bukan pejabat pertama yang mengeluhkan perihal tersebut.


Saking emosinya Wishnutama pun membanding-bandingkan waktu dia kerja di sektor swasta. Menurutnya sektor swasta lebih nyantai dan pikiran bisa lebih terbuka dan bisa beradaptasi dengan lebih cepat dibanding pekerjaannya sekarang.

Sebenernya dia juga males pake setelan jas dan lebih milih kaosan ke kantor. Gak lupa, Wishnutama nambahin kalo dia sebenernya gak srek sama Gedung Sapta Pesona tempatnya kerja karena mirip sama diskotek. Dia pun ngiri dengan Gedung Kementerian PUPR, kantornya Pak Basuki Hadilmuljono karena dianggap asri.

Bapak kan ditunjuk jadi menteri karena Pak Jokowi memiliki kepercayaan terhadap bapak. Sampe-sampe Kemenpar sama Bekraf dilebur jadi satu dan diketuai oleh bapak. Dan lagi sebenarnya memang bapak tidak perlu terbiasa dengan birokrasi yang berbelit-belit, namun birokrasi yang efektif dan efisien.

Justru bapak harus merealisasikan visi Pak Jokowi untuk membuat birokrasi lebih cepat sehingga proses kemajuan tidak terhambat. Percuma Pak Jokowi mencanangkan adanya omnibus law kalo menterinya sendiri kurang ganas menerapkannya.

Sebagai seorang yang lama berkecimpung di sektor swasta, Pak Wishnutama harusnya udah tahu betul apa yang perlu diambil agar birokrasi gak lagi berbelit-belit. Jadi kalo Pak Wisnutama gak suka birokrasi yang ribet dan pengen Kemenparekraf lebih nyantai kayak lagi liburan ya bapak yang ubah. (M52)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.