Saat Mahfud Bertanya Siapa

Mahfud MD saat sertijab Menkopolhukam (Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com)
2 minute read

“Siapa tak kenal dia, Boy anak orang kaya,” – Ikang Fawzi, Catatan si Boy


Pinterpolitik.com

Duh, capek gak sih, udah berhari-hari masih ngomongin Perppu KPK terus? Harusnya sih, enggak ya, karena ini kan dianggap sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki masa depan pemberantasan korupsi yang dianggap buram setelah revisi UU KPK.

Nah, ternyata memang ada nih, kelompok-kelompok masyakarat yang gak ada capek-capeknya membicarakan dan bahkan mendorong regulasi tersebut. Salah satu elemen masyarakat itu misalnya adalah Indonesia Corruption Watch (ICW)

Tidak tanggung-tanggung, pembicaraan ICW terkait dengan Perppu ini disertai juga dengan tantangan kepada Menkopolhukam yang baru yaitu Mahfud MD. Tantangannya sendiri tidak main-main, kelompok masyarakat sipil anti-korupsi itu meminta Pak Mahfud untuk mundur jikalau dalam 100 hari Perppu KPK tidak terbit! Waduh!

Eits, ditantang seperti itu, Pak Mahfud ternyata justru tak gentar. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu justru mempertanyakan, memangnya ICW itu siapa?


Tak hanya itu, Pak Mahfud justru malah menantang balik ICW. Kalau kata Pak Mahfud, ICW juga punya waktu 100 hari untuk membuat pernyataan terkait dengan Perppu KPK. Loh, jadi saling menantang gini ya?

Iya sih, ICW itu memangnya siapa? Kan tidak punya kekuasaan, kok mau-maunya menantang seorang menteri seperti Pak Mahfud? Pake bawa-bawa Perppu KPK segala lagi.

Eh, tapi kalau dipikir-pikir, Pak Mahfud juga sebenarnya pernah menyarankan kepada Pak Presiden untuk menerbitkan Perppu KPK. Pak Mahfud bilang waktu itu keadaannya sudah genting sehingga lebih bagus kalau Pak Presiden untuk menerbitkan Perppu.

Memang sih, waktu itu Pak Mahfud bilang gitu dalam pernyataannya bersama para pinisepuh negeri ini. Tapi ya tetap aja tetap ada terekam kalau Pak Mahfud ini juga pernah menyarankan kepada Pak Jokowi untuk menerbitkan Perppu.

Baca juga :  Saat Mahfud Bicara tentang Ingkar

Nah, dari hal itu, boleh gak sih kalau jadi ada yang bertanya juga ke Pak Mahfud, Pak Mahfud ini siapa? Bukannya Pak Mahfud juga pernah memberikan saran soal Perppu? Tapi ya ini nanya doang loh, bukan tantangan.

Ya, semoga aja deh Pak Mahfud bisa mengambil langkah yang terbaik terkait dengan KPK itu. Kita tunggu aja nih konsistensi Pak Mahfud untuk perkara pemberantasan korupsi, semoga tetap bisa meyakinkan banyak pihak yang mendamba korupsi hilang di negeri ini. (H33)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.