Siapkah Anies Hadapi Prabowo?

Anies Prabowo
Anies Baswedan dan Prabowo Subianto (Foto: Tempo/Subekti)
2 minute read

“Bersiaplah, bersiaplah, berjuang tuk menjadi pemenang,” – Sheila on 7, Pemenang


PinterPolitik.com

Pilpres 2024 emang masih lama, tapi kayaknya belakangan ini di media isu ini udah mulai menjadi pembicaraan. Sepertinya, banyak orang lumayan gak sabar membicarakan isu ini terutama urusan calon mana yang paling potensial di gelaran tersebut.

Salah satu pihak yang mungkin aja gak sabar membicarakan ini adalah lembaga survei Indo Barometer. Jadi, beberapa waktu lalu, lembaga ini baru aja merilis hasil survei terkait dengan elektabilitas capres menuju Pilpres 2024. Terus gimana ya hasilnya?

Merujuk pada survei tersebut, sosok Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi yang teratas dengan 22,5 persen. Hasil ini mungkin aja gak terlalu mengagetkan mengingat Pak Prabowo kan baru aja berlaga di Pilpres 2019 lalu.

Yang membuat itu menjadi menarik adalah sosok Pak Prabowo ini mengungguli sosok lain yang kerap dibicarakan di publik. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berdasarkan survei tersebut, Pak Anies ada di belakang Pak Prabowo dengan 14,3 persen.


Kalau kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, kalau misalnya Pak Prabowo head to head dengan Pak Anies, pemenangnya tetap Pak Anies karena mereka memiliki segmen yang sama.

Hmmm, gimana nih, Pak Anies ternyata masih berada di belakang Pak Prabowo. Tapi, ya kan baru satu survei, dan masih lama juga Pilpres-nya. Kalau misalnya Pak Anies beneran mau maju, mungkin aja masih ada cukup waktu buat mengejar ketertinggalannya.

Secara khusus, sebenarnya siap gak ya kalau Pak Anies harus berhadapan dengan Pak Prabowo di Pilpres nanti? Emang sih, Pak Anies ini didukung oleh Gerindra yang dipimpin Pak Prabowo. Tapi sekarang kan Gerindra sekarang lagi bergabung dengan pemerintahan Pak Jokowi, sementara yang memberi sinyal buat dukung Pak Anies di 2024 nanti boleh jadi bukan dari partai pemerintah.

Baca juga :  Saat Luhut Persulit Jokowi

Di luar itu semua, kalau misalnya Pak Anies beneran maju, Pak Prabowo mungkin bakalan menghadapi kejadian serupa di 2014 lalu. Di tahun tersebut, Pak Prabowo kan berhadapan dengan Pak Jokowi, sosok yang ia dukung menjadi Cagub DKI Jakarta. Nah, kalau misalnya Pak Anies berhadapan dengan Pak Prabowo di 2024 nanti, kejadian mirip bakalan terulang.

Ya, tapi itu semua kan masih misteri ya. Kita tunggu aja nantinya bakalan seperti apa. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.