Saatnya Bandara Soetta Tembus 30 Besar Dunia

Saatnya Bandara Soetta Tembus 30 Besar Dunia
Bandara Soetta targetkan peringkat 30 besar dunia (Foto: banten.co)
2 minute read

PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) selaku pengelola Bandar Udara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) Cengkareng, Banten, menargetkan bandara nomor satu di Indonesia ini mampu menembus peringkat 30 besar bandara terbaik dunia pada tahun 2020 ini.


PinterPolitik.com

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, di Jakarta, Minggu (12/1). Menurutnya berbagai upaya dilakukan salah satu BUMN bidang sarana perhubungan ini agar Bandara Soetta naik kelas.

Berdasarkan World’s Top 40 Airport tahun 2019, Bandara Soetta berada di urutan ke-40, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya di mana peringkat Bandara Soetta berada di urutan 45.

“Karenanya AP II menargetkan peringkat Bandara Soekarno-Hatta dapat membaik hingga masuk ke jajaran 30 besar bandara terbaik di dunia,” ujar Awlauddin.

Untuk itu AP II terus mengoptimalkan peran Bandara Soetta sebagai pintu gerbang pertama Indonesia. Awaluddin mengungkapkan pihaknya akan menerapkan konsep besar dengan menjadikan Bandara Soetta sebagai pusat seni dan budaya Indonesia.


Dengan demikian, Bandara Soetta menjadi tempat untuk memperkenalkan berbagai nuansa seni dan budaya serta ikon yang dimiliki di sejumlah daerah. “Kami berharap masyarakat dapat semakin mencintai tanah air dan dunia internasional semakin mengetahui kekayaan seni dan budaya Indonesia,” jelas Awaluddin.

Selain itu AP II juga akan mengoptimalkan layanan berbasis digital yang sudah ada maupun berbagai inovasi ke depan di Bandara Soetta. “Ini sebagai tempat pengembangan berbagai platform digitalisasi itu,” ungkapnya pula.

Awaluddin menambahkan keberhasilan dari Bandara Soetta, tak lepas dari penilaian para penumpang yang menggunakan fasilitas yang ada di bandara ini. Untuk itulah AP II menargetkan peningkatan jumlah penumpang pesawat pada 2020 di bandara yang dikelolanya, termasuk Bandara Soetta di dalamnya.

AP II memproyeksikan jumlah penumpangn pada 2020 bisa mencapai 93,92 juta penumpang, atau meningkat 4,3 persen dibandingkan 2019. Dengan  jumlah pergerakan pesawat pada 2020 mencapai 771.940 pergerakan, atau meningkat 4,2 persen serta pengelolaan kargo naik 4,2 persen menjadi 802.177 ton pada 2020.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat Indonesia memilih Bandara Soetta menjadi bandara terbaik di dunia dalam Skytrax World Airport Awards 2020.

Tahun lalu, Bandara Soetta masuk dalam World’s Top 40 Airport 2019 di urutan ke-40. Budi berharap, banyaknya suara (voting) untuk Bandara Soetta membuat bandara terbesar di Indonesia ini semakin dikenal dunia internasional serta semakin baik dalam pelayanan dan fasilitasnya. Dukungan untuk Bandara Soetta bisa dilakukan dengan mengisi survei di worldairportsurvey.com. (R58)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.