Saat Nasdem Peduli Kualitas

Nasdem PKS pelukan
Petinggi PKS dan Nasdem (Foto: pks.id)
2 minute read

“But I always cared,” – Boyz II Men feat. Mariah Carey, One Sweet Day


PinterPolitik.com

Pertemuan antara Nasdem dan PKS beberapa waktu lalu mungkin masih menyisakan banyak berita ya. Salah satu yang sempat terlontar adalah soal pembahasan Ombinus Law yang belakangan ini sepertinya tengah digenjot oleh pemerintahan Presiden Jokowi.

Presiden PKS Sohibul Iman setelah pertemuan itu sempat menyatakan kalau partainya ingin meminta penjelasan kepada Nasdem terkait dengan pembahasan rancangan regulasi itu. Pak Sohibul menyoroti posisi Nasdem sebagai partai pemerintah sehingga pasti terlibat dalam pembahasan omnibus law.

Terkait dengan hal itu, Nasdem punya sikapnya tersendiri. Melalui ketua umum mereka yaitu Surya Paloh, Nasdem mengatakan kalau Nasdem lebih menyoroti kualitas akhir dari UU ini. Menurutnya, kualitas akhir atau output jadi hal yang penting dalam pembahasan UU tersebut.

Secara khusus, Nasdem juga menyoroti soal time frame dari pembahasan UU tersebut. Masih kata Pak Surya Paloh, bisa aja timeframe itu meleset, dan itu bisa dipahami.

Pernyataan Pak Surya ini sebenarnya bisa jadi benar. Kan aneh juga kalau misalnya pemerintah dan DPR terburu-buru menyelesaikan Omnibus Law ini, konsekuensinya lumayan panjang soalnya.

Kalau misalnya diburu-buru hanya demi mengejar deadline, kualitas legislasi macam apa yang bisa dihasilkan dari proses pembuatan UU sapu jagat ini?

Terlepas dari hal tersebut, Nasdem sebenarnya punya sikap yang lebih kurang berbeda nih untuk pembahasan UU yang lain. Jelang revisi UU KPK lalu misalnya, Nasdem meminta presiden segera menerbitkan surpres agar revisi UU tersebut bisa segara dibahas oleh para wakil rakyat.

Hmmm, apakah ini menggambarkan dua sikap berbeda dari Nasdem saat menghadapi dua RUU yang berbeda?

Yang jadi perkara adalah, revisi UU KPK ini kualitasnya sendiri kerap dipersoalkan. Ambil satu contoh misalnya, UU ini dibilang melemahkan KPK oleh Dewas KPK yang sebenarnya adalah hasil dari revisi UU tersebut.

Nah, karena adanya anggapan tersebut, terus kualitas apa yang dimaksud oleh Nasdem? Kenapa di Omnibus Law membicarakan kualitas, tapi revisi UU KPK yang dianggap diselesaikan terburu-buru, gak banyak berbicara soal ini?

Ya, jawabannya cuma Nasdem dan Pak Surya Paloh yang tahu. Sekarang coba kita balik lagi ke relasi Nasdem dan PKS, apakah sikap Nasdem yang fokus kualitas ini terkait dengan hubungan di antara mereka? (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.