TKN Jokowi: Sandiaga Tukang Bohong

sandiaga tidak akan utang
Sandiaga Uno. (Foto: Breakingnews.co.id)
2 minute read

“Jalan masih teramat jauh, mustahil berlabuh bila dayung tak terkayuh.” ~Iwan Fals


PinterPolitik.com

[dropcap]K[/dropcap]adang kita suka miris ya, kok Indonesia banyak banget utangnya? Bisa bayar nggak tuh? Hadeuhh, mana presiden ngotot banget mau bangun ini itu sebelum pilpres lagi. Was-was gimana gitu ya?

Jangankan negara berkembang kayak kita gini, negara-negara maju juga suka ngutang sih buat pembangunan. Makannya ku rada aneh waktu Sandiaga Uno berjanji akan membangun infrastruktur tanpa membebani anggaran utang jika dirinya dan Prabowo terpilih di Pilpres 2019 nanti.

Wow, pernyataan doi tuh serasa air es teh manis di tengah-tengah padang pasir yang terik tahu nggak sih? Memberikan kelegaan, tapi cuma sesaat, selanjutnya tetap mikir, emangnya mungkin?

Sandiaga bilang kita bisa bangun infrastruktur tanpa berhutang. Dia ngajak kita mimpi di siang bolong? Click To Tweet

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago menganggap Sandiaga hanya asal bicara tanpa perhitungan yang jelas.

Menurutnya, Sandiaga itu ngomong terlalu berlebihan hanya untuk menang. Entah bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Irma kemudian mempertanyakan, kalau nggak ngutang, lantas dapat dana pembangunan dari mana?

Menurut Irma, janji Sandiaga itu nggak masuk akal. Sekarang aja negara kita masih terbebani dengan bunga utang luar negeri dari periode-periode sebelumnya. Nggak ada uang kita tuh. Irma justru khawatir kalau Sandiaga hanya mementingkan kemenangan, persoalan masyarakat ketipu atau nggak, nggak ada urusan.

Pertanyaan Irma nggak berhenti sampai di situ. Dia pun menanyakan apakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) kita sudah cukup untuk melakukan pembangunan?

Untuk membuat kebijakan, kita tuh harus itung-itungan, bayar utang berapa, APBN berapa, baru bisa mikir bisa bangun apa, kurangnya berapa, harus ngutang berapa. Gitu loh.

Irma menilai, pernyataan Sandiaga yang berjanji akan melakukan pembangunan infrastruktur tanpa membebani APBN seolah-olah menafikkan kondisi perekonomian negara yang sebenarnya. Irma pun menyebut beberapa negara termasuk negara maju lainnya seperti Amerika Serikat (AS) yang juga memiliki utang luar negeri.

Iya juga sih, kayaknya membangun tanpa utang mungkin susah untuk terwujud sepenuhnya. Apalagi, Prabowo-Sandi juga mau hapus dan turunkan beberapa pajak. Nah, kalau udah gini, mau bangun pakai apa ya? Ya, semoga mereka punya jawabannya deh. (E36)