Soal Mumtaz, Amien-Zulkifli Satu Suara?

Amien Rais ketua umum PAN
Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Foto: Antara)
3 minute read

“Suara, dengarkanlah aku, apa kabarnya pujaan hatiku?” – Hijau Daun, Suara (Ku Berharap)


PinterPolitik.com

Sepertinya, sudah banyak yang ancang-ancang untuk menghadapi Pilkada di tahun 2020 ya. Berbagai soosk dengan embel-embel nama besar yang menyertai sudah mulai dirumorkan akan ikut berlaga di pesta demokrasi tersebut.

Salah satu nama yang dirumorkan akan meramaikan Pilkada 2020 adalah Ahmad Mumtaz Rais. Buat yang belum tahu, Pak Mumtaz ini adalah anak ketiga dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Nah, Pak Mumtaz ini belakangan dikabarkan akan berlaga di Pilkada Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Berdasarkan berita yang beredar, Pak Mumtaz ini meyakini kalau dirinya bakal mengantongi SK dari DPP PAN. Menurutnya, kalau tidak ada gempa politik, dirinyalah yang bakal ditunjuk untuk berlaga di Pilkada Kabupaten Sleman.

Pernyataan dari Pak Mumtaz ini sekilas mungkin pernyataan penuh keyakinan yang lazim dilontarkan politisi saja. Meski begitu, kalau dikaitkan dengan konteks yang tengah terjadi di internal PAN, boleh jadi ada sesuatu yang bisa dipertanyakan.


Jadi, belakangan ini kan PAN tengah dilanda perdebatan di internal mereka. Banyak yang bilang kalau Pak Amien dan tokoh di sekelilingnya ingin ada pergantian kepemimpinan di PAN yang saat ini masih dipegang oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Di lain pihak, kubu Pak Zulkifli sepertinya masih jalan terus untuk ikut lagi proses pemilihan Ketum PAN.

Nah, pernyataan Pak Mumtaz ini menarik karena kalau ia merujuk ke DPP PAN, maka pucuk pimpinan di sana ya Pak Zulkifli. Di lain pihak, Pak Amien sebagai tokoh sentral kecil kemungkinan gak memberi restu kepada Pak Mumtaz untuk berlaga di Pilbup Sleman.

Berdasarkan hal tersebut, mungkin bakal ada yang bertanya, apakah ini akan jadi satu momen di mana Pak Amien dan Pak Zulkifli akhirnya satu suara? Soalnya kan, belakangan ini di media keduanya sering terlihat punya pernyataan berseberangan.

Ya gak ada yang tahu pasti. Tapi, kalaupun akhirnya keduanya beneran satu suara soal Pak Mumtaz, sebenarnya gak mengherankan banget. Kan, Pak Mumtaz ini suami dari putri Pak Zulkifli yaitu Futri Zulya Savitri. Jadi ya, Pak Amien dan Pak Zulkifli sebenarnya udah pernah satu suara soal Pak Mumtaz ini.

Eh, kalau mau iseng nanya juga, apakah SK DPP nanti dari Pak Zulkifli buat Pak Mumtaz bisa jadi kompensasi buat Pak Amien biar Pak Zulkifli gak dilarang maju pemilihan ketum? Ya gak tahulah kita tunggu aja ke depannya kondisi internal PAN ini bakal seperti apa. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.