HomeCelotehBanteng, “Lawan” Baru Si Cicak?

Banteng, “Lawan” Baru Si Cicak?

“So prepare for a rival, your arch enemy surrounds you now” – Eminem, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Kalau ngomongin soal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dulu, sering kali kita membaca judul-judul berita yang menyebutkan nama-nama hewan guna menjuluki beberapa institusi negara. KPK pun jadi salah satu institusi yang mendapatkan julukan tertentu, yakni sebagai cicak.

Si Cicak ini, dalam kurang lebih satu dekade lalu, terus disandingkan nih sama lembaga lain yang dijuluki sebagai Si Buaya. Julukan Si Buaya ini kerap kali diutarakan pada lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Kalau kisahnya kita ikutin, keduanya memiliki pertarungan yang sengit tuh. Sampai-sampai, laga antara Si Cicak dan Si Buaya ini berlanjut hingga berjilid-jilid.

Hmm, tapi, tampaknya, “lawan” Si Cicak kini bukan lagi Si Buaya, melainkan Si Banteng. Pasalnya, akhir-akhir ini, dinamika politik kembali memanas setelah salah satu partai penguasa diberitakan turut terjegal dalam skandal dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW).

Kader PDIP – seperti Harun Masiku – kini tengah diburu oleh KPK setelah diduga terlibat penyuapan dengan eks-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Belum lagi, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga sempat ramai diomongin media dan publik setelah dua stafnya turut terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Ramai perbincangan soal kasus ini di publik tampaknya mulai mengganggu partai yang berlambang banteng tersebut. Soalnya nih, kemarin, PDIP sampai-sampai mengadakan konferensi pers guna memberikan penjelasan terkait isu itu.

- Advertisement -

Selain itu, partai itu juga udah nyiapin Tim Hukum. Tim ini udah nyatain kalau upaya penggeledahan dan penyegelan yang dilakukan oleh Si Cicak tidak sejalan dengan aturan. Bahkan, PDIP dikabarkan juga udah mau ngelaporin para penyidik ke Dewan Pengawas KPK.

Waduh, Si Cicak dapat penantang baru nih di luar Si Buaya. Boleh jadi, Si Banteng ini bakal jadi lawan yang tangguh nih buat Si Cicak.

Penantang-penantang baru yang tiba-tiba muncul kayak gini ini mirip sama laga-laga di film-film deh. Film-film Avengers misalnya, selalu dihadapkan dengan lawan-lawan baru yang semakin tangguh – dari Loki, Ultron, sampai Thanos yang bisa ngilangin separuh kehidupan di alam semesta.

Ya, bisa jadi, Si Banteng ini jadi laga lanjutan lah ya buat Si Cicak. Hmm, kira-kira, Si Buaya juga bakal ikutan lagi nggak ya di belakangnya? Hehe.

Tapi, ya udahlah ya. PDIP sendiri bilang kalau dirinya nggak mau dibentur-benturin sama KPK maupun KPU – meskipun udah ada Tim Hukum juga. Hehe. Hmm, kalau kira-kira dibenturin, siapa ya yang bakal menang? (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

- Advertisement -

Baca juga :  Beda Nasib PDIP dan Demokrat
spot_img

#Trending Article

Jokowi Isyaratkan Lawan Megawati?

Tangkapan kamera formasi iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama tujuh ketua umum partai politik dianggap merepresentasi terbentuknya poros koalisi menghadapi kontestasi politik 2024. Lantas,...

Surya Paloh Cuma Coba-coba?

Meskipun Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah menghasilkan nama-nama hasil voting Dewan Pimpinan Daerah (DPW), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang...

Cak Imin Jago Gocek?

Lagi lagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tampil dan menarik atensi publik melalui gocekan-gocekan politiknya...

NasDem-Demokrat Bentuk Koalisi?

Surya Paloh merupakan elite politik pertama yang ditemui secara terbuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Apakah Partai NasDem dan Partai Demokrat akan membentuk koalisi? PinterPolitik.com Sambutan...

Prabowo Tidak Yakin dengan Megawati?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dibentuk oleh Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apakah ini dapat dimaknai sebagai kekhawatiran Prabowo Subianto terhadap Megawati? PinterPolitik.com Partai Gerindra...

Kok Jokowi Marah-Marah?

Lagi-lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat  kementerian dan pemerintahan daerah soal prioritas belanja. Jokowi menilai belanja produk luar masih lebih tinggi dibandingkan produk...

Permainan Surya Paloh Belum Usai?

Meski Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem telah usai, tapi tanya tentang hasil Rakernas masih membayangi pikiran publik. Apa sebenarnya strategi Ketua Umum Surya Paloh di balik...

Jokowi Gak Butuh Ma’ruf Amin?

Tidak terlihatnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada reshuffle kabinet mengundang tanda tanya sebagian orang. Apakah ini bermakna bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak butuh Ma’ruf? PinterPolitik.com Sebagian orang...

More Stories

Bukan Jokowi, Tapi Gibran?

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang kini jabat Wali Kota Solo tarik perhatian para elite politik, seperti Prabowo dan Megawati.

Biden Paksa Jokowi Beli Senjata?

Presiden AS Joe Biden sebut siap bela Taiwan bila diserang Tiongkok. Apakah ini bisa jadi cara Biden "paksa" Jokowi beli senjata?

Muslihat Jokowi Manfaatkan Putin?

Presiden Jokowi dikabarkan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Apa ini muslihat Jokowi manfaatkan sosok Putin?