Siapa Berani Minta Luhut Diam?

Luhut Wayan Koster
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: JP/Wienda Parwitasar)
2 minute read

“Seperti biasa aku diam tak bicara,” – Iwan Fals, Entah


Pinterpolitik.com

Kita tuh kayaknya sering bertanya-tanya, siapa sih yang berani sama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan? Menteri yang satu ini kan memang punya reputasi cukup mumpuni, punya jejak militer dan pemerintahan, jadi terkadang bikin orang yang mau mengritik atau menentangnya bergidik ngeri.

Nah, meski punya reputasi yang demikian, ternyata ada juga tuh yang berani bersuara cukup lantang kepada jenderal bintang empat tersebut. Wah, gak ada ngeri-ngerinya ya.

Jadi, belakangan ini kan beredar kabar kalau reklamasi Teluk Benoa bisa dihentikan karena Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerbitkan Keputusan Menteri kalau kawasan itu masuk ke dalam wilayah konservasi.

Meski ada aturan tersebut, ternyata Pak Luhut punya suara berbeda. Dengan terang dan jelas Pak Luhut mengatakan kalau reklamasi Teluk Benoa tidak pernah batal. Ngeri.


Di sinilah kisah orang pemberani itu muncul. Jadi, ada sosok Gubernur Bali I Wayan Koster yang juga punya sikap terang dan jelas terkait dengan perkara tersebut. Mantan anggota DPR RI ini punya imbauan khusus untuk Pak Luhut yaitu Pak Menko jangan lagi berpolemik, diam saja.

Wow, berani juga Pak Wayan Koster ini meminta Pak Luhut diam. Click To Tweet

Diam saja. Wow, berani juga ya Pak Wayan Koster ini meminta Pak Luhut untuk diam saja terkait dengan reklamasi tersebut. Tapi, ada apa ya kok sang gubernur ini kok bisa meminta Pak Luhut untuk diam seperti itu?

Kalau ternyata alasannya terkait dengan lingkungan, tentu masyarakat Bali dan Indonesia secara umum patut senang. Reklamasi Teluk Benoa ini kan jadi salah satu isu lingkungan yang paling mengkhawatirkan selama beberapa tahun terkahir.

Masalahnya, mungkin aja ada alasan lain yang memicu Pak Wayan ini berani bersikap demikian kepada Pak Luhut. Pak Wayan Koster ini kan kader dari partai yang tengah moncer yaitu PDIP. Nah, apakah Pak Wayan ini jadi berani karena didukung oleh partai sekelas PDIP?

Gak ada yang tahu pasti sih, kenapa sang gubernur ini bisa bersuara seperti itu. Semoga aja alasannya memang benar ya konservasi dan gak terkait hal-hal politis seperti kiprahnya sebagai kader PDIP. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.