Terawan Siap ‘Tantang’ Harvard?

Doa Terawan untuk Warga Natuna
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto: Istimewa)
2 minute read

“Aku bisa saja menjadi seperti virus yang melumpuhkanmu,” – Slank, Virus


PinterPolitik.com

Sudah berhari-hari, kabar tentang wabah virus Corona masih terus jadi isu yang mengkhawatirkan. Bukannya  tanpa alasan, wabah itu belakangan menyebar gak hanya di Wuhan, Tiongkok aja, tapi mulai merambah negara-negara lain di dunia.

Di kawasan Asia Tenggara sendiri, negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Kamboka sudah mengalami kasus tersebut. Waduh, negara-negara tetangga Indonesia semua itu, terus kalau Indonesia gimana ya?

Sejauh ini sih, Indonesia masih belum menemukan kasus orang yang benar-benar terinfeksi virus tersebut. Memang sih, sempat ada suspect atau orang yang terduga terpapar virus itu, tetapi mereka sudah divonis bebas dari virus yang menghebohkan masyarakat dunia itu.

Meski demikian, ternyata ada yang meragukan status Indonesia yang masih negatif kasus virus Corona. Salah satu yang belakangan tengah jadi bahan omongan adalah kata-kata dari peneliti asal Harvard University, Marc Lipsitch.

Dalam artikel yang ditayangkan oleh International Business Times, Lipsitch menyebut kalau virus Corona mungkin sudah menyebar tanpa terdeteksi di Indonesia. Waduh.

Nah, ternyata pernyataan tersebut mengundang reaksi dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Menurut Pak Menkes, pernyataan dari Lipsitch itu menghina. Ouch.

Pak Terawan kemudian menyebutkan kalau peralatan yang digunakan Indonesia sudah sesuai dengan standar World Health Organization (WHO). Selain itu, ia juga menyebutkan kalau prosedur yang dijalankan sudah sesuai dengan standar internasional.

Secara khusus, Pak Terawan juga kemudian seperti memberikan tantangan kepada peneliti Harvard tersebut. Pak Terawan meminta Harvard untuk membuktikan sendiri penelitiannya. Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini juga bilang kalau gak ada yang ditutupi.

Waduh, kok jadi tantang-menantang begini ya?

Hmmm, bukankah harusnya penelitian dari Lipsitch ini jadi alarm kepada pemerintah Indonesia agar lebih ketat dalam melakukan pemeriksaan kasus Corona? Kan negara-negara tetangga aja udah mengumumkan kasus, belum lagi penerbangan dari Tiongkok ke Indonesia juga lumayan banyak.

Selain itu, bukankah penelitian itu jadi pengingat juga kalau misalnya nanti beneran sudah ada kasus Corona di Indonesia, agar informasinya dapat dibuat sejelas mungkin?

Ya, semoga pemerintah bisa mengambil langkah paling tepat ya dalam menangani wabah ini. Dan semoga aja masyarakat Indonesia sehat terus, terkhusus bisa sehat dari virus Corona. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.