Tontonan Wajib Setelah G30S PKI

Tontonan Wajb Setelah G30S PKI
sumber: istimewa
3 minute read

Mau nonton G30S PKI? Simak tontonan wajib setelahnya. 


PinterPolitik.com

 

Menutup gonjang-ganjing penayangan film G30S PKI, TVOne akhirnya mantap memutarnya nanti malam pukul 21.30 WIB. Niat stasiun TV milik dedengkot Golkar ini cukup bikin terharu, yakni hendak meluruskan sejarah dan menyelamatkan anak muda dari buta sejarah. Kutipan-kutipan dari para jenderal dan Presiden, ikut diungkit-ungkit untuk ‘meyakinkan’ khalayak.

 


Walaupun beberapa tokoh dan praktisi kesehatan jiwa bilang film ini hanya akan buat anak-anak ketakutan dan trauma – sebab banyak adegan kekerasan nan sadisserta kelelahan –waktu tayang jam 21.30 WIB dan durasi film 4 jam lamanya – TVOne tetap pantang mundur. Mereka juga tak terpengaruh suara sumbang yang berseloroh film G30S PKI hanyalah propaganda Orba belaka. Lha, TVOne kan memang beda.

Daripada berputar lagi di sana, sebaiknya simak tayangan-tayangan yang bisa dilihat selesai nonton film G30S PKI. Hitung-hitung sebagai teman begadang sampai pagi.

1. Pertandingan Sepak Bola

 Kalau masih ada daya untuk melek, tak ada salahnya lanjut nonton pertandingan sepak bola setelahnya. Sudah tahu belum kalau LaLiga tanding nanti malam? Nah, liga ini layak ditunggu. Ada Celta Vigo VS Girona menanti pukul 02.00 WIB.

sumber: istimewa

Sebelum nonton, memang disarankan tidur dulu yang cukup supaya konsen dan segar. Tidak lucu kan, kelewatan momen ‘gol’ saat tak sengaja tertidur. Nah makanya ingat, tidur dulu yang cukup.

2.  Acara Horor

Bohong kalau tidak takut dan merinding habis nonton G30S PKI. Supaya tak kehilangan momen ‘horor’, segera ganti channel ke SCTV dan saksikan acara bertajuk ‘Buat Aku Merinding’, dijamin stress hilang. Kalau stress hilang, otak plong, bukan? Eh, atau tambah stress ya?

sumber: istimewa

Ajak teman-teman atau keluarga tersayang supaya tak terlalu mencekam. Kalau semuanya sudah tidur, bagaimana? Ya sudah ikut tidur saja. Sekalian, tak usah lihat film G30S PKI kalau tak mau terbayang-bayang horornya, hiiy.

3. Acara Komedi

Kita akui, film G30S PKI cukup intens dan menegangkan. Nonton acara humor dianjurkan supaya jiwa raga kembali luwes. Acara stand up comedy yang tayang di jam-jam larut ada banyak, kok. Dari sana kita mungkin bisa bayangkan, bagaimana kalau Babe Cabita jadi DN Aidit atau Arie Keriting jadi Pierre Tendean. Hmm, milenial abis.

4. Film Dokumenter Jagal/Senyap

Buat yang tak kapok belajar, sangat dianjurkan nonton dokumenter  Jagal atau Senyap garapan sutradara Joshua Oppenheimer. Buka saja Youtube dan ketik judulnya. Kalau  film G30S PKI itu 100% drama, nah di dua film ini real, langsung dari pelaku dan korbannya. Wong, namanya saja dokumenter.

sumber: istimewa

Dengan begitu, kita bisa punya film dari dua perspektif, versi pemerintah dan non-pemerintah. Tapi tetap, penilaian akhir ada di penonton.

Sikap TVOne menayangkan kembali film G30S PKI bisa dirayakan sebagai bentuk demokrasi di era Reformasi saat ini. Tapi kita tak boleh lupa juga, sejak 2014 lalu TVOne menampilkan data bohong soal hasil Pemilu. Maka bukan rahasia lagi, kalau sikap mereka memang menyasar penonton tertentu. Nah, dengan menayangkan G30S PKI, berlebihan tidak kalau menyebut TVOne tahun ini mendukung propaganda Orde Baru? Berikan pendapatmu. (A27)