Siapapun Ketumnya, Amien Rais Pemenangnya?

Amien Rais ketua umum PAN
Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Foto: Antara)
2 minute read

“Malaikat juga tahu, siapa yang jadi juaranya,” – Dewi Lestari, Malaikat Juga Tahu


PinterPolitik.com

Partai Amanat Nasional (PAN) sepertinya lagi siap-siap mau memilih ketua umum baru nih. Meski belum resmi kapan tanggal pasti gelaran itu, berbagai nama kader partai matahari putih ini sudah santer dikabarkan akan berebut kursi nomor satu di partai itu.

Nama petahana Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan jelas menjadi salah satu favorit utama pada pemilihan ketum tersebut. Konon, mantan Ketua MPR ini sudah mengantongi cukup banyak dukungan dari kader-kader PAN di daerah.

Meski sudah didukung banyak kalangan internal partainya, langkah Pak Zulkifli untuk jadi ketum lagi mungkin aja gak akan semulus jalan tol baru diresmikan. Sejumlah loyalis Amien Rais dikabarkan siap mendorong nama putra pendiri PAN itu, Hanafi Rais untuk jadi penantang Pak Zulkifli.

Wah, kayaknya bakal seru nih pertarungan antara kedua belah pihak ini. Keduanya sepertinya sudah mengantongi cukup banyak dukungan di kalangan internal sehingga cukup punya modal untuk berlaga. Kira-kira siapa yang menang ya?


Jawabannya sepertinya cukup mudah sih: Pak Amien Rais? Loh kok bisa?

Kedua kandidat ini sebenarnya punya pertalian dengan sosok mantan Ketua MPR tersebut. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Pak Hanafi Rais ini kan memang anak dari Pak Amien. Sementara itu, Pak Zulkifli Hasan itu adalah besan dari Pak Amien karena putrinya, Futri Zulya Savitri menikah dengan putra Pak Amien, Ahmad Mumtaz Rais.

Di luar itu, kandidat-kandidat lain yang mau berlaga juga disebut-sebut tetap perlu mendapatkan restu dari Pak Amien. Figur-figur seperti Asman Abnur, Bima Arya Sugiarto, atau Mulfachri Harahap juga harus mendapatkan semacam endorsement dari Pak Amien kalau mau jadi ketua umum PAN.

Baca juga :  Veronica Koman dan Cuitan Oligarki

Nah, dari hal itu, bisa dikatakan kalau siapapun yang menang dalam pemilihan Ketum PAN itu, Pak Amien adalah pemenang sebenarnya. Hal ini dapat menjadi gambaran bagaimana Pak Amien ini masih sangat berpengaruh di internal partai yang ia bidani kelahirannya itu.

Kita tunggu aja nih, siapa yang akan bertahta di pucuk pimpinan PAN. Selain itu, kita tunggu juga nih, Pak Amien ini akan memberikan restu paling banyak ke siapa. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.