HomeCelotehTerawan Sedih, BPJS Bandel?

Terawan Sedih, BPJS Bandel?

“Rejection makes you defensive” – J. Cole, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Sah sudah bahwa iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meningkat. Mulai bulan Januari 2020, biaya iuran yang perlu dibayarkan naik hingga dua kali lipat berdasarkan Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019.

Keputusan ini katanya sih dilakukan akibat adanya defisit yang harus ditanggung dari BPJS Kesehatan. Hmm, tapi, bukan tidak mungkin kenaikan biaya iuran ini dapat semakin mencekik masyarakat.

Pasalnya, kenaikan dua kali lipat ini juga diberlakukan untuk pengguna BPJS Kesehatan kelas tiga. Akibatnya, para buruh melakukan beberapa demonstrasi guna menolak kenaikan itu.

Ya, apa daya? Kabarnya sih, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun telah berusaha sekuat tenaga. Berbagai cara lain yang dia usulkan untuk mengatasi defisit itu ditolak tuh. Padahal, beliau sudah menyiapkan cara-cara jitu sejak berbulan-bulan lalu lho.

Cara-cara jitu yang ampuh itu juga udah diakui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata beliau, cara-cara itu juga udah dibicarakan ketika rapat terbatas (ratas). Dalam ratas yang dilaksanakan pada November 2019 lalu, Pak Terawan bilang kalau beliau akan mengupayakan agar subsidi tetap diberlakukan untuk BPJS Kesehatan kelas tiga.

Selain ratas itu, Pak Terawan juga udah sepakat tuh dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kalau kenaikan iuran BPJS Kesehatan kelas tiga tidak diperlukan karena adanya surplus dari kenaikan di kelas lain. Hmm, tapi, kenapa ya iuran tersebut kelas tiga tetap dinaikkan?

- Advertisement -

Kata Pak Terawan sih, kenaikan ini disebabkan karena cara-cara yang diusulkannya tidak dilaksanakan oleh pihak BPJS Kesehatan. Beliau juga mengeluhkan struktur BPJS Kesehatan yang dianggapnya berada di luar rentang kendali Menkes.

Hmm, jadi ingat film seri Netflix yang berjudul The Politician (2019). Dalam film seri tersebut, terdapat tokoh Presiden Siswa Payton Hobart yang memiliki banyak ide-ide revolusioner bagi perubahan-perubahan masa depan di sekolahnya. Namun, ide-ide tersebut ternyata banyak berbenturan dengan kepentingan sekolah dan akhirnya ditolak oleh Kepala Sekolah Vaughn.

Hal yang serupa ini juga terjadi pada Pak Terawan dan membuatnya merasa kecewa dan sedih. Ya, begitulah rasanya ditolak.

Hmm, BPJS Kesehatan mungkin bisa lah mendengarkan hasil rapat dan usulan yang telah disiapkan oleh Pak Menkes. Pak Jokowi juga sempat bilang kalau Pak Terawan punya cara-cara yang ampuh. Masa mau bandel sama Pak Presiden? Hehe. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :  Cak Imin Jago Gocek?
spot_img

#Trending Article

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

Airlangga Manfaatkan Ronaldinho?

Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldinho, mendapat perhatian publik karena popularitas Ronaldinho yang sangat besar. Ini Airlangga Hartarto yang...

Ahok, Mantan Terindah Djarot?

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kritik tingkat kemiskinan DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan. Apa Djarot belum bisa move on dari Ahok?

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Bakso: Dark Jokes Anies vs Mega?

Seloroh tentang tukang bakso yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, rupanya tidak selesai bersamaan dengan ditutupnya Rapat Kerja Nasional...

Berharap PDIP, PKS Lelah Kalah?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebut PDIP tidak akan koalisi dengan PKS di Pilpres 2024. Sirna sudah harapan PKS pada PDIP agar tidak kalah lagi?

More Stories

Jokowi-Putin Bangun Poros Baru?

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Moskow. Muncul juga wacana Indonesia-Rusia bangun poros baru untuk saingi Barat.

Siasat Luhut Tawar-tawar Kuota Haji

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan temui Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan bahas soal kuota haji Indonesia.

Megawati Tidak Rasis ke Papua?

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri analogikan tercampurnya orang Papua dengan etnis Indonesia bagaikan "kopi susu". Apakah Megawati rasis?