HomeCelotehTerawan dan Komunikasi yang Enjoy

Terawan dan Komunikasi yang Enjoy

“You know I’m bad at communication, it’s the hardest thing for me to do,” – Haim, The Wire


PinterPolitik.com

Merebaknya kasus virus Corona di Wuhan, Tiongkok sepertinya mulai mengkhawatirkan banyak pihak ya. Bukannya apa-apa, virus yang gak lazim di telinga awam ini tiba-tiba menjadi ancaman karena menimbulkan cukup banyak korban, bahkan hingga meninggal dunia.

Kondisi ini kemudian membuat masyarakat termasuk di Indonesia jadi amat sangat khawatir dengan penyebaran virus tersebut. Rasa khawatir ini kemudian terkadang disertai permintaan kepada pemerintah untuk memberikan langkah khusus terkait potensi penyebaran virus ini.

Secara alamiah, pertanyaan terkait virus ini pasti akan terlontar kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu kemudian memberikan langkah-langkah dasar pencegahannya yaitu imunitas baik, gerakan hidup sehat, makan tepat waktu, dan sebagainya.

Selain itu, Pak Terawan juga meminta agar tidak ada kepanikan dan keresahan terkait dengan virus Corona. Secara spesifik, Pak Terawan kemudian menambahkan pencegahan dari virus ini adalah jangan panik, jangan resah,  enjoy saja.

Sepintas, kata-kata Pak Terawan ini emang diperlukan. Pemerintah sudah sewajarnya meredam kepanikan dari masyarakat yang belum sepenuhnya paham terkait virus ini. Meski demikian, pernyataan Pak Terawan sebenarnya cukup rawan mengundang komentar dari netizen.

Secara spesifik, kata-kata “enjoy saja” yang dilontarkan Pak Terawan ini bisa menjadi bahan pembicaraan para warganet. Mungkin aja, ada yang mempersoalkan pilihan kata enjoy karena dianggap kurang sesuai dengan momen yang saat ini tengah terasa.

Dari hal itu, mungkin gak ya Pak Terawan itu harus memperbaiki cara komunikasinya agar lebih banyak yang enjoy? Mungkin gak ya Pak Terawan jadi perlu punya tim khusus untuk komunikasinya? Bukannya apa-apa, netizen sekarang kan suka sensitif jadi pilihan kata seperti enjoy saja mungkin aja jadi sumber kegaduhan mereka.

Baca juga :  Mimpi Jokowi Bukan Mimpi Mega?
- Advertisement -

Secara lebih luas, kabinet Pak Jokowi kan emang udah sering diwanti-wanti soal komunikasi di depan publik. Kasus yang menimpa Menkumham Yasonna Laoly soal keberadaan Harun Masiku jadi contoh teranyar soal tersebut.

Ya, gak tahulah, toh pesannya kan supaya tidak panik juga sudah tersampaikan. Cuma mungkin harus mulai lebih memperhatikan aja netizen yang kerap terpancing kutipan kecil dari seorang pejabat. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

spot_img

#Trending Article

SBY-JK Bersatu Untuk 2024?

Pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) mencuri atensi publik dan melahirkan berbagai spekulasi politik. Lantas, mungkinkah reuni SBY-JK ini dapat membuat...

PKB Merah Cukur Gundul PKS?

Kelompok yang menamakan dirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Merah melakukan aksi cukur rambut hingga gundul. Kenapa ritual gundul dapat berubah menjadi instrumen politik? PinterPolitik.com Lagu Gundul-gundul Pacul pastinya...

Puan Ratu Konten?

Konten video Ketua DPR RI Puan Maharani heboh lagi, kali ini dengan aksi nge-vlog dalam ruangan yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berbicara dengan...

Airlangga Manfaatkan Ronaldinho?

Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan legenda sepak bola asal Brasil, Ronaldinho, mendapat perhatian publik karena popularitas Ronaldinho yang sangat besar. Ini Airlangga Hartarto yang...

Ahok, Mantan Terindah Djarot?

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kritik tingkat kemiskinan DKI Jakarta di bawah Anies Baswedan. Apa Djarot belum bisa move on dari Ahok?

Ganjar, Mbappe-nya PDIP?

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dilirik partai lain untuk dijadikan Capres 2024. Apakah Ganjar semacam "Mbappe"-nya PDIP?

Bakso: Dark Jokes Anies vs Mega?

Seloroh tentang tukang bakso yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, rupanya tidak selesai bersamaan dengan ditutupnya Rapat Kerja Nasional...

Berharap PDIP, PKS Lelah Kalah?

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebut PDIP tidak akan koalisi dengan PKS di Pilpres 2024. Sirna sudah harapan PKS pada PDIP agar tidak kalah lagi?

More Stories

Membaca Siapa “Musuh” Jokowi

Dari radikalisme hingga anarko sindikalisme, terlihat bahwa ada banyak paham yang dianggap masyarakat sebagai ancaman bagi pemerintah. Bagi sejumlah pihak, label itu bisa saja...

Untuk Apa Civil Society Watch?

Ade Armando dan kawan-kawan mengumumkan berdirinya kelompok bertajuk Civil Society Watch. Munculnya kelompok ini jadi bahan pembicaraan netizen karena berpotensi jadi ancaman demokrasi. Pinterpolitik Masyarakat sipil...

Tanda Tanya Sikap Gerindra Soal Perkosaan

Kasus perkosaan yang melibatkan anak anggota DPRD Bekasi asal Gerindra membuat geram masyarakat. Gerindra, yang namanya belakangan diseret netizen seharusnya bisa bersikap lebih baik...