Soal Tutup Mata, Jokowi Hati-hati

Jokowi tutup mata
Presiden Joko Widodo (Foto: Reuters/Willy Kurniawan)
2 minute read

“Close your eyes, give me your hand, darling. Do you feel my heart beating? Do you understand?” The Bangles, Eternal Flame


PinterPolitik.com

Pak Jokowi ini sepertinya lagi gencar-gencarnya mendorong investasi di negeri ini. Berbagai cara tengah dilakukan sang presiden untuk memastikan aliran dana masuk ke negeri ini. Mulai dari deregulasi hingga debirokratisasi jadi hal-hal yang didorong untuk mewujudkan hal tersebut.

Nah, di antara langkah-langkah tersebut, Pak Jokowi punya perintah unik nih kepada Pemda untuk memastikan investasi berjalan dengan lancar. Jadi, kalau kata sang presiden, Pemda ini seharusnya kalau ada investasi yang orientasinya ekspor, mereka tutup mata aja, tanda tangan izinnya secepatnya.

Pak Jokowi ini meminta agar Pemda berperan aktif untuk merealisasikan investasi tersebut. Ia menekankan kalau kemudahan investasi itu penting untuk mewujudkan lapangan kerja. Oleh karena itu, kalau ada yang mengalami kesulitan, harusnya Pemda bisa membantu memfasilitasi.

Nah, tapi ada sedikit hal yang bisa dipelintir macam-macam nih dari pernyataan Pak Jokowi. Soal tutup mata itu loh, itu kan rawan dikutip sedikit aja dan dianggap tidak membaca serta memahami sepenuhnya investasi yang dimaksud.

Padahal, niat Pak Jokowi ini bisa jadi baik kalau sebenarnya yang dimaksud agar investasi lancar, Pemda gak perlu mempersulit, izin inilah, bayar itulah, dan lain sebagainya. Tapi ya gitu, pernyataan itu tuh emang rawan sekali dipelintir.

Sebenarnya sih, pernyataan itu juga rawan juga dipraktikkan sama Pemda-nya secara harfiah. Nanti mereka main tanda tangan aja tanpa tahu investasinya seperti apa dan berbagai risiko yang di dalamnya.

Dalam konteks ini, nanti mungkin bakal ada yang mengungkit kembali kritik kepada Pak Jokowi soal beliau yang dianggap tak membaca Perpres yang ia terbitkan. Makanya, mungkin Pak Jokowi harus berhati-hati dan menjelaskan lebih rinci terkait dengan tutup mata soal realisasi investasi ini.

Pada akhirnya sih, gak ada yang memungkiri niat baik Pak Jokowi untuk ekonomi, investasi, dan dunia usaha. Penyederhanaan regulasi dan birokrasi sepertinya sudah jadi barang mutlak agar para pengusaha dan investor bisa lebih mudah untuk berbisnis di negeri ini. Semoga berbagai langkah yang memudahkan ini bisa segera terwujud ya sebelum kita menutup mata. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.